HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

P3K DI DAPUR SEDERHANA TAPI EFEKTIF



Saat sedang asyik memasak di dapur, tiba-tiba terjadi “kecelakaan” kecil yang kadang bikin panik.

Karena panik, akhirnya penangannya tidak tepat dan berakibat pada efek yang lebih parah.

Berikut ada cara sederhana, namun efektif untuk menangani kecelakaan kecil yang sering terjadi di dapur. Ada pengalaman yang dibagikan oleh seorang pengusaha catering, juga ada ‘resep warisan’ yang sudah turun menurun.

Semoga bermanfaat.

Keciprat minyak panas

Ada beberapa bahan makanan yang saat digoreng menimbulkan cipratan kecil atau bahkan ada yang lumayan dahsyat. Misalnya, saat menggoreng ikan atau  mencemplungkan  makanan berbahan dasar tepung tapioka (tepung sagu) ke dalam minyak yang sudah panas.

Juga kalau minyak kebetulan ada unsur air, maka ketika panas akan bereaksi berupa cipratan yang cukup membahayakan.

Nah saat tiba-tiba minyak panas mengenai kulit Anda, apakah itu di wajah, di tangan atau di bagaian tubuh lain, jangan panik. Langsung ambil garam yang ada di dapur, oleskan garam di tempat yang terkena minyak panas itu secara merata.

Minyak panas akan ‘takluk’ dengan garam. Kulit yang terkena hanya akan meninggalkan warna kemerahan tapi tidak akan melepuh atau membuat kulit mengelupas.

Untuk perawatan selanjutnya bisa menggunakan salep yang khusus untuk luka bakar, agar kulit kembali normal.

Catatan: sebaiknya saat kena minyak panas jangan olesi dengan odol (pasta gigi) karena akan membuat kulit  melepuh, mengelupas dan menimbulkan bekas luka di kulit.

Tergores pisau

Sedang seru-serunya memotong sayuran atau buah, tiba-tiba tangan tergores pisau. Seketika darah mengalir deras. Tenang. Jangan panik dan melakukan hal yang salah.

Ingat-ingat apakah ada daun singkong di kulkas? Kalau ada, segera ambil  lalu remas daun singkong tersebut dan taruh di tempat luka yang berdarah. Tak berapa lama darah akan berhenti.

Setelah darah berhenti baru lakukan penanganan yang lebih lanjut.

Selain daun singkong, daun sambung nyawa (daun dewa) juga sangat efektif untuk menghentikan pendarahan. Caranya seperti daun singkong juga. Diremas lalu letakkan di atas luka yang berdarah. Tak berapa lama darah akan berhenti.

Mata keciprat cabe

Meski sudah ada blender, menggiling cabe secara manual masih banyak dipilih oleh masyarakat kita. Alasannya antara lain, sedapnya lebih keluar bila cabe digiling secara manual.

Ketika sedang menggiling cabe, kadang tidak sengaja cabe atau air cabe menciprati mata. Akibatnya mata akan terasa pedas, perih dan berair.

Spontan biasanya tangan akan mengelap atau mengucek mata yang kena cabe. Celakanya, tangan itu sudah berlumur cabe juga.  Mata pun makin terasa perih. Dan otomatis mata yang satu, yang tidak kena kecipratan, biasanya juga ikut menutup.

Kalau kejadian begitu, pelan-pelan cari lokasi air bersih. Ambil sedikit air lalu teteskan ke ibu jari kaki kanan dan kiri. Ajaib, mata akan berkurang pedihnya dan seketika membuka secara normal.

Resep ini turun temurun, yang dipercayai bukan karena ada unsur magisnya, tapi kemungkinan karena ketika kita meneteskan air ke kaki, fokus kita beralih ke kaki dan kepala kita menunduk, maka air cabe yang di mata pun jadi luruh.*** KL

 Foto: Pexels

#kecelakaandidapur

#p3kdidapur

#matakenacabe

#kecipratminyakpanas

#tergorespisaudapur

#kecelakaankecildidapur

#kecelakaan

#dapur

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *