HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

FINCLUSION DARI AMERIKA SERIKAT UNTUK WANITA INDONESIA

Wanita Indonesia yang memiliki usaha kecil dan menengah mendapat perhatian khusus dari pemerintah Amerika Serikat.
 

U.S. Embassy & Consulate in Indonesia, melalui Siaran Persnya, mengumumkan bahwa Amerika Serikat meluncurkan “FINCLUSION” untuk mendukung Usaha Kecil dan Menengah Milik Perempuan Indonesia.
 

Apa itu FINCLUSION?

Pada hari Selasa, 16 Januari 2024 Amerika Serikat, melalui Badan Pembangunan Internasional A.S. (USAID) dan Nikel Academy, penyedia pelatihan daring yang didirikan oleh PT.Impact Credit Solutions, mengumumkan peluncuran program baru untuk mendukung usaha kecil dan menengah (UKM) milik perempuan, untuk mengakses pembiayaan dan mengembangkan bisnis mereka.

Sementara itu Financial Inclusion of Women-Led Small and Medium Enterprises (FINCLUSION for W-SMEs) adalah kegiatan senilai $1,2 juta (Rp. 18,8 miliar) yang bertujuan untuk memobilisasi $50 juta (Rp.782 miliar) dalam bentuk pinjaman kepada UKM milik perempuan di Indonesia.

Perempuan Indonesia & UKM
Dari Amerika Serikat untuk wanita Indonesia

Menurut data hampir 50% seluruh UKM di Indonesia dimiliki oleh para wanita. Namun masalahnya, wanita seringkali mengalami kesulitan meminjam uang untuk berinvestasi atau mengembangkan usahanya.
Kebanyakan bank tidak memiliki strategi untuk menyasar sektor UKM, atau mengatasi tantangan spesifik UKM yang dipimpin oleh para wanita.

Wanita pemilik UKM di Indonesia umumnya menghadapi beragam tantangan dan hambatan sebagai wirausaha. Antara lain, ketersediaan layanan keuangan, prosedur untuk memproleh pinjaman, literasi digital, dan menyeimbangkan kebutuhan bisnis dengan tanggung jawab sebagai ibu rumah tangga.

Untuk mengatasi masalah ini, FINCLUSION akan mendukung UKM yang dipimpin wanita. Dukungan berupa  mempermudah mengakses informasi tentang produk keuangan. Memberikan peluang jaringan, pelatihan bisnis dan perangkat digital, sekaligus mendukung bank mitra lokal dengan layanan pinjaman digital.
Dukungan ini akan meningkatkan akses terhadap pinjaman bagi wanita Indonesia, untuk berinvestasi dalam bisnis mereka.

Peluang Besar
“Amerika Serikat melalui USAID berkomitmen untuk memajukan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan, termasuk dalam hal peluang ekonomi,” demikian ungkap Erin Nicholson,  Penjabat Direktur Misi USAID Indonesia.
Lebih lanjut Erin menyatakan, “Saya sangat antusias bermitra dengan Nikel Academy, untuk memberdayakan usaha kecil dan menengah milik perempuan di Indonesia.”

Sementara itu, Reinier Musters, Presiden Direktur PT.Impact Credit Solutions, menyatakan, “Nikel melihat peluang besar untuk memudahkan UKM yang dipimpin perempuan mendapatkan akses yang lebih baik terhadap kredit. Dan berharap berkolaborasi dengan mitra lokal untuk membuka potensi ini.”
 

Diharapkan kemitraan baru ini akan mempercepat pertumbuhan ekonomi inklusif, sekaligus memperluas kapasitas pemerintah-swasta dan berinvestasi pada pemberdayaan ekonomi perempuan.
 

Para wanita pemilik UKM dapat mengunjungi platform public FINCLUSION di https://finclusion.id/id/ untuk mengakses konten pendidikan dan perangkat untuk pertumbuhan bisnis. Platform ini dalam bahasa Indonesia.
Selamat menjemput kesuksesan wanita hebat Indonesia.***LH

Foto: U.S. Embassy & Consulates in Indonesia

#usembassyinindonesia
#usaid
#finclusion
#ukmindonesia
#wanitaukmindonesia
#ukmdanwanita
#wanitapengusaha
#ukmwanita
#wanita
#ukm



Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *