HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

MARI ULURKAN TANGAN UNTUK ISOMAN

Saat ini jumlah mereka yang terdampak Covid-19 kian tinggi. Bila kita membaca di media juga dengar berita-berita di sekitar kita, tidak sedikit satu rumah yang seluruh anggota keluarga semua terkena Covid.

Mengingat rumah sakit sudah hampir terisi penuh, hanya mereka yang dengan gejala berat yang bisa dirawat di rumah sakit.  

Jadi mereka yang dinyatakan positif dan bergejala ringan, diminta untuk isolasi mandiri (isoman) di rumah.

Bila ada tetangga atau mereka yang berada di lingkungan Anda sedang isoman, apalagi sekeluarga, mungkin Anda bisa memberi bantuan.

Antara lain berikut ini.

Memberi perhatian

Dalam satu RT atau RW umumnya ada WAG. Informasi tentang kondisi lingkungan deras mengalir di WAG tersebut.

Yang kini makin sering bisa ditebak adalah informasi mengenai siapa di lingkungan tersebut yang sedang terdampak Covid-19.

Bila Anda kebetulan termasuk yang beruntung,  masih terlindungi dan bertahan dari serangan Corona, selain bersyukur dan tetap waspada dengan terus menjaga prokes, sebaiknya juga tidak mengggap berita itu sekadar berita.

Jadi tidak hanya dibaca dan bilang: kasihan ya  Pak atau Bu ini kena Covid. Tapi sebaiknya sedikit memberi perhatian. Misalnya, mengirim teks WA dengan menyampaikan simpati. Serta mendoakan serta memberi semangat semoga cepat pulih.

Membantu semampunya

Bila memungkinkan  Anda bisa  sedikit memberi bantuan, tentu jauh lebih baik. Jadi, selain memberi perhatian dengan mengirim ucapan simpati dan doa, Anda bisa memberi sedikit bantuan.

Misalnya, menanyakan apakah mereka sudah melapor ke Ketua RT, Puskes atau Satgas Covid-19 terdekat. Bila belum, mungkin Anda bisa menawarkan diri untuk membantu melaporkan.

Mintalah data siapa saja yang sakit dan kondisinya bagaimana. Lalu Anda laporkan kepada RT,  Puskes atau Satgas, sehingga yang sakit segera bisa mendapat pertolongan. Mereka bisa segera didata dan mendapat suplai berupa obat dan vitamin yang mereka perlukan untuk bisa segera pulih.

Membantu mengirim makanan

Tidak sedikit saat ini satu rumah yang terdampak seluruh anggota keluarga. Mereka tidak mungkin untuk bisa keluar mencari makanan. Padahal untuk bisa segera pulih selain harus makan obat dan vitamin, mereka harus makan secara teratur, mulai dari sarapan, makan siang dan makan malam yang bergizi.

Bila mereka memiliki keluarga atau kerabat yang tinggal tidak jauh dari tempat tinggal mereka, tentu tidak masalah. Keluarga mereka pasti akan segera membantu.

Masalahnya, kalau keluarga tersebut tidak memiliki kerabat yang bisa diminta bantuan, tentu uluran tangan dari tetangga terdekat adalah harapan mereka satu-satunya.

Bila memungkinkan, sampaikan inisiatif Anda ke lingkungan untuk menghimpun bantuan kepada mereka yang isoman. Bila ternyata tanggapan dari tetangga lain tidak terlalu antusias, mungkin karena kondisi finansial mereka juga sedang kurang baik, Anda bisa bergerak sendiri, semampunya.

Anda bisa fokus membantu satu keluarga yang paling dekat dengan rumah Anda dulu. Sampaikan bahwa Anda ingin membantu dengan mengirimkan makanan juga vitamin. Bila memungkinkan baru membantu keluarga lain.

Saat Anda memasak bisa dilebihkan, lalu packing dengan proper dalam wadah sekali pakai atau yang bisa dicuci. Anda bisa kirim makanan untuk sarapan, makan siang ataupun makan malam.

Satu paket makanan kotak sudah sangat membantu mereka. Jangan menganggap bantuan Anda tidak seberapa. Bagi yang sedang terkapar sakit, perhatian dan bantuan sekecil apapun amat sangat berharga.

Jadi, bila Anda baru saja membaca di WAG lingkungan Anda ada yang dinyatakan positif Covid, segeralah bergerak. Apapun bantuan yang bisa Anda lakukan, jangan tunda. Setidaknya, sampaikan ucapkan simpati dan harapan agar segera pulih.

Sekecil apapun bantuan Anda, akan menghibur mereka yang sakit. Karena perhatian yang tulus akan menjadi ‘obat paling manjur’ untuk mereka yang sedang mendapat ujian berupa penyakit.*** MHK

Foto ilustrasi:Pexels/Nandhu Kumar

#membantuisoman

#membantutetangga

#isolasimandiri

#ulurkantangan

#bantuan

#isoman

 

 

 

 

 

 

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *