HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

ANGELA MERKEL, PEMIMPIN SEDERHANA YANG DICINTAI RAKYATNYA

 

Menjadi pemimpin memang bukan hal yang mudah. Apalagi memimpin sebuah negara maju.

Tuntutan tentu sangat tinggi. Rakyat yang mayoritas memiliki pendidikan tinggi, tentu harapannya juga sangat tinggi pada sang pemimpin.

Namun seorang wanita Jerman, Angela Merkel membuktikan bahwa ia tak hanya sukses sebagai pemimpin negara, tapi juga amat dicintai oleh rakyatnya.

Hal itu terbukti ketika ia akan mengakhiri masa jabatannya. Seluruh rakyat Jerman bersatu padu, melepas sang pemimpin dengan cara yang amat menyentuh kalbu.

Mereka rela berdiri di balkon dan memberikan tepuk tangan hangat untuk Angela selama 6 menit tanpa henti.

Berikut fakta-fakta menarik tentang Angela Merkel, seperti dikutip dari berbagai sumber.

1. Memimpin selama 16 tahun

Angela Merkel saat baru dilantik sebagai Kanselir Jerman dan saat akan mengakhiri jabatannya. (Foto: DW)

Memiliki nama lengkap Angela Dorothea Merkel, wanita kelahiran Hamburg, Jerman, 17 Juli 1954 ini, sudah memimpin Jerman  selama 16 tahun.

Tepatnya Angela memulai jabatannya sebagai Kanselir Jerman pada  tahun 2005. Dan akan mengakhiri jabatannya pada September 2021.

2. Tepuk tangan 6 menit  

Bertepuk tangan selama 1 menit sudah cukup pegal. Tapi masyarakat Jerman seperti tidak mau berhenti memberikan tepuk tangan hangat untuk sang pemimpin, sebagai bentuk ungkapan terima kasih, sekaligus selamat tinggal untuk Angela Merkel.

Sejarah mencatat, baru kali ini seluruh rakyat Jerman keluar ke balkon apartemen mereka dan bertepuk tangan selama 6  menit. Peristiwa bersejarah itu terjadi saat Angela Merkel berpamitan kepada rakyat Jerman, pada 16 Januari 2021.

Sebuah standing ovation yang dilakukan secara bersamaan di seluruh penjuru Jerman.

Sementara saat Angela pamit untuk undur diri dari jabatannya sebagai Ketua Partai, keputusannya itu diiringi tepuk tangan dari anggota partai selama 10 menit.

3. Diakui kejujurannya

Angela Merkel dikenal sebagai pemimpin 80 juta rakyat Jerman yang jujur, penuh dedikasi,  kompetensi dan ketulusan.

Menggambarkan kejujurannya, media Jerman menyebutkan dia tidak pernah menunjuk satu pun kerabatnya untuk menduduki jabatan, selama  ia menjabat sebagai Kanselir 16 tahun lamanya.

4. Hidup sangat sederhana

Meski menjadi pemimpin sebuah negara maju yang kaya, Angela Merkel tetap menjalankan gaya hidup sederhana.

Padahal politikus yang mantan ilmuwan peneliti Jerman ini, menjadi wanita paling berpengaruh di dunia.

Ia tidak memiliki rumah yang megah ataupun mobil mewah. Angela dan suaminya tinggal di apartemen yang sama saat ia dilantik sebagai Kanselir Jerman, enam belas tahun silam.

5. Model busana selalu sama

Sebagai wanita pemimpin dunia yang selalu disorot kamera, Angela tampak selalu mengenakan busana yang modelnya sama, hanya warnanya saja yang berbeda.

Yaitu setelan klasik dengan warna-warna dasar. Pernah seorang jurnalis bertanya, mengapa ia selalu mengenakan busana dengan model yang sama? Dengan tegas Angela menjawab,”Saya ini petugas pemerintahan, bukan model!”

Tidak hanya model busananya yang selalu sama, model rambutnya juga tak pernah berubah selama 16 tahun. Rambut potongan pendek, rapi. Gaya yang sangat formal dan efisien.

6. Tidak punya ART

Rasanya sulit dipercaya seorang pemimpin tinggi dunia tidak memiliki asisten rumah tangga.

Namun itulah pengakuan Angela pada wartawan yang mewawancarainya, “Saya tidak punya dan merasa tidak perlu seorang asisten rumah tangga. Saya dan suami mengerjakan semua pekerjaan rumah tangga bersama setiap hari.”

Lalu, siapa yang mencuci pakaian? Angela menjelaskan, bahwa dia yang menyusun pakaian dan suaminya yang memasukkan ke mesin cuci.

Biasanya Angela mengerjakan di malam hari. Dan ia bersama suaminya, sama sekali tidak berkeberatan mengerjakan semuanya sendiri.*** MHT        

Foto utama: Wikimedia Commons

#pemimpinjerman

#wanitapemimpinjerman

#kanselirangelamerkel

#kanselirjerman

#angelamerkel

#wanita

#jerman

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *