HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

BOJI, KOMUTER BEREKOR YANG MENGGEMASKAN


Komuter di Istanbul, Turki, setiap hari merasa terhibur, karena ada salah satu penumpangnya yang menggemaskan.

Bayangkan, di antara kerumuman penumpang transpotasi umum, ada satu mahkluk lucu yang ikut antre dengan tertib, ikut masuk ke dalam kendaraan dengan sabar dan duduk dengan tenang di bangku penumpang.

Namanya Boji, anjing jalanan di Istanbul yang menjadi terkenal seantero Turki bahkan dunia. Boji hobinya unik: bertualang naik kendaraan umum keliling kota. Bukan hanya sesekali, tapi setiap hari.

Berikut kisah seru petualangan Boji.

Anjing petualang

Kalau kereta penuh dengan santai Boji tiduran di lantai.
Turki salah satu negara di dunia yang ramah pada binatang. Banyak kisah menarik dari negara yang wilayahnya berada di benua Asia dan Eropa ini, yang menampilkan bagaimana binatang mendapat tempat istimewa di sana.

Antara lain, kucing di Instanbul bebas jalan-jalan di seluruh wilayah kota tanpa ada yang mengusir. Bahkan mereka diperbolehkan nongkrong di meja-meja kafe, berdampingan dengan pengunjung yang asyik menyeruput kopi atau menikmati camilan ringan. 

Salah satu kucing yang amat dicintai di Turki bernama Gli.  Kucing ini namanya mendunia karena diperbolehkan tinggal di bangunan amat bersejarah, Hagia Sophia. Gli tinggal dengan nyaman di Hagia Sophia  hingga akhir hayatnya.

Setelah Gli pergi, beberapa bulan terakhir ini ada seekor anjing jalanan yang menarik perhatian masyarakat Istanbul. Namanya Boji. Sebagai anjing jalanan yang tidak memiliki tuan, Boji bebas berkeliaran. Namun uniknya, Boji tidak hanya berkeliaran di wilayah tertentu. Ia punya hobi yang membuat orang yang melihatnya gemas: suka sekali naik kendaraan umum.

Beragam kendaraan umum yang ada di Istanbul sudah pernah dicobanya. Mulai dari kereta api bawah tanah, trem, bus kota hingga kapal feri ia naiki bergantian setiap hari.

Tampaknya, Boji setiap hari punya jadwal bepergian. Dan ia amat menikmati perjalanan dengan transportasi umum. Pejabat daerah setempat memberi nama Boji, yang dalam bahasa Turki berarti gerbong kereta.

Tertib aturan

Menunggu kereta datang, tertib tak melewati garis pembatas.
Meski ikut naik kendaraan umum yang kadang penuh penumpang, Boji sama sekali tidak mengganggu. Seperti penumpang pada umumnya, Boji tertib pada aturan naik kendaraan umum.

Seperti dijelaskan oleh seorang penjabat dari Metro Istanbul kepada wartawan DW beberapa waktu lalu, Boji sangat tertib. Dia tahu di mana harus berdiri antre untuk masuk ke kereta, “Dia akan berdiri menunggu kereta dengan tertib. Tidak pernah melewati garis kuning, yakni batas antre calon penumpang. Dan dia juga akan menunggu dulu penumpang keluar baru dia naik. Begitu juga saat akan keluar kendaraan, dia ikut antre dengan sabar lalu berjalan santai keluar bersama penumpang lain,” ungkap pejabat tersebut dengan rupa kagum.

Boji tau harus menunggu penumpang keluar dulu baru boleh masuk.
Ketika berada di dalam kendaraan umum, Boji juga bersikap santun. Ketika dia lihat tidak begitu banyak penumpang, baru dia duduk di kursi yang kosong. Lucunya dia akan mengambil dua tempat duduk sekaligus, karena dia akan berbaring santai di kursi tersebut.

Menikmati pemandangan laut dari atas kapal feri.
Tapi kalau penumpang padat, Boji tahu diri. Dia akan memilih duduk atau berbaring di lantai. Sikapnya yang santun dan jinak membuat penumpang gemas. Mereka senang- senang saja duduk berdampingan dengan Boji. Penumpang bersikap ramah padanya. Menyapa dengan memanggil namanya atau sesekali mengelus kepanya.

Boji menanggapinya dengan ramah juga. Ia tidak menggonggong, tapi menyambut sapaan penumpang lain dengan menggoyang-goyangkan ekornya, tanda senang.

Dipasangi chip

Boji dipantau kegiatannya melalui chip yang dipasang di telinganya.
Kemana saja Boji bepergian? “Tampaknya Boji memiliki tujuan yang pasti setiap harinya,” demikian jelas pejabat di wilayah Istanbul.

Hal ini dapat diketahui setelah Boji dipasangi chip (alat pelacak) di telinganya. Ternyata Boji berkelana tidak kurang dari 30 km setiap harinya.

Ia tahu di mana dia harus turun dari kendaraan, lalu naik kendaraan yang lain sampai ia berhenti ke wilayah yang ia mau. Ketika pulang, ia akan kembali menaiki kendaraan umum yang sama tanpa ragu.

Meski berstatus anjing jalanan, namun Boji mendapat perhatian khusus dari pemerintah setempat. Ia secara teratur diperiksa kesehatannya, divaksin juga dimandikan. Sehingga meski bebas berkeliaran, Boji tetap dipantau keberadaan dan kesehatannya.

Secara berkala Boji diperiksa kesehatannya juga dimandikan serta diberi vaksin, agar sehat dan aman bagi siapa pun.
Bagaimana cara Boji makan? Banyak tempat-tempat di Istanbul yang menyediakan makanan untuk hewan jalanan. Baik disediakan oleh pemerintah maupun oleh masyarakat umum. Jadi soal makanan Boji juga binatang jalanan di Turki, tidak masalah sama sekali.

Yang menarik, Boji kini memiliki beberapa akun medsos, yaitu Instagram, yang merekam semua kegiatan dan petualangannya sehari-hari. Ada yang followernya sampai mencapai 87K lebih.

Namun, mungkin ada satu hal yang orang ingin tahu, apakah Boji juga memiliki tiket berlangganan kereta, trem, bus atau kapal feri?*** MH

Foto-foto: Instagram

#anjingpetualang

#bojianjingkomuter

#bojianjinglucuditurki

#bojipetualang

#bojianjinglucu

#boji

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *