HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

MUSIK MENGUBAH STRES JADI RILEKS


Kehidupan seseorang bagai sebuah perjalanan. Kadang jalan yang dilalui mulus, lurus dan nyaman. Dilain kesempatan, jalan berubah menjadi berbatu, berbelok-belok, berlumpur, terjal dan menyakitkan.

Namun bagaimanapun tidak nyamannya jalan, tetap harus dilewati. 

Misalnya, seminggu yang lalu Anda masih penuh kebahagiaan bergandengan mesra dengan kekasih tercinta. Tapi, tak terduga, saat ini Anda sudah mengalami patah hati. Si dia yang amat Anda cintai, baru ketahuan ternyata mengkhianati Anda. 

Sedih, kecewa, malu dan merasa tak berdaya, membuat Anda kehilangan semangat hidup. Anda stres dan rasanya tidak ingin ngapa-ngapain.  .

Kondisi yang Anda alami, bisa jadi juga dialami jutaan orang di dunia ini. Ada yang membiarkan dirinya hancur. Tapi, banyak juga yang bisa melewati masa sulit itu dengan baik dan kembali bangkit.

Salah satu cara untuk bisa segera bangkit adalah dengan mendengarkan musik. 

Bagaimana mungkin mendengarkan musik bisa mengubah rasa kecewa jadi bahagia? Dan mengusir stres? Lalu jenis musik apa saja yang bisa manjur mengubah stres jadi rileks?

Memperbaiki suasana hati

Mendengarkan musik mampu menghilangkan stres bukanlah sekadar teori. Manfaatnya sudah jelas dan tidak perlu dipertanyakan lagi.

Contoh sederhana, Anda yang sedang galau, tiba-tiba mendengar alunan musik yang indah. Seketika hati Anda merasa tenang dan nyaman, jadi lupa kalau tadi sedang galau.

Pertanyaannya, apa sebernarnya yang membuat musik membawa efek menenangkan bagi hati yang sedang galau?

Saat seseorang sedang stres maka tubuh membacanya sebagai serangan atau ancaman. Otomatis tubuh melindungi diri dengan memproduksi berbagai hormon stres seperti adrenalin dan  kortisol.

Dengan meningkatnya hormon stres dalam tubuh, efeknya adalah rasa deg-degan karena denyut jantung meningkat. Napas seperti orang ngosngosan, tekanan darah naik, jadi sulit tidur dan sulit berfikir jernih hingga kehilangan semangat hidup.

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan di The Journal of Positive Psychology, musik terbukti bisa memperbaiki suasana hati yang sedang kacau. Bahkan untuk mereka yang mengalami stres berat dan sudah mengarah ke depresi, bisa terlihat perbaikan suasana hatinya setelah sekitar dua minggu mendengarkan musik.

Bagaimana cara kerjanya?

Mungkin tidak perlu dijabarkan hasil penelitian ilmiahnya secara detail, bagaimana cara kerja musik bisa mengubah stres jadi rileks. Tapi secara singkat bisa dijelaskan di sini.

Ketika gelombang suara masuk ke dalam telinga, ditangkap oleh sel-sel di dalam telinga bagian dalam dan diubah menjadi sinyal listrik. Dan sinyal listrik ini dikirim ke otak.

Di dalam otak, sinyal listrik ini mengalir ke hipotalamus otak, tempat produksi hormon yang mengatur tekanan darah, denyut jantung serta suhu tubuh.

Nah saat merespon sinyal listrik itulah hipotalamus otak seketika bekerja meningkatkan mood bahagia dopamin dan disaat yang bersamaan menurunkan hormon kortisol.

Dengan demikian segala macam gejala yang mengisyaratkan stres, pelan-pelan menjadi reda selama musik mengalun dan Anda nikmati. Dan lambat laun, akan meningkatkan perasaan bahagia.

Rasa galau dan gundah gulana di hati pun menghilang, yang Anda rasakan perasaan tenang dan nyaman.

Musik jenis apa?

Lalu jenis musik apa saja yang bisa membantu mengubah perasaan dari galau jadi tenang?

Dari hasil penelitian, beberapa jenis musik bisa dipilih. Antara lain, musik meditasi untuk mengurangi stres. Musik pop dan jazz untuk terapi syaraf. Sedangkan musik klasik baik untuk mengatur pernapasan. Dan yang menarik, ternyata musik rock diyakini bisa meredakan rasa sakit.

Namun, ada cara yang mudah untuk memilih musik yang tepat untuk kondisi yang sedang Anda alami.

Cukup browsing di kanal Youtube, lalu ketik kata kunci jenis musik yang ingin Anda dengar. Musik untuk meningkatkan mood? Musik untuk membuat hati nyaman? Musik untuk menemani bekerja? Musik untuk membuat rileks? Musik untuk membuat pagi Anda lebih bersemangat? Musik untuk membuat tidur nyenyak? Musik untuk membuat rasa bahagia?

Beragam kata kunci bisa Anda ketik, untuk mendapatkan musik yang sesuai untuk Anda. Ketika sudah Anda temukan, coba dengarkan beberapa saat. Apakah Anda merasa nyaman setelah beberapa menit mendengarkan musik itu? Apakah berhasil membuat rasa deg degan Anda berkurang? Dan membuat semangat Anda kembali bangkit? Bila ya, berarti itulah musik yang tepat untuk Anda.

Anda bisa mengunduh musik itu, mengubahnya dari Youtube menjadi MP3 dan disimpan di HP Anda (step by stepnya bisa digoogling). Sehingga bisa Anda dengarkan disaat galau mulai melanda.

Begitu besar manfaat mendengarkan musik sebagai metode yang efektif, sekaligus murah meriah untuk menghilangkan stres. Jadi, mengapa tidak dicoba?*** KM

Foto ilustrasi: Andrea Piacquadio/Pexels

#teraspimusik

#musikmengubahmood

#mengubahstresjadirileks

#musikmenenangkan

#musikindah

#musikdanjiwa

#musik


Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *