HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

CAMILAN WAJIB BUMIL

 

Anda sedang hamil atau sedang merencanakan hamil? Pengen anaknya sehat, cerdas, tinggi, tulang kuat, gigi bagus, rambut hitam lebat dan kulit mulus?

Pasti semua mengangguk. Namun, untuk mendapat semua itu memang harus ada usaha. Selain berdoa, salah satunya mengatur makanan sejak test pack menyatakan Anda positif hamil,.cara makan yang selama ini mungkin sekehendak hati Anda, harus segera ditinggalkan. Mulailah dengan pola makan yang semua dipertimbangkan untuk kesehatan diri Anda dan si kecil dalam kandungan.

Berikut ada beberapa hal tentang makanan untuk bumil yang wajib Anda ketahui.

Puasa yang serba instan & jajanan pinggir jalan

Ada sebagian bumil yang mengira bahwa saat hamil adalah saat untuk mengikuti semua keinginan. Jadi mumpung sedang hamil, apalagi saat ngidam, apa pun makanan yang melintas di pikiran, kudu diikuti. Makanan instan, dan jajanan pinggir jalan yang sedap dan menggiurkan, biasanya paling sering memanggil-manggil. Padahal, banyak makanan instan dan yang dijajakan di pinggir jalan itulah yang dilarang untuk dimakan para bumil. Kenapa?

Saat hamil puasa dulu makanan instan dan jajanan pinggir jalan. (Foto: Pixabay) 
Jajanan pinggir jalan tidak pernah kita tahu apakah menggunakan minyak yang bagus atau yang sudah digunakan puluhan kali? Pakai penyedap seberapa banyak? Demikian juga makanan instan, apakah mie instan ataupun camilan intan siap saji; bahan yang digunakan segar atau sudah lama, pakai pengawet yang membahayakan perkembangan janin atau tidak?

Intinya, pengetahuan seorang calon ibu harus luas mengenai makanan apa yang boleh dan tidak boleh ia konsumsi selama hamil. Karena, apa yang masuk ke mulut ibu hamil otomatis akan berdampak kepada janinnya.

Mungkin ekstrimnya, setiap akan menyuap makanan ke mulut, pikirkan dulu: ini baik tidak untuk otak anak saya? Bagus tidak untuk kulit anak saya? Baik tidak untuk perkembangan tulang anak saya?

Ribet? Memang. Tapi percayalah, begitu Anda bisa menahan diri untuk tidak makan makanan yang asal saat hamil, Anda akan merasa puas. Karena berarti Anda sudah memberikan yang terbaik kepada anak Anda dan itu artinya Anda sudah mempersiapkan masa depan cermerlang anak Anda sejak masih dalam kandungan.

Camilan yang dianjurkan

Saat hamil memang rasa lapar sering menyerang. Tapi biasanya makanan besar malah tidak menggoda, yang terbayang beragam camilan.

Berikut camilan yang dianjurkan untuk sering dikomsumsi, karena banyak manfaatnya untuk kesehatan bumil dan janin.

Kacang hijau

Kacang hijau sangat dianjurkan menjadi camilan rutin bagi bumil, terutama yang ingin anaknya memiliki rambut hitam lebat, demikian saran para orang tua jaman dulu. Meski belum bisa dibuktikan secara ilmiah, namun dari pengalaman beberapa ibu yang mengonsumsi kacang hijau secara  rutin saat hamil, terbukti saat lahir rambut anaknya hitam dan lebat.

Kacang hijau selain menyehatkan terbukti membuat rambut anak menjadi lebat. (Foto Pixabay)
Selain itu kacang hijau memang mengandung nutrisi yang sangat bermanfaat, yakni, mengandung asam folat, vitamin B1 dan zat besi. Dan semua zat gizi tersebut sangat dibutuhkan oleh ibu hamil.

Kacang hijau tidak harus selalu dibuat bubur untuk dikonsumsi, direbus saja dan diminum airnya seperti minum teh juga bisa. Sekaligus mengurangi rasa mual saat kandungan dalam masa trimester pertama.

Edamame

Kalau Anda makan di restoran Jepang, umumnya sebagai pembuka dihidangkan camilan ringan: edamame. Kacang berkulit hijau ini memang sangat mirip dengan kacang kedelai, tapi bedanya, kacang kedelai yang masih ada kulitnya ini memang khusus untuk dijadikan camilan, sehingga ukurannya juga lebih besar dan penampilannya lebih cantik dibandingkan dengan kacang kedelai biasa.

Edamame  lezat dan berkhasiat (Foto: Pexels/Valeria Boltnera)
Edamame mengandung asam folat yang tinggi dan itu akan sangat membantu pertumbuhan dan perkembangan otak janin di dalam kandungan.

Bumil yang menjadikan edaname camilan juga bisa mencegah cacat tabung syaraf, yang bisa mengakibatakan pertumbuhan otak janin tidak normal. Jadi, edamame memang sangat bagus dikonsumsi agar perekembangan otak anak sejak masih dalam kandungan sudah terbentuk dengan sempurna.

Cokelat

Beberapa penelitian mengungkapkan manfaat cokelat untuk ibu hamil. Salah satunya untuk mencegah preeklamsia (komplikasi kehamilan yang berbahaya ditandai dengan tekanan darah tinggi).

Cokelat bermanfaat mencegah preeklamsia. (Foto: Unsplash/Amirali Mirhashemian)
Cokelat memang mengandung antioksidan dan mineral yang sangat bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil juga janinnya. Pertumbuhan dan perkembangan janin akan lebih baik bila bumil mengonsumsi sekitar 30 grm cokelat per hari.

Memang lebih disarankan bumil ngemil dark chocolate karena manfaatnya lebih besar ketimbang cokelat lain, tapi bila tidak suka, cokelat biasa pun tetap berkhasiat.

Alpukat

Buah-buahan memang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi secara teratur oleh bumil. Buah alpukat adalah salah satunya. Buah yang nikmat dibuat jus ini bisa mencegah janin dari gangguan tulang. Asam folat yang terkandung di dalam daging buah alpukat sangat penting untuk perkembangan organ tubuh bayi hingga terbentuk sempurna.

Alpukat bisa mencegah caca syarat pada janin. (Foto: Unsplash/Nur Afni Setiyaningrum) 
Selain itu buah alpukat juga bisa membantu mencegah terjadinya cacat syaraf pada janin akibat kurang asam folat. Disarankan bumil mengonsumsi buah alpukat setidaknya setengah buah alpukat setiap hari.

Ikan 

Ikan adalah salah satu makanan yang wajib untuk bumil. Banyak dibuktikan bahwa bumil yang rajin makan ikan saat hamil, melahirkan anak yang cerdas dan memiliki mata yang sehat.

Ikan wajib bagi bumil (Foto: Unsplash/Caroline Attwood)
Ada ikan yang sangat dianjurkan karena memiliki kandungan omega 3 yang sangat tinggi, yakni Ikan Sidat atau Unagi dalam bahasa Jepang. 

Namun,bila sulit mendapatkan ikan sidat, bisa diganti dengan salmon. Ikan salmon mengandung asam lemak omega 3 yang sangat bermanfaat untuk perkmbangan otak janin. Tambahan lagi, nutrisi di dalam ikan salmon bisa mengurangi kemungkinan ibu hamil melahirkan prematur. Bumil yang teratur mengonsumsi ikan salmon juga bisa terhindar dari tekanan darah tinggi yang amat berbahaya dimasa kehamilan.

Ikan salmon bisa dijadikan camilan dengan dibuat steak dengan kematangan sempurna ataupun sushi yang ikannya dimasak dahulu.

 Yoghurt

Yoghurt mengandung kalsium dan protein yang sangat diperlukan oleh ibu hamil. Selain itu probiotik yang dikandung yoghurt bermanfaat melindungi ibu hamil dan janinnya dari paparan mercuri dan arsenik, yang berbahaya.

Yoghurt baik untuk mencegah penambahan berat badan yang berlebihan. (Foto: Unsplash/masjanblan)
Menjadikan yoghurt sebagai makanan tambahan adalah pilihan cerdas, karena yoghurt cepat membuat kenyang. Keuntungannya, bumil pertambahan berat badannya tidak terlalu signifikan.*** B-M

Foto utama: Pexels/Iamngakan eka)

#makananibuhamil
#camilanibuhamil
#camilansehatbumil
#camilan
#ibuhamil

 

 

  

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *