HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

INI DIA MANFAAT DAHSYAT KETAWA

Tertawa bukan sekadar ekspresi kebahagian. Di balik itu ternyata punya sederet manfaat yang dahsyat. Tidak hanya bikin jiwa raga lebih sehat juga membuat  awet muda, panjang umur, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan... menurunkan bobot tubuh..

Jadi kalau Anda merasa akhir-akhir ini makin jarang tertawa, sebaiknya mulai sekarang pilih kegiatan yang bisa membuat Anda bisa tertawa. Nonton film komedi, bercanda dengan teman, anak, suami bahkan dengan binatang kesayangn.

Apa pun kegiatannya, yang penting bisa  membuat Anda tertawa lebar.

Berikut beberapa hal positif yang bisa kita dapat disaat kita ketawa.

Meningkatkan kesehatan

Penelitian membuktikan bahwa orang yang mudah tertawa lebih sehat ketimbang mereka yang jarang tertawa.

Karena tertawa ternyata dapat meningkatkan kesehatan, mengurangi rasa sakit dan meningkatkan harapan hidup.

Ketika kita tertawa maka tubuh akan melepaskan hormon endorfin sehingga kita akan merasa lebih baik.

Saat Anda sedang memiliki beban pikiran berat, lalu ada yang bisa membuat Anda tertawa, maka perasaan Anda akan merasa lega. Karena ada proses berkurangnya produksi hormon pemicu stres seperti kortisol, adrenalin dan dopamin.

Pada saat yang bersamaan produksi hormon endorfin meningkat saat kita sedang tertawa. Endorfin adalah zat kimia yang dihasilkan secara alami oleh tubuh, memiliki peran mengurangi rasa sakit dan memicu perasaan positif.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Dimasa pandemi seperti ini, selain menjaga pola makan yang sehat dan mematuhi prokes, kita juga dianjurkan untuk banyak ketawa.

Sebab, ketawa juga membuat sistem kekebalan tubuh meningkat. Pasalnya saat kita tertawa secara alami tubuh kita meningkatkan jumlah dan fungsi sel-sel dalam sistem imun.

Dan peningkatan ini berpengaruh pada kemampuan sisem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi, itu artinya kemampuan tubuh dalam melawan penyakit menjadi meningkat. Suatu yang sangat diperlukan saat pandemi saat ini.

Bikin awet muda

Mungkin Anda bisa perhatikan orang di sekitar, mereka yang gampang tertawa umumnya awet muda dan panjang umur.

Hal itu ternyata bukan hanya kebetulan, namun ada penjabaran ilmiahnya. Tertawa menurut para ahli, dapat mendorong pelepasan hormon endorfin yang membuat tubuh memiliki perasaan positif dan bahagia.

Mereka yang bahagia akan terpancar di raut wajahnya, menjadi bersinar dan cerah selalu, sehingga akan tampak selalu muda.

Menstabilkan berat  badan

Tertawa ternyata juga bisa membakar kalori yang lumayan. Saat Anda tertawa selama sekitar 15 menit dalam satu hari, maka tanpa disadari Anda sudah membakar 40 kalori.

Dan bila tertawa menjadi keseharian Anda, maka berat tubuh Anda dalam satu tahun bisa terpangkas 1,5 kg sampai 1,8 kg. Lumayan bukan, tanpa harus diet ketat, bobot tubuh sudah terpangkas.

Ketawa memunculkan rasa bahagia, sehat awet muda dan panjang umur. Jadi, daripada memperpanjang duka, lebih baik memperbanyak tertawa. Karena saat tertawa pun Anda sudah berbagi aura positif pada lingkungan Anda. *** MB

Foto:Unsplash/Sharon Mc Cutcheon

#ketawaitusehat

#ketawabikinawetmuda

#manfaatketawa

#ketawabikinpanjangumur

#mariketawa

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *