HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

PERSIAPAN AMAN UNTUK PEMBELAJARAN TATAP MUKA

 

Pembelajaran Tatap Muka (PTM) secara terbatas sudah mulai dilaksanakan minggu ini di beberapa sekolah. Baik di DKI Jakarta maupun di daerah.

Meski begitu masih banyak orang tua murid (OTM) yang belum berani mengizinkan anaknya PTM. Antara lain karena si anak belum mendapat vaksinasi (karena masih duduk di SD).

Ataupun meski sudah dapat vaksininasi, kebetulan si anak memiliki penyakit bawaan komorbid, seperti asma. Sehingga OTM masih ragu-ragu untuk melepas anak keluar rumah dan berkumpul dengan banyak orang.

Untuk mengurangi kecemasan, berikut ada beberapa persiapan PTM yang bisa OTM lakukan.

Persiapan fisik        

Kecemasan OTM sangat bisa dipahami, karena meski sudah diwanti-wanti, umumnya anak usia praremaja dan remaja, kalau sudah berkumpul dengan teman-temannya tentu selalu heboh.

Tentu OTM dan guru tidak bisa setiap saat mendampingi dan mengawasi si anak. Untuk itu diperlukan pertahanan yang kuat sebelum anak keluar rumah.

Pertahanan fisik adalah yang utama adalah memastikan si anak sehat. Selain itu, sangat diwajibkan anak untuk makan pagi atau sarapan yang memadai. Siapkan sarapan yang bergizi dan tambahkan dengan segelas susu dan semangkuk buah segar.

Selain makan harus secara teratur dan tepat waktu, juga berilah anak vitamin secara teratur juga setiap hari, dengan dosis yang tepat. Dan di tas anak selalu diwajibkan untuk membawa hand sanitizer dan masker cadangan.

Membawa bekal sendiri

Saat sekolah di masa bukan pandemi, di sekolah tentu ada kantin dan anak-anak bisa beli makanan di kantin saat jam istirahat.

Menurut ketentuan selama PTM secara terbatas, aktivitas kantin ditiadakan. Oleh sebab itu anak harus membawa bekal sendiri. Meskipun jam sekolahnya masih terbatas, tetap diupayakan anak membawa bekal.

Sehingga saat anak merasa lapar, dia tidak harus mencari atau membeli makanan yang dijual di pinggir jalan.

Bisa berupa makanan ringan dan air minum atau minuman ringan. Kalau membawa makanan jangan lupa disertakan tisu basah untuk anak membersihkan tangan sebelum makan dan sesudah makan.

Jaga kebersihan

Sangat dianjurkan siswa PTM untuk diantar dan dijemput OTM dengan kendaraan sendiri.

Bila tidak memungkinkan, anak bisa menggunakan kendaraan umum yang tidak bertemu banyak orang, misalnya ojek. Namun bila memang harus menggunakan bus atau angkot, sebaiknya diingatkan anak untuk selalu menjaga kebersihan.

Ingatkan anak untuk tidak menyentuh benda-benda yang tidak perlu. Misalnya berpegangan di ring besi di halte.

Selain itu, saat sampai rumah dari sekolah, langsung membersihkan diri seluruh badan dengan menggunakan sabun dan mengganti baju. Sebaiknya baju yang baru dipakai segera dicuci.

Dengan terus disiplin menjaga daya tahan tubuh dan tertib prokes, semoga ananda tercinta yang sudah mulai sekolah tatap muka akan senantiasa sehat dan bisa belajar secara lancar.*** MK

Foto ilustrasi: Dok Detik

#sekolahtatapmuka

#pembelajarantatapmuka

#persiapanPTM

#siapsiapPTM

#jagaprokes

#kembalisekolah

#sekolah

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *