HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

OME TV, APAAN SIH?


Seorang teman heboh menceritakan keseruannya bermain OmeTV. Dia bilang sekarang  jadi betah WFH, sejak ‘berkenalan’ dengan OmeTV. “Bosan bekerja, main Ome TV sebentar, semangat lagi deh kerjanya,” begitu katanya.

Apa itu Ome TV?  Stasiun tv baru? Apakah harus berlangganan seperti tv kabel?

Ternyata, bukan seperti itu. Ome tv adalah aplikasi video chat gratis.Kita bisa bertemu dan bertatap muka dengan pengguna lain secara random dari berbagai negara.

Talk to strangers!

Pesan orang tua pada anak-anaknya yang masih kecil adalah sama dari masa ke masa: don’t talk to strangers! Karena akan membahayakan.

Namun, pemrakarsa Ome TV, Leif K-Brooks dari kediamannya di Brattleboro, Vermont, USA, pada Maret 2009, malah dengan berani ‘melawan’ pesan orang tua itu. Ia ‘keluar dari kerumunan’ dan dengan gagah mengajak siapa pun melalui situs obrolan buatannya Omegle, untuk berani talk to strangers! dan menjadikannya sebagai slogan resmi situsnya tersebut.

Dengan slogan yang nyeleneh itu, Brooks membuat situs obrolan online gratis yang memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dengan orang asing di seluruh dunia. Lawan bicara didapat secara random atau acak, kita tidak bisa memilih dengan siapa kita akan bicara. Jadi betul-betul orang asing yang sama sekali belum kita kenal; dari mana asalnya dan bagaimana identitasnya.

Ngobrol seru untuk hiburan

Ome TV merupakan versi aplikasi dari Omegle, yakni aplikasi yang diperuntukkan pengguna Android, iPhone juga webcam. Mereka dapat berkenalan secara online baik itu dengan chat, kirim emoji serta ngobrol di video dengan orang asing (asing dalam arti yang sesunggunya, karena memang sama sekali belum penah kenal sebelumnya).

Karena Ome TV akan mempertemukan kita dengan lawan bicara secara random, tentu kita tidak bisa menduga dengan siapa kita melakukan video chats nantinya.

Di Ome TV kita akan dipertemukan dengan lawan bicara secara random. (Foto: Facebook.com)
Berbeda dengan aplikasi lain, di Ome TV kita bisa menggunakan tanpa harus mendaftar atau registrasi dulu. Sehingga dengan demikian data-data pribadi kita tidak akan bisa ditampilkan kepada pengguna lain. Jadi saat bermain di Ome TV itu kita anonimus, dari mana kita berasal pun tidak akan diketahui oleh lawan bicara kita.

Banyak pengguna Ome TV hanya untuk hiburan ngobrol santai dengan orang asing. Seperti nyari teman di rimba belantara dunia maya, kita akan disodorkan beragam karakter yang mungkin sangat mengagetkan.

Ada juga yang main Ome TV tidak sendirian tapi rame-rame sama temannya, sehingga akan seru ketika saling tidak tahu bahasanya, mereka juga akan menebak-nebak kita dari negara mana.

Waspadai anak-anak

Ome TV meski sebetulnya sudah lama muncul tapi kembali rame setelah beberapa Youtuber --dengan subscriber jutaan-- membuat konten main Ome TV. Efeknya, orang mulai mencari lagi Ome TV hingga makin banyak yang main Ome TV untuk mengisi waktu luang.

Turah, Youtuber yang sering main Ome TV. (Foto Youtube/Turah Parthayana)
Memang seru, karena selalu akan ketemu orang baru yang tak terduga. Kita bisa berkenalan dengan orang dari berbagai negara dan bisa ngobrol santai, tanpa harus membuka identitas kita. Kecuali setelah merasa nyaman ngobrol bisa dilanjutkan dengan bertukar instagram dan kemudian menjadi teman.

Namun, ada yang perlu diwaspadai, terutama untuk anak-anak yang sudah mengakses Ome TV lewat perangkat smartphone-nya. Karena Ome TV tidak ada filter sama sekali, sehingga banyak hal-hal yang tidak pantas dilihat saat video chat. Tidak sedikit pengguna Ome TV yang memanfaatkan kesempatan, misalnya bicara dengan mengenakan baju yang tidak pantas, bicara kasar atau melontarkan kata-kata kotor.

Oleh sebab itu sebaiknya orang tua tidak membiarkan anaknya yang masih anak-anak ataupun remaja, bermain Ome TV. Karena begitu banyak hal-hal negatif yang terpampang saat online, tanpa sensor sama sekali.

Jadi, tampaknya pesan orang tua untuk don’t talk to strangers, masih tetap perlu diingatkan ke anak-anak hingga sekarang.*** MH

Foto ilustrasi: ometvs.com  

Tag:
#ometv
#mainometv
#videochatometv
#ometvseru

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *