HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

DIAJAK NIKAH SIRI


CURHAT: Saya wanita usia 26 tahun. Bekerja sebagai staf administrasi di sebuah perusahaan swasta. Di kantor ada seorang rekan kerja yang memberi perhatian khusus kepada saya.

Setelah beberapa waktu sering ngobrol secara intens, saya baru tahu bahwa dia sudah menikah dan memiliki 2 orang anak yang masih kecil. Namun hubungan dengan istrinya sudah tidak harmonis sejak 2 tahun lalu. Kondisi rumah tangganya yang sedang guncang membuat hidupnya kacau dan semangat kerjanya menurun.

Ia mengaku mulai merasa hidupnya bersemangat lagi setelah bertemu saya. Menurutnya, saya wanita impian yang selama ini ia cari. Sementara pernikahan dengan istrinya adalah hasil perjodohan antara kedua orangtuanya.

Setelah tahu dia masih terikat pernikahan, saya berusaha mundur. Tapi dia gigih mengejar saya. Dia bilang, proses percerainnya sudah hampir selesai. Sudah sampai tahap sidang terakhir.

Dia mengatakan sangat serius pada saya dan ingin segera menemui kedua oangtua saya. Dan dia mengajak saya untuk menikah siri sambil menunggu keputusan perceraiannya dari pengadilan agama.

Saya jujur sudah jatuh cinta pada dia. Tapi saya juga masih ragu untuk menerima ajakannya menikah siri. Saya bilang kalau saya akan menunggu dia sampai selesai semua urusan perceraiannya dengan istrinya, baru saya mau menikah dengan dia.

Tapi dia mengatakan bahwa daripada kami berpacaran yang mengundang dosa lebih baik kami menikah siri sehingga sudah sah secara agama.

Saya belum menjawab permintaannya itu. Karena saya tidak mau juga disebut sebagai palakor, dengan meresmikan hubungan sementara dia masih berstatus suami orang. Dan orang tua saya juga kurang setuju kalau kami menikah siri.

Bagaimana cara menjelaskan kepada dia supaya dia mau menerima pendapat saya? Saya sangat sayang sama dia dan takut kehilangan dia, tapi juga juga saya ragu untuk melakukan nikah siri. Saya jadi bingung.

Mohon saran. Terimakasih banyak.

Yasmine – Bandung

SARAN: Kami sangat mengapresiasi langkah Anda untuk meminta pendapat pihak lain sebelum mengambil keputusan besar dalam hidup Anda.

Kalau boleh dikatakan, saat ini Anda sedang berada di pinggir jurang. Satu langkah salah akan membuat hidup Anda terperangkap pada beragam masalah.

Kekasih Anda sedang dirundung masalah keluarga yang Anda tidak tahu seberapa rumitnya. Karena Anda hanya mendapat informasi dari satu pihak. Kalau Anda menjalin hubungan serius dengan dia, berarti Anda sudah ikut dalam lingkaran masalahnya.

Anda bisa saja berdalih bahwa dia sudah berpisah secara agama dengan istrinya, hanya tinggal pengesahan secara hukum negara. Namun, tetap saja Anda akan dianggap sebagai pengganggu rumah tangga orang lain. Atau seperti Anda sebut sendiri yakni sebagai pelakor.

Betapa cintanya Anda pada seorang pria, akan lebih baik menjalin hubungan dengan pria yang tidak memiliki ikatan apa pun. Baik sebagai suami orang ataupun kekasih orang.

Sikap Anda yang menolak untuk diajak menikah siri sudah sangat baik. Anda tahu apa itu nikah siri? Mungkin yang Anda tahu bahwa pernikahan yang sah secara agama. Betul. Tapi apa akibat nikah siri untuk wanita dan anak yang dilahirkan oleh si wanita, kalau tujuannya tidak jelas.

Nikah siri bisa diterima bila alasannya jelas. Misalnya nih, Anda berdua sudah menjalin hubungan asmara secara serius, lalu salah satu dari Anda mendapat kesempatan melanjutkan pendidikan atau bekerja di negara lain atau kota lain. Dan Anda berdua akan berangkat bersama.

Karena waktu tidak memungkinkan melakukan pengurusan berkas-berkas untuk menikah secara negara juga belum memungkinkan untuk  mengadakan syukuran, maka nikah siri pun dilakukan. Demi untuk menghindari maksiat.

Dalam hal ini nikah siri Anda bisa dipublikasikan ke kerabat, kenalan dan sahabat. Dan mereka akan memaklumi bila Anda berdua tinggal bersama.

Berbeda dengan nikah siri yang dimaksudkan oleh kekasih Anda. Bisa jadi dia tidak akan mengizinkan Anda mempublikasikan pernikahan, tidak akan ada foto saat pernikahan, karena pernikahan ini dilakukan diam-diam, mengingat dia masih terikat dalam pernikahan yang sah dengan istrinya.

Nikah siri meski sah di mata agama tapi tidak sah di mata hukum negara, karena tidak ada akta nikah serta surat-surat resmi terkait legalitas pernikahan tersebut.

Dan pernikahan siri untuk seorang wanita lebih banyak dampak negatifnya ketimbang positifnya. Misalnya, Anda bersedia menikah siri, lalu ternyata hubungan kekasih Anda dan istrinya membaik dan dia kembali ke keluarganya lalu meninggalkan Anda begitu saja. Apakah Anda siap?

Karena tidak ada akta nikah, maka pihak wanita tidak bisa menuntut hak-haknya sebagai istri. Jadi ketika suami siri Anda bersikap semana-mena, meninggalkan Anda atau menceraikan Anda begitu saja, Anda tidak bisa menuntut, karena tidak ada kekuatan hukum yang tetap pada pernikahan Anda.

Kerepotan dan kerumitan akibat nikah siri lebih banyak muncul ketika memiliki anak. Kalau suami Anda bertanggung jawab, masih cukup aman. Anda bisa mencantumkan nama ayahnya di akta kelahiran, namun anak Anda akan ditulis sebagai anak diluar nikah, karena tidak ada bukti pernikahan resmi berupa buku nikah.

Apakah Anda rela anak Anda disebut sebagai anak diluar nikah di akta kelahirannya? Bisakah Anda bayangkan perasaan anak Anda ketika suatu saat dia membaca akta tersebut.

Tentu hal itu sangat tidak baik untuk perkembangan psikologisnya. Belum lagi bila ternyata suami siri Anda tiba-tiba menganggap pernikahan Anda berdua tidak ada. Maka tuntutan apa pun bisa dia abaikan. Itu artinya Anda yang harus siap merawat, membiayai serta mendidik anak Anda sendiri, tanpa ada support apa pun dari dia. Apapun bentuk gugatan yang Anda ajukan akan tidak berarti, karena tidak adanya kekuatan hukum.

Penjabaran di atas baru sedikit dari banyak dampak negatif pada wanita yang menikah siri. Jadi saran kami: hindari nikah siri.

Lindungi diri Anda dan anak-anak Anda dengan menikah secara sah. Bagaimanapun Anda mencintai seorang pria, tetap perhitungkan masa depan diri Anda dan anak-anak Anda. 

Semoga dengan saran ini Anda bisa mengambil keputusan terbaik untuk hidup dan masa depan Anda.***

Foto: Unsplash

#permasalahannikahsiri

#wanitadannikahsiri 

#efeknikahsiriuntukwanita

#pernikahansiri

#nikahsiri



Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *