HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

CARA GAMPANG BIKIN KRIPIK KENTANG SUPER KRISPI

By On Juli 18, 2024

Kripik kentang bisa dibilang favorit banyak orang. Dari orang dewasa hingga anak-anak kalau sudah ngemil kripik kentang pasti sulit berhenti.

Masalahnya, camilan kripik kentang yang asli (100% bahannya dari kentang) harganya terbilang cukup menguras dompet. Padahal kalau ngemil kripik kentang kan gak mungkin hanya sedikit.

Lalu bagaimana kalau pengen menyuguhkan kripik kentang untuk camilan sekeluarga?  

Supaya dompet tetap aman, mungkin bisa bikin sendiri. 

Wah susah kan bikinnya? Sama sekali nggak. Gampang dan pastinya lebih nikmat dan lebih hemat! 

Soal penampilan dan rasa, ditanggung tak kalah dengan kripik kentang buatan pabrik yang dijual di mini market.

Ini dia resepnya.


KRIPIK KENTANG

Bahan:

Kentang ukuran sedang 5 buah (cuci bersih, tiriskan)

Air es secukupnya untuk merendam

Garam 1 sdt 

Minyak goreng

Peralatan:

Alat pengiris serba guna, bisa untuk kentang, singkong dll (biasanya terbuat dari plastik dan banyak dijual di lapak di pasar tradisional atau di toko perabotan rumah tangga) 

Tisu dapur yang menyerap minyak

Taburan:

Bumbu kentang goreng siap pakai secukupnya. Bumbu ini berupa bubuk dalam kemasan, bisa didapat di mini market dengan beragam rasa, salah satunya rasa jagung bakar.

Bila tidak ada, bisa diskip, cukup beri taburan garam secukupnya.

Cara membuat: 

Iris kentang dengan alat pengiris. Rendam kentang yang sudah diiris tipis-tipis dalam air es yang sudah dibubuhi garam. 

Diamkan sekitar 20-30 menit. Lalu cuci bersih dan tiriskan hingga kentang tidak lagi mengandung air. 

Siapkan minyak goreng yang agak banyak di wajan. Setelah minyak panas, masukkan kentang secukupnya (jangan terlalu banyak, agar kentang bisa matang merata).

Goreng dengan api sedang sambil diaduk pelan, hingga kentang terasa garing. 

Angkat lalu tiriskan agar minyaknya luruh. Ulangi menggoreng hingga kentang iris habis. 

Lalu taruh kentang goreng yang sudah ditiriskan di piring atau mangkok yang sudah dialasi dengan tisu dapur. Tunggu hingga minyak terserap tisu. 

Taburi kripik kentang dengan bumbu kentang goreng siap pakai rasa sesuai selera. Atau bila tak ada, taburi dengan garam secukupnya. Siap disantap dengan keluarga tercinta.***

Foto: MWDC

#kripikkentangkrispibikinsendiri

#bikinsendirikripikkentang

#resepkripikkentangkrispi

#kripikkentangkrispi

#kripikkentang

#kripik

#kentang

 ADIK SAHABAT SUKA TAMPIL SEKSI DI MEDIA SOSIAL

By On Juli 17, 2024

CURHAT: Sebetulnya ini bukan masalah saya sendiri. Tapi saya merasa prihatin, sehingga saya ingin mendapat pencerahan, kira-kira apa yang bisa saya lakukan untuk sekadar membantu.

Saya punya sahabat di kantor. Dia orangnya terkesan lugu. Sangat sederhana, mulai dari penampilan hingga gaya hidupnya. Fokusnya hanya bekerja untuk membantu ekonomi keluarganya. Karena dialah tulang punggung keluarga. Dia tidak punya akun medsos apapun. Karena menurutnya aktif di medos hanya membuang-buang pulsa.

Berbeda dengan adiknya yang seorang mahasiswi. Dia sangat aktif di medsos. Kebetulan saya berteman dengannya di IG. Hampir semua kegiatannya dia share di IG. 

Suatu hari saya kaget sekali, ketika melihat foto-foto yang dia upload sangat seksi. Selain pakai baju yang ketat, dia juga duduk dengan gaya yang menantang, Saya syok sekali lihatnya. Sempat terpikir untuk memberi tahu teman saya, agar bisa menegur adiknya itu.

Tapi seketika muncul wajah lugu dan penuh pengorbanan itu di benak saya, sehingga menghalangi niat saya. Rasanya nggak tega untuk membuat dia merasa sedih ataupun merasa bersalah dengan sikap adiknya itu.

Jadi akhirnya saya diam saja. Saya mulai menghindari untuk buka medsos yang ada adiknya itu, demi tidak melihat penampilan adik teman saya yang bikin miris.

Yang ingin saya tanyakan, apakah sikap saya sudah benar dengan tidak menceritakan kelakuan adiknya ke teman saya itu? Kadang saya merasa bersalah juga, takut adiknya menjadi salah Langkah. Tapi saya tidak tahu harus bagaimana bersikap. 

Lalu, apakah kerugian mereka yang suka tampil vulgar di medsos? Apakah itu akan berpengaruh dengan masa depan kariernya? 

Mohon sarannya. Terimakasih banyak.

Amina – Surabaya

SARAN: Memang dilemma pada posisi Anda. Satu sisi Anda khawatir dengan prilaku adik teman Anda, tapi di sisi lain Anda juga menjaga perasaan teman baik Anda itu. 

Sikap Anda selama ini sudah cukup baik. Yaitu tidak dengan serta merta menyampaikan apa yang Anda lihat di medsos kepada teman baik Anda. Karena bisa jadi dia akan marah besar kepada adiknya dan adiknya tentu akan merasa malu dan berusaha mencari tahu dari mana kakaknya itu tahu prilakunya di medsos.

Bisa jadi hubungan mereka menjadi kurang baik. Dan tentu saja hal itu tidak Anda inginkan.

Saran kami, bila Anda ingin menyampaikan prilaku adik teman Anda itu, sebaiknya tidak secara langsung. Ajak mengobrol santai teman Anda itu di kafe atau saat istirahat makan siang di kantor. 

Sampaikan bahwa Anda agak risih dan kasihan kepada mereka yang terlalu terbuka di medsos. Apalah itu tentang menceritakan masalah pribadi ataupun tampil berani di medsos. 

Ungkapkan bahwa saat ini perusahaan-perusahaan akan mengecek medsos calon pegawainya ataupun para pegawainya. Pihak HRD (human resource development) di kantor-kantor akan secara berkala mengecek isi medsos pegawainya untuk bahan penilaian. Dan menjadi penilaian saat ada promosi jabatan. 

Begitu juga saat akan menerima pegawai baru, mereka akan cek medsos si calon pegawai, sebagai salah satu bahan pertimbangan penting. Apakah prilaku mereka di medsos akan membuat malu perusahaan atau malah membuat bangga perusahaan.

Jadi, karena teman baik Anda itu tidak paham dunia media sosial, mungkin bisa menjadi masukan bagi dia. Dan, ini yang penting, dia bisa menyampaikan hal ini sebagai pengingat kepada adiknya yang mungkin akan masuk dunia kerja.

Dan satu hal lagi yang perlu diingat: jejak digital itu sulit dihapus. Karena begitu diupload tidak bisa distop utk dishare.

Dengan demikian, diharapkan adik teman Anda itu akan paham risiko tampil kurang sopan di medsos untuk masa depan kariernya. Tanpa harus ia merasa disalahkan ataupun dikritik atas apa yang sudah dia lakukan. Karena toh si kakak tidak tahu kalau adiknya sudah bersikap seperti yang ia khawatirkan.

Cara bijak ini semoga bisa membuka hati adik teman Anda, bahwa banyak efek negatifnya kalau dia berprilaku kurang sopan di medsos saat ini.

Tetap semangat.***

Foto: Anastasia Shuraeva/Pexels 

#ruginyatampilberanidimedsos  

#tampilberanidimedsos

#efektampilberanidimedsos

#efekprilakudimedsos

#prilakudimedsos

#medsos

#mediasosial

 DESTINASI KEREN DI AREA BLOK M

By On Juli 08, 2024

Liburan panjang anak sekolah sudah hampir berakhir, bahkan beberapa sekolah sudah mulai masuk. 

Bagi yang masih libur dan tinggal di Jabodetabek, bagaimana kalau mengisi waktu dengan mengunjungi destinasi wisata yang unik dan asyik.

Salah satu yang kini banyak dikunjungi kaum muda adalah M Bloc Space atau dikenal dengan M Bloc. 

Lokasinya gampang dijangkau dan cukup nyaman untuk bersantai sejenak dengan teman atau anggota keluarga tercinta.

Ada apa saja di sana?

Dinding cantik untuk berfoto

M Bloc Space dari depan sekilas hanya sebuah komplek perumahan dengan bangunan tua. 

Memang, sebelum diubah menjadi tempat nongrong anak muda dan para pecinta heritage,  kawasan ini adalah perumahan milik Peruri (Percetakan Uang Republik Indonesia) yang sudah lama tidak ditempati alias terbengkalai.

Siapa kira di dalam gedung tua itu ada swalayan yang cukup luas dan lengkap.

Lalu pada tahun 2019, dengan dukungan dari pemerintah DKI Jakarta, dirombak menjadi tempat anak-anak muda --terutama generasi milenial-- untuk menyalurkan ide-ide kreatifnya.

Di M Bloc inilah selain asyik untuk nongrong bareng teman, sahabat bahkan kelurga, karena banyak kafe keren, pengunjung juga bisa menyaksikan pertunjukan musik, talk show, pameran lukisan dan lain sebagainya.

Yang suka aksesoris bisa berburu di sini

Dan para musisi yang tampil live di sini bukan kaleng-kaleng, tapi para musisi kenamaan negeri ini. Umumnya acara live music diadakan saat malam akhir pekan.

Kalau hanya ingin datang dan melihat-lihat juga cukup menyenangkan. Selain bisa menikmati bangunan yang bernuansa klasik, di dalam area M Bloc itu juga dipenuhi dengan mural keren yang memenuhi dinding bangunan serta tembok. Juga banyak disedikan spot-spot foto yang menarik.

Camilan lokal yang mungkin gak bsa di dapat di tempat lain

Di dalam juga ada swalayan yang unik, karena menyediakan camilan local-- beragam kripik dan coklat buatan dalam negeri-- yang tampaknya agak sulit diperoleh di swalayan pada umumnya. Juga ada kafe-kafe yang menyediakan makanan pilihan dengan harga yang cukup bersahabat.

Bagaimana menuju ke sana?

Suasana M Bloc di area halaman depan. Adem untuk nongkrong.
M Block adalah area publik dengan konsep unik. Destinasi ini tidak menyediakan lahan parkir sama sekali. Lalu bagaimana kalau ke sana? 

Rupanya pengelola M Bloc mengajak warga Jakarta dan sekitarnya, menggunakan kendaraan umum untuk menuju ke sana. 

Lorong unik di dalam M Bloc
Kebetulan lokasinya juga sangat strategis. Berlokasi di area terminal Blok M, Jakarta Selatan, untuk menuju ke sini bisa menggunakan Trans Jakarta turun di halte CSW. Posisi M Bloc persis di depan halte CSW.

Atau bila naik MRT turun di stasiun Blok M Plaza. Sambil lihat-lihat keramaian di Blok M Plaza, hanya beberapa langkah saja ke luar gedung, sudah tampak  M Bloc.

Dinding penghubung gedung depan dan belakang
Dari arah Blok M Plaza ke M Bloc kita akan melewati Taman Literasi Martha Tiahahu. Bisa bersantai sejenak menikmati taman yang dilengkapi dengan tempat ngopi cantik dan perpustakaan mungil yang asri.

Selamat menikmati keunikan di M Bloc.***LD


Foto:MH

#tempatnongkrongmbloc

#tempatunikmbloc

#mblocdiblokm

#mblocspace

#mbloc

#blokm

LANGKAH MUDAH MEMBUAT SAMBAL MATAH BALI

By On Juni 30, 2024

Bali tidak hanya memiliki keindahan alam super keren. Juga punya beragam kuliner yang menggugah selera. 

Ada Bebek Betutu, Nasi Campur Bali, Sate Lilit hingga Lawar Ayam. Dan satu lagi yang selalu menjadi kenangan indah untuk mereka yang pernah mencicipinya: Sambal Matah.

Sambal Matah Bali memiliki ciri khas yakni pembuatannya nyaris tanpa api. Semua bahannya segar dan sangat pas dinikmati dengan Nasi Campur , Ayam Goreng ataupun Ikan Bakar.

Berikut resepnya. Selamat mencoba.


SAMBAL MATAH BALI

Bahan:

Cabe rawit merah 10 buah

Bawang merah 5 siung, kupas 

Serai 2 batang (ambil bagian dalamnya yang putih saja) , 

Daun jeruk 3 lembar (buang tulang daun jeruknya) 

Air jeruk nipis 1 sdt

Minyak goreng 2 sdm

Kaldu jamur ½ sdt

Terasi yang sudah dipanggang ½ sdt (bisa diskip bila tidak suka)

Garam secukupnya

Cara membuat: 

Cuci bersih cabe rawit, bawang merah, serai dan daun jeruk. Semua diiris tipis-tipis. 

Masukkan semua bahan iris ke dalam mangkok. Tuangkan air jeruk nipis, garam, terasi, kaldu jamur. Aduk rata. Bila perlu diremas agar semua tercampur dengan baik.

Terakhir tuangkan minyak goreng (tanpa dipanaskan). Aduk lagi hingga tercampur benar. 

Siap dihidangkan dengan lauk yang tersedia.*** 


Foto: MWDC

#resepambalmatahbali

#sedapnyasambalmatahbali

#sambalmatahbali

#sambalmatah

#sambal

#bali

MEREKA NGOMONG APA SIH?

By On Juni 29, 2024

 

Tanpa sengaja Anda mendengar percakapan adik, keponakan atau anak tercinta yang kebetulan generasi Gen Z (lahir sekitar tahun 2000-an). 

Saat mereka ngobrol dengan teman sebayanya, ada beberapa kata atau istilah yang nggak Anda mengerti. Begitu lancar mereka ngobrol dengan kata-kata yang  terdengar ‘aneh’ di telinga Anda.

Belum lagi kalau lagi scroll sosmed, banyak ketemu teks pakai kata-kata yang  bikin kepala pusing, karena nggak tau artinya.

Nah, supaya hal-hal di atas nggak terjadi, berikut  beberapa kata atau istilah baru yang kini bersliweran di sekitar kita, yang dikumpulkan dari berbagai sumber. 

Selamat memahami! 


Bucin (budak cinta) = mau berbuat apa saja demi pasangannya

Beigeflag = seseorang yang sikapnya nggak buruk tapi juga nggak baik sekali alias biasa saja. Biasa digunakan dalam konteks percintaan. 

Greenflag = seseorang yang sikapnya baik. Biasa digunakan dalam konteks percintaan. 

Redflag = seseorang yang punya prilaku negatif. Biasa digunakan dalam konteks percintaan. 

Clingy = manja atau tergantung pada bantuan orang lain

Cegil (cewek gila) = wanita yang gayanya gak biasa

Chill = santai

Cringe = aneh, kalau becanda garing (nggak lucu)

Deep talk = obrolan yang mendalam 

Flexing = pamer 

Fomo = Singkatan dari “Fear of Missing Out” yang artinya takut sekali ketinggalan tren

Glow up = peningkatan penampilan seorang (contohnya orang yang penampilannya biasa saja saat masa SMA, namun ia mendapat “glow up” saat dewasa).

Ghosting = memutuskan komunikasi sama sekali alias menghilang tanpa kabar

Gamon = gagal move on

Gwencana = Diambil dari bahasa Korea yang artinya baik-baik aja

Lowkey = tidak menonjol atau tidak mencolok

Mentil (mental illness) = gangguan kejiwaan  

Pick me = mencari perhatian dengan cara yang berlebihan.

Salty = tersinggung

Slay = semacam ucapan seperti “keren” yang biasa ditujukan kepada orang lain (seperti selebriti) yang kita kagumi. Bisa digunakan untuk mendeskripsikan diri sendiri juga, contohnya “gue slay banget”.

Skiber (skip berat) = nggak ingin ikut aktivitas apa-apa

Social butterfly = seseorang yang super gaul dan punya banyak teman di mana-mana

Socmed detox = stop menggunakan sosial media dalam waktu tertentu

Sus = Singkatan dari kata “Suspicious” yang berarti mencurigakan

YGY = ya gaes ya

TBL = takut banget loh

Triggered = pemicu reaksi emosional

Uwu = ekspresi yang menggemaskan

Wibu = Penulisan Indonesia dari kata “Weaboo” yang merupakan sebutan kepada orang-orang yang sangat menyukai budaya Jepang dan bukan merupakan orang yang berasal dari Jepang.

Wota = panggilan untuk fans grup di Jepang

Wotagei = Gerakan tari yang popular di Jepang***LH


Foto: Pexels

#istilahhbaru

#katakatabaru

#istilahmasakini

#istilahgenz

 Ini Peran Teknologi dalam Bayi Tabung, Wajib Tahu!

By On Juni 26, 2024

Bayi tabung, atau dikenal dengan istilah medis Fertilisasi In Vitro (IVF), merupakan salah satu inovasi teknologi reproduksi berbantu yang telah membawa harapan bagi banyak pasangan yang mengalami kesulitan untuk memiliki anak secara alami. 

Teknologi ini telah berkembang pesat sejak pertama kali diperkenalkan dan terus mengalami berbagai peningkatan yang signifikan. Jika Anda masih ragu dengan program bayi tabung, berikut ini penjelasan tentang peran teknologi dalam prosedur bayi tabung, klinik bayi tabung, dari teknik dasar hingga inovasi terbaru yang meningkatkan tingkat keberhasilan prosedur ini.

Dasar-Dasar Teknologi dalam Bayi Tabung

Fertilisasi In Vitro melibatkan beberapa tahapan penting yang sangat bergantung pada teknologi medis mutakhir:

Stimulasi Ovarium

Pada tahap awal, hormon-hormon diberikan untuk merangsang ovarium agar menghasilkan beberapa sel telur. Teknologi ultrasonografi digunakan untuk memantau perkembangan folikel di ovarium, memastikan bahwa sel telur siap untuk diambil.

Pengambilan Sel Telur

Sel telur yang telah matang diambil melalui prosedur pembedahan kecil dengan bantuan ultrasonografi. Teknologi ini memastikan akurasi dalam pengambilan sel telur tanpa merusak jaringan sekitar.

Fertilisasi

Sel telur yang diambil kemudian difertilkan dengan sperma di laboratorium menggunakan teknologi mikroskop canggih. Teknologi ini memungkinkan pemilihan sperma yang paling sehat dan kuat untuk memastikan fertilisasi yang berhasil.

Kultur Embrio

Embrio yang terbentuk dari proses fertilisasi disimpan dalam inkubator khusus yang meniru lingkungan rahim. Teknologi kultur embrio memastikan embrio berkembang dengan baik sebelum ditanamkan ke dalam rahim.

Transfer Embrio

Embrio yang telah berkembang dengan baik kemudian ditanamkan ke dalam rahim wanita menggunakan kateter. Teknologi ultrasonografi kembali digunakan untuk memastikan posisi yang tepat.

Inovasi Teknologi dalam Bayi Tabung

Seiring perkembangan zaman, teknologi dalam prosedur bayi tabung terus mengalami inovasi untuk meningkatkan tingkat keberhasilan dan mengurangi risiko. Beberapa inovasi terbaru meliputi:

Preimplantation Genetic Testing (PGT)

Teknologi ini memungkinkan pemeriksaan genetik pada embrio sebelum ditanamkan ke dalam rahim. PGT membantu mengidentifikasi embrio yang bebas dari kelainan genetik, meningkatkan peluang keberhasilan kehamilan yang sehat.

Time-Lapse Imaging

Teknologi ini menggunakan kamera khusus dalam inkubator untuk memantau perkembangan embrio secara real-time. Dengan time-lapse imaging, embriolog dapat mengamati perkembangan embrio tanpa perlu mengeluarkannya dari inkubator, meminimalkan risiko kerusakan.

Cryopreservation

Teknologi pembekuan embrio memungkinkan penyimpanan embrio dalam jangka waktu yang lama tanpa mengurangi kualitasnya. Ini memberikan fleksibilitas bagi pasangan untuk menunda kehamilan atau mencoba kembali jika siklus pertama gagal.

Intracytoplasmic Sperm Injection (ICSI)

ICSI adalah teknik di mana satu sperma langsung disuntikkan ke dalam sel telur untuk memastikan fertilisasi. Teknologi ini sangat membantu bagi pasangan dengan masalah kesuburan pria, seperti jumlah sperma yang rendah atau motilitas sperma yang buruk.

Artificial Intelligence (AI) dalam Analisis Embrio

Penggunaan AI dalam menganalisis kualitas embrio telah menjadi terobosan besar. AI dapat membantu embriolog memilih embrio terbaik berdasarkan data yang dikumpulkan dari perkembangan embrio, meningkatkan peluang keberhasilan kehamilan.

Keuntungan Teknologi dalam Bayi Tabung

Penggunaan teknologi dalam prosedur bayi tabung membawa berbagai keuntungan, antara lain:

Tingkat Keberhasilan yang Lebih Tinggi

Dengan teknologi yang terus berkembang, tingkat keberhasilan bayi tabung juga semakin meningkat. Inovasi seperti PGT dan time-lapse imaging membantu memilih embrio terbaik untuk ditanamkan.

Pengurangan Risiko

Teknologi seperti cryopreservation dan ICSI membantu mengurangi risiko yang terkait dengan fertilisasi dan pengembangan embrio. Ini memastikan bahwa embrio yang ditanamkan memiliki kualitas terbaik.

Kenyamanan dan Keselamatan Pasien

Teknologi ultrasonografi dan kateter modern memastikan prosedur pengambilan sel telur dan transfer embrio dilakukan dengan akurat dan minim rasa sakit.

Pilihan Lebih Fleksibel

Dengan adanya teknologi cryopreservation, pasangan memiliki fleksibilitas dalam merencanakan kehamilan. Mereka dapat menyimpan embrio untuk digunakan di masa depan sesuai dengan situasi dan kondisi yang lebih baik.

Teknologi telah memainkan peran yang sangat penting dalam prosedur bayi tabung, memberikan harapan baru bagi pasangan yang mengalami kesulitan untuk memiliki anak. Dengan berbagai inovasi dan peningkatan teknologi, tingkat keberhasilan prosedur ini terus meningkat, memberikan peluang lebih besar untuk kehamilan yang sehat. 

Bagi pasangan yang mempertimbangkan program bayi tabung, memilih klinik yang memiliki teknologi terkini dan tenaga medis berpengalaman adalah langkah penting. Dengan informasi yang tepat dan perencanaan yang matang, impian untuk menjadi orang tua dapat lebih mudah diwujudkan.

Program Bayi Tabung Dengan Morula IVF


Jika Anda sedang mempertimbangkan untuk menjalani program bayi tabung, Morula IVF adalah pilihan yang tepat. Morula IVF memiliki fasilitas lengkap dan tenaga medis berpengalaman yang siap membantu Anda dalam setiap tahap proses bayi tabung. Dengan teknologi terkini dan pelayanan yang profesional, Morula IVF berkomitmen untuk memberikan hasil terbaik bagi pasiennya.

Klinik Morula IVF terletak di beberapa lokasi, termasuk Jakarta, Ciputat, Tangerang, Surabaya, Yogyakarta, dan beberapa tempat lainnya. Keberadaan klinik di berbagai kota ini memudahkan akses bagi pasangan yang ingin menjalani program bayi tabung. Dengan dukungan teknologi mutakhir dan tim medis yang ahli, Morula IVF siap membantu Anda mewujudkan impian menjadi orang tua. (Adv)


 SEDAPNYA SAMBAL TERONG SARDEN

By On Juni 23, 2024

Ikan sardine atau sarden kalengan adalah makanan praktis yang siap saji. 

Bagaimana selama ini Anda menikmati sarden kalengan? Disajikan apa adanya, buka kalengnya lalu dituang di mangkok?

Atau sedikit ditumis tambah bawang dan cabe?

Sesekali menampilkan ikan sarden kalengan dengan gaya yang berbeda, diberi pasangan yang mungkin selama ini tidak terpikirkan: sarden & terong ungu.

Dihidangkan di meja makan saat akhir pekan bersama keluarga, ditanggung akan jadi rebutan.

Berikut resepnya. Selamat mencoba.


SAMBAL TERONG SARDEN

Ikan sarden kaleng ukuran kecil 1 kaleng (155 gr) rasa saus tomat 

Terong ungu 1 buah ukuran sedang, potong-potong kecil sesuai selera. Cuci bersih lalu tiriskan. Lumuri dengan sedikit garam.

Minyak goreng 

Kaldu jamur ½ sdt 

Bumbu haluskan:

Cabe merah keriting 7 buah (bila ingin lebih pedas diganti dengan cabe rawit merah)

Bawang merah 3 siung

Bawang putih 1 siung

Garam secukupnya

Cara membuat: 

Keluarkan ikan sarden dari kalengnya, lalu pisahkan ikan dengan sausnya. Sisihkan.

Goreng terong hingga kecoklatan. Tiriskan.

Goreng sebentar ikan sarden yang sudah dipisahkan dari sausnya. Tiriskan.

Tumis bumbu halus hingga harum, lalu tambahkan saus sarden (bila tidak terlalu suka berkuah, cukup 3 sdm sausnya).

Tambahkan garam dan kaldu jamur. Masukkan terong  aduk rata. lalu masukkan sarden goreng. Aduk. Tunggu mendidih sebentar.

Cek rasa. Bila sudah pas, angkat. Hidangkan dengan nasi hangat.*** 


Foto: MWDC

#resepikansardenkalengdanterong

#resepikansardenkaleng

#resepsardenkaleng

#olahanbarusardenkaleng

#resepbarusardenkaleng

#sambalterongikansarden

#sambalsarden

#ikansardenkaleng

#ikansarden


Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *