HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

HAL- HAL KECIL TAPI PENTING


Ada pepatah Jepang yang sederhana tapi sangat diingat oleh warganya: hal kecil itu penting.

Maksudnya, ada hal-hal kecil yang kesannya remeh namun penting, karena efeknya bisa besar. Jadi sebaiknya jangan diabaikan.

Tidak ada salahnya kita ikuti budaya dari negeri lain, asalkan memang bermanfaat untuk kehidupan kita sehari-hari.

Berkut beberapa contoh hal-hal kecil sehari-hari yang selama ini terabaikan, bisa mulai dicoba untuk dilakoni.

Memisahkan sampah

Masukkan sampah sekecil apapun ke tempat sampah yang tepat. (Foto: Unsplash)
Membuang sampah pada tempatnya tampaknya sudah mulai menjadi kebiasaan bagi mayoritas masyarakat Indonesia.

Terbukti sekarang di area publik sudah terlihat lebih bersih, jarang ada sampah tertebaran. Dan umumnya selalu tersedia tempat sampah dengan tiga warna: hijau, kuning dan merah.

Hijau untuk sampah organik (sayuran, buah-buahan, makanan sisa), kuning untuk sampah non organik (plastik, kertas, kaleng) dan merah untuk sampah B3 atau sampah yang tidak bisa didaur ulang seperti stereofoam, tisue, bungkus makanan dll)   

Nah saat membuang sampah di area publik, mungkin selama ini Anda tidak perhatikan warna tong sampah dan fungsinya, yang penting sampah dibuang di tempat sampah.

Padahal, memilah sampah sejak awal adalah hal kecil yang besar manfaatnya. Jadi, mungkin sudah bisa dicoba, lain kali kalau kebetulan sedang wisata. Habis makan buah dan minum minuman ringan, ketika buang sampah, masukkan dua sampah itu ke tong sampah yang tepat. 

Kulit buah dimasukan ke tong sampah warna hijau, sedangkan botol bekas minuman ringan masukkan ke tong sampah warna kuning atau yang ada tulisan non organik.

Periksa sekitar tempat duduk

 Sempatkan cek sekitar meja kursi kafe/ resto sebelum pergi. (Foto: Pexels)
Setiap kali akan beranjak dari tempat duduk di restoran, kafe, kantin, ruang tunggu dokter atau di kantor, usahakan untuk menyempatkan beberapa detik  melihat ke seluruh permukaan meja, juga memeriksa di sekitar tempat duduk, sebelum beranjak.

Hal kecil ini berakibat besar, karena kemungkinan kerepotan akibat ketinggalan benda-benda seperti HP, charger, kaca mata, kunci mobil ataupun dompet menjadi tidak ada.

Begitu juga saat mau turun dari taksi atau mobil teman, usahakan meraba di sekitar tempat duduk. Mungkin kunci atau dompet kecil yang tadinya di kantong, saat Anda duduk tanpa Anda sadari meluncur keluar.

Nah dengan meraba sekitar tempat duduk, kemungkinan benda akan ketinggalan menjadi kecil.

Cuci dulu gelas dan cangkir di hotel

 Jangan lupa cuci gelas hotel sebelum dipakai. (Foto:Pexels)
Anda sering mendapat tugas keluar kota atau keluar negeri, sehingga sering menginap di hotel.

Ada satu pesan dari mantan karyawan hotel yang kecil tapi sangat penting. Jangan gunakan gelas atau cangkir  yang disedikan di kamar hotel sebelum diicuci. 

Baik gelas yang di dalam kamar mandi (yang disedikan untuk berkumur saat sikat gigi) maupun cangkir yang disediakan untuk membuat teh atau kopi di bar kecil di kamar.

Karena bukan tidak mungkin gelas dan cangkir itu sudah digunakan oleh tamu hotel sebelumnya. Tidak ada yang menjamin bahwa petugas kebersihan kamar hotel sudah mencuci benda-benda itu saat merapikan kamar tersebut.

Mencuci gelas dan cangkir adalah hal yang kecil, tapi sangat besar efeknya. Apalagi dimasa pandemi seperti ini. Sempatkan  mencuci sampai bersih gelas dan cangkir  yang disedikan hotel sebelum digunakan, kalau perlu dengan air panas. Saat memasak air untuk minum kopi, gunakan sebagian untuk mencuci gelas-gelas dan cangkir yang tersedia. Agar aman Anda gunakan.

Itulah beberapah hal kecil yang bisa Anda terapkan, mungkin ada hal-hal lain yang Anda ingat yang memang perlu dilakukan?*** MK

#perhatianhalhalkecil

#halkeciltapipenting

#keciltapipenting

#halpenting

#halkecil

#penting

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *