HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

NILAI ANAK SELALU PAS PASAN, BAGAIMANA MASA DEPANNYA?

 

CURHAT: Saya ibu dengan dua anak laki-laki. Yang besar kelas 2 SMP dan yang kecil kelas 5 SD. Bersyukur kedua anak kami sehat dan jarang membuat masalah.

Namun ada hal yang mencemaskan saya. Si bungsu sejak kelas 1 SD nilainya tak pernah bagus. Setiap ulangan jarang sekali dapat nilai tinggi. Akibatnya nilai raportnya juga pas pasan. Padahal kakaknya prestasinya cukup bagus, selalu masuk 3 besar di kelas.  

Saya dan suami sudah berusaha untuk mendampingi dia saat belajar, tapi daya tangkapnya memang terbatas, sehingga hasil PTS (Penilaian Tengah Semester) & PAT (Penilaian Akhir Tahun) nya selalu kurang memuaskan.

Setiap kali menjelang penerimaan raport saya selalu deg-degan plus malu, karena pasti akan mendepat teguran dari wali kelasnya. Karema sudah sering wali kelasnya menyarankan agar anak kami itu  lebih dibimbing dalam belajar, dan kalau perlu diberi les-les tambahan. Sementara anak kami itu jangankan mau ikut les tambahan, belajar untuk ulangan saja dia malas-malasan.

Tahun depan dia akan ujian SD. Saya khawatir hasilnya di bawah standar sehingga dia tidak bisa bersaing untuk mendapatkan sekolah yang bagus.

Saya betul-betul khawatir dengan masa depan anak bungsu kami ini. Dia memang lebih senang main musik (gitar dan piano) ketimbang belajar. Kalau diminta belajar selalu bilang nanti-nanti, padahal waktunya hanya untuk main musik.

Bagaimana caranya mengarahkan anak kami ini agar dia bisa mencapai prestasi akademik yang tinggi sehingga masa depannya lebih cerah.

Mohon saran. Terimakasih banyak.

Ananta - Bandarlampung

SARAN: Yang Anda alami kemungkinan besar banyak juga dialami ibu-ibu lain. Mereka selalu berharap anaknya mencapai prestasi akademik tinggi, juara kelas, dapat ranking tinggi. Karena hal itu dianggap sebagai satu-satunya tiket untuk mencapai kesuksesan di masa depan.

Padahal untuk mencapai sukses dalam kehidupan, terutama secara finansial, tidak hanya bergantung pada prestasi tinggi di sekolah. Banyak orang-orang sukses, bahkan jadi orang terkaya di dunia, prestasi akademiknya biasa-biasa saja. Bahkan banyak yang DO alias drop out dari kampusnya.

Ada sebuah joke yang pernah disampaikan oleh seorang Profesor kenamaan di negeri ini. Beliau bilang, dari hasil pengamatannya: mereka yang selalu mendapat nilai A umumnya menjadi dosen. Mereka yang nilai rata-ratanya B akan menjadi pengusaha. Dan mereka yang nilainya C akan mempekerjakan alias menjadi bos untuk  mereka yang selalu nilainya A dan B itu.

Jadi intinya, jangan mengukur masa depan anak Anda dari nilai yang dia capai di sekolah. Bahwa dia memiliki hobi positif yakni bermain musik, itu bisa jadi merupakan modal kesuksesannya di masa depan.

Saat ini dan masih mungkin sampai beberapa dekade, profesi sebagai musisi masih sangat menjanjikan. Begitu banyak musisi yang sukses dalam karier dan otomatis sukses juga secara finansial.

Mudah-mudahan Anda tidak lagi cemas pada masa depan anak bungsu Anda. Tetaplah beri dia semangat untuk belajar sehingga bisa mengikuti PTS dan PAT dengan lancar.

Dan boleh jadi, Anda sedang mendampingi seorang calon musisi terkenal dunia. Sekarang Anda cemas pada masa depannya dan merasa malu pada prestasi akademiknya, bukan tidak mungkin suatu saat dialah yang membuat Anda merasa amat bangga sebagai orangtuanya.***

Foto: Pexels/August de Richelaeu 

#nilaisekolahanak 

#nilairaportanak

#prestasidisekolah

#anakmalasbelajar 

#anaksekolah 

#belajar

#sekolah

*CURHAT ke email:majalahwanita8@gmail.com

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *