HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

8 MARET HARI PEREMPUAN INTERNASIONAL, INI SEJARAHNYA

 

Mungkin belum banyak di antara kita  yang tahu kalau setiap tanggal 8 Maret dunia merayakan Hari Perempuan atau International Women’s Day (IWD).

Kalau Mother’s Day memang sudah cukup populer. Tapi Hari Perempuan mungkin masih banyak yang belum ngeh.

Bagaimana kisahnya hingga ada peringatan Hari Perempuan Internasional dan mengapa dipilih tanggal 8 Maret?

Berawal di New York

Kisah perjuangan perempuan yang menggema hingga ke seanteo dunia berawal dari New York, Amerika Serikat. Menurut situs IWD pada tahun 1900-an saat itu  terjadi ekspansi besar-besaran dalam dunia industri. Pada masa itu juga kerap terjadi kerusuhan yang dimotori oleh kaum wanita.

Dan pada tahun 1908 di New York ada sekitar 15 ribu buruh wanita pabrik garmen berdemo. Mereka menuntut pemangkasan jam kerja, perbaikan upah serta hak untuk berpendapat dan berpolitik.

Dua tahun kemudian, yakni tahun 1910 di Kopenhagen organisasi sosialis internasional mengadakan konferensi. Mereka bertemu untuk menetapkan Hari Perempuan Intenasional. Usulan itu disampaikan oleh 100 wanita perwakilan dari 17 negara.

Namun saat itu belum disepakati tanggal berapa Hari Perempauan Internasioanl akan diperangati.

Baru tahun 1911 hari Perempuan Internasional ditandai pada 19 Maret. Dan sudah mulai diperingati di beberapa negara Eropa, seperti Jerman, Austria, Denmark dan Swiss.

Keberanian perempuan Rusia

Bila awalnya Hari Perempuan Internasional ditetapkan pada tanggal 19 Maret, lalu mengapa berubah menjadi 8 Maret?

Rupanya hal ini berawal dari protes perempuan Rusia pada tahun 1917. Para perempuan Rusia dengan berani memprotes perang dengan gerakan bernama Roti dan Perdamaian. Hari itu bertepatan dengan tanggal 8 Maret. Hasilnya, Tsar Rusia memberikan hak kepada para wanita Rusia untuk memilih.

Dan sejarah tersebut dicatat sebagai tonggak awal wanita diberi hak bersuara. Sehingga pada tahun 1975 PBB untuk pertama kalinya memperingati Hari Perempuan Internasional pada tanggal 8 Maret 1975. Hingga sekarang tanggal tersebutlah yang ditetapkan sebagai Hari Perempuan Internasional.

Pada peringatan Hari Perempuan Sedunia tahun ini menurut situs resmi IWD, tema yang diangkat adalah #Choose ToChallenge

Dengan tema tersebut, menurut laman IWD, diharapkan perempuan di seluruh dunia dapat memilih untuk menyuarakan bias dan ketidaksetaraan gender.

Perayaan biasanya diselanggarakan oleh para aktivis perempuan dan komunitas-komunitas yang peduli pada isu perempuan di seluruh dunia.

Selamat Hari Perempuan Internasional untuk semua perempuan hebat di negeri tercinta ini.*** MH

Foto:iStock

#hariperempuaninternasional2021

#8marethariperempuaninternasional

#perayaanhari peremuaninternasional

#perempuaninternasional

#ChooseToChallenge

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *