HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

TETAP HIJAU SEGAR MESKI DISIMPAN LAMA

 


Dalam masa pandemi seperti saat ini, frekwensi belanja ke pasar atau supermarket sudah pasti sangat berkurang.

Jadi saat berbelanja harus diperhitungkan untuk stok beberapa waktu sekaligus. Misalnya belanja untuk seminggu atau bahkan sebulan.

Atau Anda yang kebetulan tinggal di negeri orang, yang harus dengan perjuangan khusus untuk mendapatkan bumbu atau daun-daun yang diperlukan. Sudah jauh, mahal pula. Jadi harus beli dalam jumlah agak banyak dan dihemat-hemat pakainya.

Lalu bagaimana agar sayuran atau daun segar yang kita beli tetap terjaga kesegarannya, meski sudah beberapa waktu di dalam kulkas?

Ikuti triknya berikut ini.

Daun Kemangi


Daun kemangi salah satu daun andalan untuk beragam hidangan Jadi teman istimewa saat makan Pecel Ayam. Kudu tersedia saat bikin Kredok dan wajib untuk bikin Ayam  Woku dan tidak bisa diskip saat bikin Sambal Tempe Kemangi.

Namun ada kekurangan daun kemangi, mudah layu dan berubah warna jadi hitam. Pagi baru beli, disimpan di lemari es eh sore sudah layu dan warna berubah kecoklatan.

Ternyata ada trik untuk membuat daun kemangi tetap hijau segar sampai beberapa hari.

Ada beberapa cara, antara lain:

1.  Petik daun kemangi sesuai kebutuhan, lalu simpan di dalam wadah dengan penutup yang kedap udara.  Simpan di chiller lemari es.

2. Taruh batang kemangi di gelas yang diisi sedikit air agar batang kemangi terendam. Tapi jangan lupa selubungi daun kemangi dengan plastik. Beri beberapa lubang agar ada udara. Taruh di rak pintu lemari es.

3. Masukkan kemangi ke dalam plastik seal. Tutup rapat. Taruh di chiller. Sebaiknya bagi  daun kemangi dalam beberapa tempat. Jadi yang dibuka sesuai kebutuhan saja.

Daun Pandan

Aroma pandan sudah banyak dijual dalam bentuk kemasan yang praktis, yakni berupa essen pandan. Tapi tetap saja ada beberapa resep masakan dan kue yang harus menggunakan daun pandan segar.

Daun pandan bisa disimpan lama dengan cara: dimasukkan ke dalam plastik seal, tutup rapat, lalu masukkan ke dalam freezer.

Bila tidak ada plastik seal bsa juga dimasukkan ke dalam wadah dengan penutup yang kedap udara. Taruh di freezer  atau chiller.

Untuk penyimpanan waktu seminggu akan tahan di dalam plastik seal cukup ditaruh di rak pintu kulkas.

Daun Bawang



Ingin membuat  telur dadar, sup sayuran, bakwan ataupun martabak akan lebih cepat kalau daun bawang sudah siap pakai.

Untuk bisa menyimpan daun bawang tetap segar cukup mudah. Karena pada dasarnya daun bawang memang tahan kesegarannya.

Daun bawang dicuci bersih lalu tiriskan dengan ditaruh di atas tisu atau lap tangan kering. Setelah airnya menyerap, baru potong-potong atau iris daun bawang sesuai kebutuhan.

Masukkan ke dalam plastik seal atau wadah dengan tutup yang kedap udara. Untuk waktu yang lama harus dimasukkan ke dalam freezer. Tapi bila untuk waktu hitungan hari atau satu minggu cukup ditermpatkan di rak kulkas saja atau di chiller.

Daun Jeruk


Aroma daun jeruk sangat membantu membuat masakan menjadi lebih sedap dan nikmat.

Daun jeruk meski sudah agak kering memang masih bisa digunakan, tapi untuk membuat masaknan, antara lain: Peyek atau Nasi Jeruk dibutuhkan daun yang segar.

Daun jeruk bisa disimpan tetap hijau segar dengan dimasukkan ke dalam plastik seal atau wadah dengan tutup yang kedap udara.

Cukup disimpan di chiller atau bahkan di rak kulkas, daun jeruk akan tahan kesegaran dan kehijauannya.

Daun Pisang

Salah satu daun yang paling sulit dicari saat kita berada di luar negeri adalah daun pisang. Kalaupun ada biasanya sudah beku dan warnanya sudah berubah kecoklatan dan harganya bikin ingin pulang kampung.

Kalau kebetulan Anda dapat daun pisang bagus, agar bisa disimpan lama ada triknya.

Lap daun pisang hingga tidak ada air yang menempel. Lalu bungkus daun pisang dengan tisu makan sampai seluruh tertutup rapat. Masukkan ke dalam plastik seal yang cukup lebar, sehingga daun pisang tidak terlipat.

Simpan di dalam freezer untuk waktu lama. Kalau untuk waktu kurang dari seminggu bisa ditaruh di chiller.*** LL

Foto: Ist

#menyimpandaun

#dauntetapsegar

#dauntetaphijau

#trikmenyimpandaun

#agardauntetapsegar

#daunpisang

#daunpandan

#daunkemangi

#daunjeruk

#daunpisang

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *