HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

EVALUASI AKHIR TAHUN

 

Hari berganti dengan pasti. Tanpa terasa penghujung tahun sudah menjelang. Matahari tahun 2021 segera tenggelam. 

Bagi sebagian orang, merayakan pergantian tahun harus dengan suasana yang meriah, pesta dan makan-makan bersama teman, kerabat dan keluarga. 

Namun ada juga yang menutup tahun dengan cara yang lebih personal: merenung dan mengevaluasi diri.

Bagaimana cara evaluasi dan apa gunanya untuk diri kita?

Menata diri

Anda yang belum pernah melakukan, mungkin bertanya-tanya: apa sih gunanya mengevaluasi diri. Yang sudah berlalu ya sudah saja, untuk apa dikenang-kenang lagi?

Betul. Untuk hal-hal yang sudah terjadi, yang mungkin membuat hidup Anda kurang nyaman, tidak perlu untuk dikenang. Karena hanya seperti mengorek luka lama.

Tapi ternyata evaluasi diri menurut para pakar psikologi, perlu dilakukan. Memang sih tidak harus menunggu akhir tahun. Hanya saja memanfaatkan sebuah momen lebih dianjurkan. Misalnya saat ulang tahun kelahiran, ulang tahun penikahan, menjelang akhir tahun.

Evaluasi diri berguna untuk membantu kita bangikit dan bersiap untuk menyusun mimpi atau rencana baru dimasa depan.

Kegagalan vs keberhasilan

Beragam aktivitas sudah Anda lakoni selama hampir satu tahun ini. Tentu ada yang membuat Anda sedih, menyesal ataupun mengeluh karena mengalami kegagalam. 

Di sisi lain, ada juga yang membuat Anda tersenyum, bangga dan bahagia karena pencapaian yang tak terduga menghampiri Anda.

Dengan mengingat kembali keberhasilan dan kegagalan itu, Anda bisa memetik pelajaran berharga. Ketika Anda mengalami kegagalan, kira-kira apa penyebabnya? Apakah karena kurang persiapan, terlalu terburu-buru, terlalu cepat percaya pada orang lain?

Dan mengingat kembali apa yang membuat Anda gagal, Anda bisa mencoba untuk menghindari atau setidaknya mengurangi langkah ataupun sikap yang menurut Anda mengakibatkan kegagalan.

Misalnya, ditahun ini hubungan asmara ataupun pernikahan Anda bermasalah. Anda bisa mencoba mengingat-ingat, kira-kira apa faktor yang membuat semua terjadi. Daripada mencari kesalahan pasangan Anda, yang malah akan membuat Anda sakit hati, jauh lebih baik mengevaluasi diri. Karena hanya Anda sendiri  yang bisa memperbaiki diri. 

Mau mengakui kekurangan, kesalahan dan kemudian mencoba untuk memperbaiki adalah sikap manusia dewasa. Dan ini adalah salah satu bentuk keberhasilan Anda, karena bisa menguasai diri. 

Sehingga ketika akan menjalin hubungan baru, Anda sudah lebih percaya diri dan lebih siap untuk menghadapi kemungkinan yang akan terjadi.

Begitu juga saat Anda berhasil dalam bisnis maupun karier. Keberhasilan yang berhasil Anda raih, tentu bukan faktor kebetulan semata. Pasti ada usaha,  cara, langkah ataupun sikap yang membuat keberhasilan itu menghampiri Anda.

Saat Anda mengenang keberhasilan, Anda bisa membuat catatan bahwa cara itu bisa digunakan lagi, setidaknya bisa dijadikan patokan untuk kemudian dikembangkan.

Hal yang patut disyukuri

Tahun 2021 yang akan segera berlalu, mungkin saja banyak menyimpan kenangan sendu dalam hidup Anda.

Namun begitu kalau Anda sejenak melihat ke belakang, tentu tetap ada hal-hal yang patut Anda syukuri.

Misalnya, bisnis Anda kurang sukses setahun ini. Karena memang pandemi membuat banyak usaha tak bisa dikembangkan. Bisa bertahan saja sudah bagus. Bukan berarti kondisi ini tidak patut disyukuri. Bisnis memang tidak berkembang, namun Anda dan keluarga berhasil lolos dari badai Covid-19.

Begitu banyak keluarga, kenalan, tetangga Anda yang terdampak. Namun berkat Anda selalu berusaha menjaga diri dan mengingatkan anggota keluarga untuk selalu waspada, semua bisa terlindungi.

Demikian juga Anda yang mungkin gagal  melaksanakan rencana Anda untuk berlibur bersama keluarga, karena kondisi tidak memungkinkan. Bisa tetap bersyukur Anda dan keluarga tetap rukun dan damai. Karena banyak di luar sana keluarga yang menjadi berantakan akibat badai pandemi yang menghantam ekonomi mereka.

Mensyukuri hal sekecil apapun yang Anda capai, selama setahun belakangan ini, akan membuat Anda lebih bersemangat. Anda akan lebih optimistis menyambut tahun baru yang segera menjelang. 

Selamat  mengevaluasi diri. Selamat menyongsong keberhasilan ditahun depan.*** LK

Foto ilustrasi: Unsplash

#evaluasidiriakhirtahun

#evaluasiakhirtahun

#evaluasidiri

#akhirtahun

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *