HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

ETERNITAR 2023, KARYA KEREN ANAK SMA TARAKANITA 1

Kalau ada yang pernah mengatakan: anak SMA bisa apa? Mungkin sekali waktu perlu hadir di acara yang dibuat oleh anak SMA. Misalnya nih, Tarq Cup. Sebuah acara tahunan SMA Tarakanita 1, Jakarta Selatan.
 

Setiap tahun Tarq Cup diselenggarakan dengan tema yang berbeda-beda. Tahun ini tema yang diusung adalah Eternitar 2023: Down the Rabbit Hole and Into a New World.
 

Para penonton yang hadir pada acara puncak atau Closing Ceremony, Sabtu 16 September lalu, pasti nggak nyangka acara yang begitu meriah, heboh dan super keren, digarap seluruhnya oleh pelajar SMA, tanpa ada campur tangan EO sama sekali.
 

Yuk kita cari tahu bagaimana cara kerja mereka!

12 Hari & Melibatkan 107 Sekolah 

Cosplay salah satu lomba dalam Eternitar 2023
Tarq Cup bukan sekadar kegiatan intern yang hanya diikuti oleh para pelajar SMA khusus putri ini, tapi melibatkan sekolah lain dari kawasan Jabodetabek.  

“Tahun ini ada 107 sekolah, SMP, SMA juga SMK di wilayah Jakarta, Bogor, Bekasi juga Tangerang, yang ikut serta dalam acara Tarq Cup,” demikian jelas Sr. Pauletta CB, M.Pd, Kepala Sekolah SMA Tarakanita 1.
 

Beragam lomba diselenggarakan sepanjang acara Tarq Cup yang berlangsung selama 12 hari. Mulai dari lomba Fotografi, Futsal, Modern Dance, Basket, Speech Contest, Baseball, Debat, Solo Vocal, hingga Cosplay.
 

Antusiasme ratusan sekolah di seputaran Jabodetabek di acara Tarq Cup, membuat SMA Tarakanita 1 berhasil menjalin persahabatan dengan sekolah-sekolah lain.
 

Dan secara tidak langsung juga sudah menjadi jembatan dari  sekian banyak siswa dari beragam sekolah, yang semula tidak saling mengenal, menjadi bisa bertemu langsung dan menjalin pertemanan. Menariknya, dalam sebuah kegiatan yang kompetitif namun kental dengan nuansa persahabatan.

Bertugas Saat Jam Belajar 

Ciri khas anak-anak SMA Tarki, mental kuat & siap kerja keras 
Dalam sebuah wawancara Dian Sastro, yang alumi SMA Tarakanita 1, pernah mengatakan, “Kenapa anak Tarki unik? Karena jadi anak Tarki nggak gampang. Susah. Mental kita harus kuat, harus siap kerja keras!”
 

Dan ucapan Dian Sastro jelas terbukti dalam kegiatan Tarq Cup. Seluruh kegitan, mulai dari merancang tema acara, publikasi, mengundang sekolah-sekolah, mencari sponsor, mendesain merchandise,  mencari tenant, memilih dan menego artis pengisi acara puncak hingga menjadi petugas kebersihan, keamanan, semua diemban oleh panitia, yang tak lain siswi SMA Tarakanita 1.
 

Hanya menjadi juri lomba yang tidak mereka pegang. Panitia acara meminta bantuan juri dari para profesional yang mereka kenal atau disarankan oleh sekolah.
Panitianya adalah seluruh anggota OSIS ditambah dengan panitia yang direkrut secara khusus.
 

Lalu apakah mereka selalu didampingi guru? Ya, guru yang bertugas tetap mendampingi para panitia, juga selalu memantau.
Menurut Suster Pauletta, setiap pagi seluruh panitia ada briefing dan setiap selesai acara diadakan evaluasi. “Disinilah putri-putri kita belajar untuk terus berkembang dan menjadi lebih baik.”
 

Hebatnya, para siswi ini mengerjakan proyek yang serius dan berskala cukup besar ini, disela-sela jam pelajaran sekolah. 

Menurut salah seorang panitia yang juga anggota OSIS, mereka merancang pembagian dan jadwal tugas secara jelas.
Sepanjang 12 hari acara Tarq Cup, mereka yang mendapat jadwal tugas saja yang bisa meninggalkan kelas. Saat tidak bertugas mereka harus tetap belajar di kelas.

Puncak Acara

Seluruh panitia & guru pendamping foto bareng di depan panggung setelah acara usai.
Sabtu, 16 September adalah puncak acara Tarq Cup. Sebuah pangggung megah dibangun di pelataran SMA yang berlokasi di jalan Pulo Raya, Jaksel ini. Di seberang panggung berdiri beberapa tenda tenant yang menjual beragam camilan, minuman, ice cream hingga aksesori.
 

Ciri khas siswi SMA Tarakanita 1 sudah terlihat dari pintu masuk acara. Seluruh panitia mengenakan seragam kaos warna hitam yang di bagian punggungnya tercantum beragam logo sponsor, lengkap dengan ID panitia yang keren.
Meski berseragam namun mereka tetap tampil modis. Kaos hitam mereka padukan dengan celana jeans atau celana kain warna polos dengan model kekinian, menunjukkan kecerian mereka sebagai remaja.
 

Cekatan, pede, ramah dan sopan kepada udangan, adalah kesan yang tergambar pada para panitia, terutama saat acara puncak yang berlangsung sejak siang hingga malam hari.
 

Panggung menampilkan Diskoria yang membuat penonton yang memadati area festival depan panggung tidak berhenti bergoyang. Lagu-lagu nostalgia khas SMA membuat semua penonton larut dalam suasana pesta khas remaja.  

Tenant yang memeriahkan acara puncak Eternitar 2023
Suasana makin seru ketika Kaminaldi hadir dengan melantunkan beberapa  cover dan singlenya. Penonton yang mayoritas cewek teriak histeris ketika diajak selfie oleh Kaminaldi dari arah panggung.
 

Puncak acara ditutup dengan pidato pendek pihak sekolah. Seluruh panitia pun saling peluk dan memberi selamat satu sama lain, karena seluruh rangkaian acara Eternitar 2023 sudah berlangsung sukses, lancar dan aman.
 

Jadi, kalau ada yang bilang: anak SMA bisa apa? Mungkin perlu diganti dengan: anak SMA ternyata bisa apa aja!*** MH
Foto: MH  

#tarqcup2023

#eternitar 2023

#acaraSMATarakanita

#SMATarakanita1
 

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *