HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

SEJUTA KHASIAT DI BALIK LEZATNYA MANISAN KOLANG KALING

 

Kolang Kaling memang lebih banyak muncul di saat bulan Ramadan ataupun sepanjang hari raya Idul Fitri.
 

Pada bulan Ramadan, banyak orang yang merasa kurang sreg kalau tajil kolak pisang tanpa Kolang Kaling ataupun es buah tanpa Kolang Kaling.

Sementara begitu Hari Raya Idul Fitri tiba Kolang Kaling tampil lebih semarak, diberi pewarna merah, hijau ataupun pink. Menjadi primadona di meja hidangan Lebaran sebagai manisan yang disukai anak-anak hingga orang tua. 

Tidak hanya saat Lebaran, di hari biasa di beberapa wilayah Jakarta, Kolang Kaling biasa dijajakan oleh Abang2 dengan menggunakan gerobak tembus pandang. Sangat menggugah selera.
 

Manisan Kolang Kaling dijajakan dengan gerobak tembus pandang.
Tidak hanya nikmat sebagai makanan, ternyata Kolang Kaling mengandung banyak khasiat untuk kesehatan. Mulai dari penyakit radang sendi, nyeri saat haid, mengotrol gula darah, menjaga Kesehatan jantung dan yang paling menggembirakan Kolang Kaling rupanya sangat baik untuk diet.
Memangnya Kolang Kaling mengandung apa sehingga punya banyak khasiat?

Buah Kolang-Kaling atau juga sering disebut dengan buah atap ini, mempunyai kadar air yang lumayan tinggi, yaitu hingga 93%. Selain itu, biji kolang-kaling juga memiliki kandungan protein,  kandungan karbohidrat serta kaya akan kandungan potassium, besi, kalsium, vitamin A, vitamin B, vitamin C dan juga gelatin.
Tak heran bila dengan mengonsumsi Kolang Kaling secara rutin selama seminggu hingga sebulan, misalnya 5- 10 buah perhari, khasiatnya akan sangat terasa.

Ingin mencoba? Agar bisa menikmati Kolang Kaling secara rutin tanpa rasa bosan,  bagaiman kalau kita bikin Manisan Kolang Kaling. Bikinnya lumayan gampang, tapi hasilnya pasti bikin ketagihan.

MANISAN KOLANG KALING

Bahan: 

Kolang Kaling 1 kg
Air cucian beras 500 ml
Daun pandan 2 lembar

Daun jeruk 3 lembar 

Gula pasir secukupnya
Minuman bersoda warna merah 1 botol (250 ml)
atau bisa juga diganti sirop sesuai selera 

Air untuk merebus

Cara Membuat:

Cuci bersih Kolang Kaling dan buang matanya (berwarna coklat muda yang ada di permukaan buah), lalu rendam di air cucian beras selama 2-3 jam. 

Setelah itu cuci dan tiriskan. Lalu rebus  sampai mendidih. Setelah mendidih, angkat buang air rebusan dan tiriskan. Lakukan proses merebus Kolang Kaling kembali sampai 3 kali dan buah Kolang Kaling sudah terasa empuk.
 

Cuci bersih Kolang Kaling. Kemudian ganti air rebusan dengan minuman soda berwarna merah atau sirop berwarna sesuai selera dan gula secukupnya, masak lagi dengan ditambahkan daun pandan dan daun jeruk.
 

Rebus dan sesekali diaduk hingga buah Kolang Kaling berubah warna atau terbaluri oleh warna minuman soda ataupun sirop secara merata dan air rebusan sudah berkurang.
 

Cek rasa apakah sudah cukup manisnya, bila kurang bisa ditambah lagi gula dan dimasak lagi sebentar.
Angkat, dinginkan lalu masukkan ke wadah yang kedap udara. Simpan di kulkas. Bisa dinikmati sebagai camilan dingin.***

Foto: MWDC


#kolangkalingkayakhasiat
#manisankolangkalinglezat
#manisankolangkalingkayakhasiat
#resepmanisankolangkaling
#kolangkaling
 

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *