HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

INI DIA TEMPAT SERU BERBURU BUKU

Jakarta untuk urusan tempat-tempat unik memang gak ada matinya. Salah satunya tempat yang bak ‘surga’ bagi para pecinta buku.
 

Sebuah tempat yang bisa membuat para pecinta buku betah berlama-lama di sana. Bagaimana tidak, beragam varian buku – dari buku baru hingga buku klasik --terhampar di depan mata dengan harga yang ramah dompet. Ssst selain itu, bisa barter buku juga lho.
 

Di mana tempatnya? Mari kita meluncur ke arah Jaksel!

Pindahan dari Pasar Senen

Beragam buku bisa ditemui di sini
Lokasinya di daerah Blok M, tepatnya di lantai dasar Blok M Square, Jl. Melawai 5, Jakarta Selatan.
Ada yang menyebutnya sebagai Bursa Buku ada juga yang menyebutnya sebagai Pusat Buku Bekas.  
 

Yang pasti, di lantai yang berbagi dengan para penjahit dan toko-toko obat itu, toko-toko buku tersebut menjual segala macam buku dan majalah, yang baru maupun bekas (dalam kondisi yang masih layak baca). Dan yang menarik, harganya ramah di dompet dan kadang masih bisa ditawar.
 

Para mahasiswa, orangtua murid SD hingga SMA yang tinggal di Jakarta, khususnya Jakarta Selatan, sudah dipastikan sangat mengenal Bursa Buku ini. Saat menjelang tahun ajaran baru, tempat ini menjadi tujuan utama mereka, untuk mencari buku pegangan yang diwajibkan untuk dimiliki oleh siswa maupun mahasiswa.
 

Lalu bagaimana awalnya Bursa Buku ini berada di lokasi ini? Ternyata menurut beberapa para pedagang, mereka pindahan dari Pasar Senen.
Beberapa tahun lalu, pusat buku di Pasar Senen, Jakarta Pusat, terkena musibah kebarakaran. Karena kondisi di Pasar Senen itu tidak memungkinkan lagi untuk ditempati, maka mereka migrasi ke Blok M ini.

Yang Tidak Ada di Toko Buku

Di sini juga bisa jual beli buku
Begitu kita memasuki area lantai dasar itu, maka selain akan bertemu dengan kios-kios penjahit dan bordir (topi, kaos, tas dsb), kita akan bertemu berderet toku buku. Tidak semua penjual buku menempati kios khusus, lebih banyak yang menggelar dagangannya di selasar atau ruang terbuka di lantai itu. Namun tetap tertata rapi dan memudahkan kita untuk memilih-milih buku.  
 

Buku yang dipajang di sini sangat beragam, mulai dari buku pengetahuan, buku pelajaran siswa SD sampai SMA, buku wajib mahasiswa, novel dalam negeri maupun asing, beragam buku hobi, buku resep masakan, buku anak-anak, buku agama, eksiklopedia, majalah hingga beragam komik lokal maupun asing.
 

Menurut para pengunjung, mereka senang berbelanja di sini karena banyak buku yang tidak ada di toko buku, bisa didapat di sini.
Buku-buku lama, yang sudah terbilang klasik pun kadang masih dijual di sini. Begitu juga majalah-majalah favorit beberapa puluh tahun silam, kalau rajin mencari, masih bisa didapat di sini. 

Buku-buku wajib bisa didapat dengan harga bersahabat
Dan yang unik, di sini juga ada toko buku yang bersedia membeli buku koleksi kita. Jadi bila buku koleksi buku kita sudah terlalu banyak dan tidak ada cukup ruang untuk menyimpan di rumah serta tidak tahu harus diberikan kemana dan kepada siapa, solusinya bisa dijual di sini.
Selain bisa dijual juga bisa barter. Misalnya, Anda memiliki buku fiksi impor yang asli maupun terjemahan yang sudah selesai Anda baca, bisa Anda tukar dengan buku lain dengan jenis yang sama.
 

Selain itu, penjual buku di sini umumnya sangat siap membantu. Misalnya nih, di satu toko atau lapak yang Anda datangi tidak ada buku yang Anda cari, dengan senang hati penjual akan mencarikan ke penjual lainnya. Sehingga Anda tidak harus berkeliling mencari dengan menanyakan satu persatu lapak. Jadi, sambil menunggu buku yang dicari, Anda tetap bisa membaca atau memilih-milih buku di toko tersebut.

Buku-buku ini harganya hanya Rp.10 ribu
Para penjualnya di sini umumnya ramah-ramah. Mereka tidak merasa kesal kalaupun kita sudah membaca beberapa halaman buku dan menanyakan beberapa buku, namun tidak jadi membeli.
 

Sementara soal harga buku baru yang lebih murah dari toko buku, menurut penjual di sini, karena mereka disuplai langsung dari penerbit dan mendapat diskon khusus. Dan mereka mengambil untung tidak banyak per bukunya, sehingga buku yang dijual pun jadi lebih terjangkau harganya.

Juga Jual Online

Tertata rapi
Keistimewaan bursa buku di Blok M ini, rata-rata penjual bukunya paham isi buku-buku yang dijualnya.
 

Bisa jadi mereka juga membaca buku-buku yang mereka jual, setidaknya sinopsisnya. Tidak jarang pembeli berdiskusi tentang isi buku dengan mereka, sebelum memutuskan untuk membeli sebuah buku.
 

Jimmy, salah seorang penjual buku di sini, mengaku memiliki pelanggan dari beragam kalangan. Yang terbanyak, menurutnya, mahasiswa serta orang tua murid SD hingga SMA. Kebetulan mayoritas bukunya adalah buku pelajaran sekolah serta buku pegangan kuliah (terutama untuk jurusan Hukum), serta buku referensi.
 

Beberapa pelanggan bahkan hanya memesan buku lewat WA. Kalau bukunya ada tinggal transfer, buku pun dikirim melalui ekpedisi. Praktis dan ekonomis.
Memiliki sebuah lapak yang terbilang luas dengan buku tertata rapi, Jimmy langsung bisa menemukan buku yang disebutkan calon pembeli, dalam waktu hitungan menit.
 

Pedagang yang dulunya menjual buku di Pasar Senen ini mengatakan, ia bisa dengan cepat mendapatkan buku yang dicari pembeli dari sekian ratus buku yang dia jual, karena ia menyusun buku-buku tersebut berdasarkan jenis buku dan kategorinya. Sehingga ia hafal di mana dia meletakkan buku yang dimaksud pembeli.
Dengan begitu pembeli tidak perlu menunggu lama saat ia mencari buku yang dimaksud.
 

Saat pandemi melanda, para penjual buku di sini memang merasa terguncang. Sangat sedikit pengunjung  yang datang.  Namun karena umumnya para penjual buku di sini juga berjualan secara online, sehingga bisnis masih  masih tetap bisa bergerak saat kondisi tidak memungkin orang keluar rumah.
 

Dan kini, ketika pandemi sudah berlalu, pembeli sudah mulai ramai lagi  berdatangan. Terutama saat Sabtu dan Minggu.
 

Banyak pecinta buku yang menghabiskan akhir pekannya dengan santai berburu buku di sini. Juga tak sedikit orangtua yang mengajak anak-anaknya untuk memilih buku pelajaran maupun buku fiksi di tempat ini. 

Dan, bisnis buku di area ini pun kembali bersinar.***MH

Foto: MH
 

#bursabukublokmsqure
#bursabukublokmjaksel
#tokobukumurahblokm
#bursabukublokm
#bursabuku
#blokmsquare
#blokm


 

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *