HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

MALALA SANG AKTIVIS, BERALIH PROFESI JADI MODEL MAJALAH FASHION?


Namanya dikenal sebagai aktivis dari Pakistan dan peraih Hadiah Nobel Perdamaian termuda.

Tiba-tiba wajahnya muncul sebagai model di cover majalah fashion kenamaan . Dan dia pun bergaya dengan busana khasnya mengisi halaman majalah Vogue edisi Inggris. Malala sudah beralih profesi menjadi model?

 Peraih Nobel Termuda

Dialah peraih Hadiah Nobel termuda. (Foto: The Guardian)
Nama Malala meroket ketika ia berhasil meraih hadiah Nobel Perdamaian pada tahun 2014. Ketika itu wanita kelahiran 12 Juli 1997 dengan nama lengkap Malala Yousafzai ini bersama Kailash Styarthi, seorang aktivis pejuang HAM dai India, mendapat hadiah Nobel Perdamaian. Malala dianugerahi Nobel berkat perjuangan melawan penindasan anak-anak dan pemuda serta untuk mendapatkan hak pendidikan bagi mereka.

Dan Malala tercatat dalam sejarah sebagai peraih Hadiah Nobel termuda, karena saat itu usianya baru menginjak 17 tahun.

Perjuangan Malala berawal ketika ia masih berusia 11 tahun. Gadis kecil ini menulis di blognya dengan nama samaran untuk BBC. Ia menuliskan dengan sangat detail bagaimana mengerikannya hidup di bawah pemerintahan Taliban.

Pernah Ditembak

Ia pernah ditembak karena sikap kritisnya.(Foto: The Guardian)
Kegiatan Malala sebagai pejuang muda bukan tanpa rintangan. Ia pernah ditembak pada tahun 2012,sebagai upaya pembunuhan oleh kelompok bersenjata Taliban. Hal ini terjadi karena sikap kritis Malala pada kelompok militan.

Ketika itu, seperti dikutip dari berbagai sumber, Malala yang saat itu masih gadis remaja, pulang sekolah naik bus sekolah. Ia ditembak di kepala dan lehernya.

Malala dilarikan ke rumah sakit di Pakistan. Namun kemudian ia diterbangkan ke Inggris, tepatnya ke sebuah rumah sakit di Birmingham, hingga jiwanya selamat.

Meski diminta untuk kembali ke negaranya, Malala bertahan tinggal di Inggris. Hingga akhirnya pada tahun 2013 saat ia berusia 16 tanun, Malala berpidato di depan Forum Majelis Kaum Muda di Markas Besar PBB di New York.

Pidato Malala yang menghebohkan dunia memuat tiga isu penting, yakni Hak Perempuan, Perlawanan terhadap Terorisme dan Kebodohan.

Dan berkat pidatonya itu, tanggal disaat ia berpidado yang kebetulan bertepatan dengan hari ulang tahunnya, ditetapkan oleh PBB sebagai Hari Malala.

Menjadi Model

Wajahnya menjadi cover majalah Vogue. (Foto: IG @britishvogue)
Dikenal sebagai aktivis, tiba-tiba Malala yang memiliki penampilan khas dengan kerudungnya, muncul di cover majalah mode Vogue Inggris.

Saat ini Malala bukanlah gadis kecil lagi, tapi sudah menjadi wanita dewasa dengan kharisma yang kuat. Ia juga sudah menyelesaikan pendidikannya di Universitas Oxford, Inggris, tahun 2020. Malala meraih gelar dalam bidang filsafat, politik dan ekonomi.

Cover majalah fashion dunia ini didominasi warna merah, menyesuaikan dengan busana dan kerudung Malala yang juga berwarna senada.

Dia rupanya diwawancarai oleh majalah Vogue. Tidak hanya memaparkan kisah perjuangannya sebagai aktivis, majalah kenamaan dunia itu juga menjadikan Malala sebagai cover majalah tersebut. Di majalah Vogue edisi Juli 2021 itupun Malala tampil bergaya dengan busana khasnya sebagai wanita Pakistan, lengkap dengan kerudung. 

Foto-foto Malala di halaman Vogue tampak cantik dan gayanya pun sangat anggun dan .elegan. Membuat penampilan aktivis ini menjadi sangat berbeda dari yang selama ini dikenal dunia.

Dalam wawancara majalah Vogue itu, Malala menceritakan bagaimana ia akhirnya bisa menikmati masa mudanya seperti orang muda lainnya di dunia. Ia menikmati momennya sebagai mahasiswi, makan di restoran cepat saji dan bermain game dengan teman-teman seusianya.

Dan ia merasa bersyukur setelah insiden penembakan itu, suaranya makin diddengar dunia. Ia berkesempatan keliling dunia. Membuat film dokumenter, menerbitkan buku, berbicara di depan forum-forum internasional. 

Dan yang tak kalah membanggakan, ia bisa bertemu dengan tokoh-tokoh dunia seperti Presiden Barack Obama, Angelina Jolie hingga bintang film Harry Potter, Emma Watson. Dan juga menjalin persahabatan dengan aktivis muda dunia lainnya.

Dan sekarang, pengalaman baru ia alami; menjadi model cover untuk majalah fashion kenamaan dunia.*** LS

Foto: IG @britishvogue

#aktivismalalayousafzai

#malalaaktivispakistan

#aktivismalala

#malalayousafzai

#malala

#aktivis

#pakistan


Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *