HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

MASIH REMAJA TAPI SUKANYA LAGU-LAGU JADUL

 

CURHAT: Anak tunggal kami laki-laki usia 12 tahun. Tidak ada yang menghawatirkan dari soal sekolah dan pergaulannya. Tapi ada satu yang membuat saya agak terganggu, yakni selera musiknya.
Tidak seperti remaja pada umumnya yang suka  BTS, Blackpink, IU ataupun Rihanna. Dia malah suka Beatles, Queen, ABBA juga semua lagu-lagu oldish. Selain itu dia juga sangat paham lagu-lagu klasik.  Kalau sedang main musik di keyboadnya dia selalu memainkan lagu-lagu klasik.  

Tidak hanya itu, dia juga ternyata hafal lagu-lagu lama Indonesia, seperti beberapa lagu-lagunya Chrisye juga lagu-lagu penyanyi lawas lainnya.

Kalau suami sedang memutar lagu-lagu lama di laptopnya, dia bisa dengan asyik ikut menemani dan bertanya beberapa lagu yang dia suka. Langsung dia cari di Youtube dan jadi lagu favoritnya.

Pernah di suatu kesempatan, dia saya ajak untuk ke pesta yang kebetulan ada anak-anak seuianya. Saat berkumpul salah satu dari anak remaja yang juga undangan  ngobrol dengan dia, dan teman barunya itu tanya, “Kamu suka BTS? Dengan tenang anak kami jawab, “Nggak.” Langsung calon temannya itu pergi. Tinggallah anak kami dengan senyum bilang ke saya, “Kita nggak sealiran.”

Suatu kali saya iseng tanya kenapa dia suka musik-musik lama ketimbang lagu-lagu anak trend saat ini, dia hanya senyum-senyum saja sambil menjawab, “Lebih enak di telinga,” katanya santai.  

Saya khawatir dengan hobinya yang tidak umum itu, dia jadi tersisih dari pergaulannya. Apakah ini umum untuk anak muda jaman sekarang? Atau ada yang berbeda dengan pola pikirnya?

Mohon saran. Terimakasih.

Chistina M – Surabaya

 

SARAN:

Persoalan yang Anda ajukan menunjukkan bagaimana perhatian Anda pada Ananda tersayang.

Memang sebaiknya orang tua mengetahui apa saja yang menjadi hal-hal yang disukai dan tidak disukai anak, sehingga saat  berkomunikasi atau ngobrol bisa nyambung.

Sebetulnya tidak ada hal yang perlu Anda khawatirkan dengan hobi anak Anda. Jenis musik, jenis makanan juga mode pakaian adalah hal yang berkait dengan selera. Mungkin Anda sering mendengar ada ungkapan: selera tidak bisa diperdebatkan.

Selain itu, umumnya remaja yang memiliki kecerdasan di atas rata-rata tidak suka mengikuti hal-hal umum atau mainstream, mereka cenderung, dalam selera dan pola pikir ‘ of the box’. Selalu mencoba hal-hal baru, yang tidak disukai secara umum oleh lingkungannya.

Sepengetahuan saya, anak-anak remaja sekarang banyak yang menyukai lagu-lagu lama. Contohnya kalau anak-anak SMP bermain musik/ band dalam rangka perayaan acara di sekolah, umumnya mereka akan memainkan lagu-lagu lama seperti lagu-lagu Beatles, Queen ataupun Earth Win and Fire.

Pendeknya, mereka lebih nyaman memainkan dan mendengarkan musik-musik jadul, yakni musik-musik pop era tujuhpuluhan atau delapanpuluhan. Masa dimana musik-musik tersebut hits mereka belum lahir.

Sebagai pemain musik, mereka  memang harus pandai memilih lagu-lagu yang bisa dinikmati oleh semua generasi dan itu adalah lagu-lagu jadul. Dan, mungkin kalau ditelusuri lebih jauh, umumnya anak-anak remaja yang suka musik jadul, memiliki pemahaman musik yang lebih dalam. Coba tanya secara serius, dia kemungkinan besar akan menjawab bahwa musik jadul itu: lagunya lebih kuat.  Lirik lagu-lagu lama memang cenderung lebih ‘dalam maknanya’ sehingga bila didengarkan akan lebih menyentuh batin.

Selain itu, musik-musik yang mampu menembus lintas generasi dan lintas waktu, karena ada faktor estetika musikal generik yang berlaku untuk semua umat manusia. Tak heran  musik-musik lama umumnya kuat musik serta liriknya, sehingga seperti memiliki magnet yang bisa menarik semua generasi.

Jadi, tak perlu khawatir pada minat musik Ananda. Mungkin sekarang anak Anda yang suka musik nostalgia. Boleh jadi suatu saat Anda yang jadi penggemar lagu-lagunya BTS, Lady Gaga ataupun  Blackpink.***

Foto ilustrasi: Unsplash/Clem Onojeghuo

 

#remajasukalagujadul

#anakmudasukalagujadul

#anakmudahobilagunostalgia

#lagulagujadul

#lagunostalgia

CATATAN:

Curhat Anda bisa dikirim ke email: majalahwanita8@gmail.com

Subject: CURHAT

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *