HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

WANITA-WANITA HEBAT DI PIALA DUNIA 2022

Piala Dunia 2022 yang diselenggarakan di Qatar masih berlangsung. Makin seru, karena minggu ini sudah masuk babak perempat final.

Banyak kejutan-kejutan dan drama-drama yang menguras emosi; tawa gembira maupun air mata.

Dari banyak cerita yang datang dari arena Piala Dunia 2022, ada beberapa yang melibatkan wanita.

Berikut beberapa catatan yang memperlihatkan kiprah wanita-wanita hebat di ajang sepak bola sejagad ini. 

Tidak hanya sebagai penonton, namun juga sebagai bagian dari sejarah gelaran piala dunia.

Wasit 

Stephanie Frappart, setiap kali berlatih keliling lapangan 12 km. (Foto: Ist) 

Makin banyak wanita yang juga menggemari sepak bola. Sebagai penonton bahkan sebagai pemain sepak bola wanita.

Namun di Piala Dunia 2022 ada wanita-wanita yang mengukir sejarah. Mereka adalah para wasit wanita.

Tiga wasit wanita yang ditunjuk FIFA adalah Stephanie Frappart dari Prancis, Karen Diaz Medina dari Meksiko dan Neuza Back asal Brasil.

Ketiga wasit wanita ini memimpin babak penyisian Grup E antara Kosta Rika melawan Jerman. Penampilan trio wasit wanita ini adalah pertama kali terjadi dalam sejarah piala dunia pria.

Nama ketiga wasit wanita ini sontak jadi headline di media-media dunia. Dan yang paling menonjol pemberitaannya adalah Stephanie, karena dialah wasit utama sedangkan Karen Diaz Medina dan Neuza back adalah asisten wasit yang mendampingi Stephanie..  

Stephanie Frappart melalui perjalanan panjang untuk bisa mencapai prestasi ini. Wanita berusia 38 tahun ini berkecimpung di dunia bola sejak usia sekitar 8 tahun. Ia makin aktif bermain bola pada usia 10 tahun di kampung halamannya di pinggiran kota Paris.

"Saat berlatih, Stephanie berlari mengelilingi lapangan bola sampai 12 km. Latihan itu dilakukannya dua atau tiga kali seminggu,” ungkap mantan pelatihnya seperti dikutip berbagai media.

Stepanie menjadi wasit wanita pertama pada Ligue 1 Prancis pada tahun 2019. Tahun berikutnya, dia juga memimpin pertandingan Liga Champions pria. Dan pada 2021 ia menjadi wanita pertama yang memimpin pertandingan kualifikasi Piala Dunia pria.

Freestyler

Maymi Asgari diundang ke Piala Dunia berkat keahliannya..(Foto: Instagram @asgari_freestyle)
Dia memang tidak berunjuk kemampuan di lapangan sepak bola, namun kimprahnya sangat mengagumkan, hingga diundang ke Qatar untuk menunjukkan kebolehannya di sela-sela Piala Dunia.

Wanita muda berhijab asal Iran  ini bernama Maymi Asgari (24). Ia mencuri atensi di tengah perhelatan Piala Dunia, karena kemampuannya yang sangat mengagumkan sebagai seorang freestyler.

Ia mempertunjukkan kehebatannya mempermainkan bola di tengah jalan di Doha, mulai dari 1 Desember 2022. Maymi diundang ke Qatar untuk ikut memeriahkan Piala Dunia 2022 dengan mempertontonkan kehebatannya.

Myami berkisah, pada tahun 2010 ia menonton Ronaldinho mempertunjukkan kebolehannya di Piala Dunia dari rumah. Dua belas tahun kemudian, ia diundang untuk hadir di Piala Dunia di Qatar karena kemampuan atau skill yang dimilikinya.

Freestyle adalah bentuk ekspresi sepakbola paling bebas, melakukan berbagai trik dengan bagian tubuh manapun. Freestyler membuat hal yang tidak mungkin dilakukan disebuah pertandingan menjadi bisa dilakukan.

Meski sama-sama menggunakan bola sepak, freestyle dan sepak bola adalah olah raga yang berbeda. Lalu apa bedanya?

Para freesyler tidak bisa menggiring bola terlalu lama dan melakukan tembakan seperti pesepakbola pada umumnya. Sedangkan pesepakbola tidak bisa melakukan banyak trik atau gaya yang rumit saat bertanding di lapangan.***SL 

Foto: Ist & Instagram

Artikel terkait: Berkunjung  ke Qatar Tuan Rumah Piala Dunia 2022

#wanitadanpialadunia2022

#wanitahebatdipialadunia2022

#paialadunia2022

#pialaduniaqatar2022

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *