HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

TREND TANAMAN HIAS 2021

Seperti layaknya dunia fashion, tanaman hias pun ada trendnya. Dan yang menarik, tanaman hias yang sedang viral harga jualnya bisa diluar perkiraan. Yang biasanya hanya seharga ratusan ribu rupiah per pot bisa melonjak hingga jutaan bahkan puluhan juta.

Bila tahun 2020 tanaman Monstrea Obliqua atau lebih dikenal sebagai Janda Bolong menjadi primadona, bagaimana prediksi tahun 2021? Apa sajakah tanaman hias yang akan menjadi buruan para pecinta tanaman hias?

Ciri umum tanaman hias yang jadi favorit para pecinta tanaman adalah: memiliki bentuk atau warna daun unik, eksotik, langka namun tidak repot dalam perawatannya dan... banyak diupload di medsos.

Berikut beberapa diantaranya.

Monstera Obliqua

Monstera Obliqua masih tetap jadi primadona. (Foto: Amazon)
Hingga akhir tahun ini diprediksi Monstrea Obliqua masih menduduki posisi favorit di antara tanaman hias. Namun, pesonanya mungkin tidak terlalu menghentak lagi seperti tahun sebelumnya.

Karena para pecinta tanaman hias tampaknya mulai melirik ke tanaman lain yang lebih eksotik dan langka. Dan tentu saja, biasanya penjual tanaman hias selalu berusaha mengeluarkan koleksi-koleksi terbarunya.

Meski  demikian harga Monstera Obliqua belum juga beranjak turun. Ada penjual tanaman hias yang bisa menjual satu potnya seharga puluhan juta rupiah, karena per daunnya saja sudah dihargai Rp. 10 juta.

Philodendron Birkin

Keunikan daun Philodendron Birkin memikat pecinta tanaman hias. (Foto:GrowUrban)
Salah satu dari keluarga tanaman philodendron ini memiliki daun hijau yang mengkilap. Yang unik dari daun birkin ini adalah tulang daun yang berwarna kontras yakni garis-garis putih di atas dasar warna hijau, sehingga daun tampil unik dan cantik.

Tanaman ini akan tumbuh subur padai suhu 15 - 20 derajat celsius. Sehingga sangat tepat menjadi tanaman hias di dalam rumah, karena tidak terlalu membutuhkan matahari secara langsung.

Harga tanaman hias satu ini bisa mencapai jutaan rupian. Untuk bibitnya harganya bisa mencapai Rp. 300 ribu hingga Rp.500 ribu.

 

Monstera Variegata

Makin belang daunnya, makin mahal harga Monstera Variegata ini. (Foto: Zielony Parapet)
Masih satu keluarga dengan Monstera Obliqua. Corak daun dari monstera ini memang sangat unik, dalam satu daun ada dua warna yakni setengah hijau dan setengah putih.

Warna daun yang belang ini karena adanya kelainan klorofil daun, sehingga namanya variegara karena merujuk pada warna daunnya tersebut. Yang menarik, makin unik bentuk belang di daunnya, makin mahal harganya.

Harga jual per daunnya mulai dari Rp. 1 juta hingga Rp. 2 juta. Sedangkan untuk satu pot Monstera Variegata yang rimbun bisa mencapai Rp.10 juta.

Philodendron Florida Beauty

Philodendron Florida Beauty memang amat cantik. (Foto: Picclick.UK)
Philodendron ini memiliki bentuk daun yang amat unik dengan pigmen daun yang tidak beraturan, mulai dari kuning neon hingga hijau tua, membuat penggemar tanaman hias jatuh hati. 

Yang membuat tanaman hias ini menjadi viral adalah karena ada penggemar tanaman yang rela menukar mobilnya dengan beberapa tanaman hias, salah satunya Philodendron Florida Beauty ini.

Menurut penjual tanaman hias, philodenderon satu ini memang termasuk tanaman hias berharga mahal, sejak pertama kali dikenal beberawa waktu lalu. Tanaman ini termasuk tanaman hias yang sangat mudah tumbuh di dalam ruangan maupun di luar ruangan.

Anggrek Hitam

Anggrek hitam eksotis dan elegan, membuat pecinta tanaman hias tak peduli harganya. (Foto: Phinemo)
Beragam bunga anggrek yang cantik selalu memikat para penggemar tanaman hias.. Namun ada satu jenis anggrek yang menjadi incaran para kolektor, yakni anggrek hitam (Coelogyne pandurata). Anggun, elegan, kuat dan mengeluarkan aroma yang unik, itulah ciri khas anggrek hitam.

Di Indonesia ada tiga pulau yang dikenal gudangnya anggrek hitam, yakni Kalimantan, Sulawesi dan Papua.

Di Kalimantan terutama di wilayah Kalimantan Timur, hingga anggrek ini menjadi maskot flora provinsi ini. Sementara kalau di Sulawesi anggrek hitam banyak tumbuh di kawasan hutan anggrek Bancea di wilayah Poso, Sulawesi Tengah (sekarang lebih dikenal sebagai Taman Wisata Alam Bancea.

Karena termasuk tanaman langka, anggrek hitam memiliki harga yang cukup mencengangkan. Untuk anggrek yang dewasa dan sudah berbunga rimbun bisa mencapai ratusan juta rupiah! Wah. *** MH


#trendtanamanhias

#tanamanhiasfavorit

#tanamanhiasunik

#tanamanhias

#tanaman

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *