HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

AIR TERJUN SALUOPA, BAGAI NIRWANA MENYELINAP KE DUNIA

Keindahan air terjun Saluopa selalu dikenang para wisatawan yang pernah mengunjunginya. Air terjun 12 tingkat ini sangat memesona, hingga pengunjung yakin, inilah air terjun terindah di Indonesia!

Masyarakat setempat menyebutnya sebagai Air Luncur Saluopa. Berada di desa Tonusu, Pamona Pusalemba, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. Sekitar 12 km sebelah barat Tentena. Sebuah keindahan alam yang masih asri dan alami.

Keindahan air terjun Saluopa membuat siapa pun terpana. 
Ketika pertama kali melihat, siapa pun pasti terkesima. Tak menyangka setelah berjalan masuk ke tengah hutan sekitar 15 menit dari jalan utama, terpampang pemandangan yang memanjakan mata dan menyejukkan batin. Bagai nirwana menyelinap ke dunia.

Bangga hingga terpana

Air terjun ini bukan air terjun tunggal, namun terdiri dari 12 tingkat. Airnya bersumber dari mata air di pegunungan yang mengalir deras setinggi sekitar 25 m. Air yang mengalir dari atas berbuih-buih berkilau diterpa matahari.


Wisatawan bisa mencapai puncak air terjun dengan menapak di tangga bebatuan yang dibangun khusus di samping air terjun.

Airnya jernih, segar dan menyejukkan hati
Mereka yang berkunjung biasanya menantang diri sendiri atau rekannya, bisa naik sampai puncak keberapa. Siapa pun yang bisa mencapai puncak air terjun, akan merasa amat bangga sekaligus terpana. Keindahannya sulit diungkap dengan kata-kata. Super indah!

Mendaki bebatuan sambil diguyur air

Yang mengagumkan, kita juga bisa naik ke puncak air terjun Saluopa melalui bebatuan yang diguyur air terjun. Tantangan yang amat mendebarkan.

Licin? Tidak sama sekali. Bebatuan yang kita pijak malah terasa kasat, seperti tidak pernah terkena air. Mungkin, karena bebatuan itu mengandung kapur. Sehingga tak ditumbuhi lumut, tidak menjadi licin meski diguyur air berlimpah setiap saat.

Mendaki bebatuan di bawah guyuran air terjun yang deras, adalah atraksi yang bisa dilihat dan dilakoni sendiri oleh wisatawan di air terjun Saluopa. Umumnya, mereka sambil bergandengnan tangan dengan pasangannya saat mendaki ke atas. Sebagai simbolis, meski badai menerpa, mereka tetap akan bertahan bersama hingga puncak kehidupan.

Keindahan bagai nirwana

Untuk yang hanya ingin menikmati keindahan air terjun dari bawah, bisa menikmati air yang jernih dan segar tanpa kecipratan air terjun.

Karena di sisi kanan dan kiri air terjun ada sungai dangkal yang mengalir tidak terlalu deras, sehingga memungkinkan kita merendam kaki di dalammnya. Duduk santai sambil menatap keindahan air terjun, sementara kaki terendam di air yang jernih, sejuk dan amat segar. Nikmat.

Air terjun yang bersumber dari mata air dari puncak gunung ini mengalir dan berakhir di sungai kecil di desa Leboni.

Batunya tidak licin meski selalu diguyur dan diselimuti air 
Semoga air terjun Saluopa yang dikelola oleh Pemda Poso ini bisa tetap dipertahankan keasriannya. Hutan yang berada di sekitar air terjun tetap terpelihara baik, sehingga keindahan air terjun yang berada di tengah hutan lebat, tetap bagai sebuah nirwana di alam Indonesia. **** MH

 

Foto & video: RSP

#airterjunsoluopa

#indahnyaalamposo

#airterjunduabelastingkat

#airterjunalamidiposo

#airluncursaluopa

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *