HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

MANFAAT BERSEPEDA UNTUK WANITA

Olah raga bersepeda kini makin banyak digemari. Apalagi prasarana untuk menggunakan sepeda sebagai  kegiatan olah raga maupun transportasi  kini makin dikembangkan.

Seperti di Jakarta, tahun ini terus ditambah panjang lintasan jalur sepeda baru, hingga akan ada 170 km jalur sepeda tahun ini.

Dengan jalur sepeda yang makin panjang, sangat sayang kalau kegiatan bersepeda dilewatkan. Apalagi untuk wanita ternyata manfaatnya cukup banyak.

Ini dia beberapa diantaranya yang dirangkum dari berbagai sumber.

Sehat dan melangsingkan

Ketika Anda rutin bersepeda, selain menyehatkan jantung serta mengurangi risiko stroke, keuntungan lain yang Anda dapatkan adalah membantu membuat tubuh Anda langsing.

Karena bersepeda sangat membantu menurunkan kadar lemak di tubuh.

Namun memang, cara bersepeda yang bisa menurunkan berat badan dan bersepeda sekadar untuk bersantai sangat berbeda.

Untuk bisa menurunkan berat badan saat mengayuh sepeda Anda harus lebih cepat. Dengan gerakan mengayuh yang lebih cepat maka tubuh menggunakan energi lebih banyak.

Ketika Anda bersepeda dengan gerakan mengayuh cepat selama 1 jam, Anda sudah membakar sekitar 400 – 1000 kalori.  

Makin banyak kalori yang dibakar, makin besar kemungkinan angka timbangan badan Anda makin banyak turunnya.

Mengurangi risiko penyakit keturunan

Anda yang mungkin mewarisi penyakit seperti kanker, jantung dan diabetes, sangat dianjurkan untuk menjalankan kegiatan bersepeda ini.

Karena olah raga bersepeda sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan dan saya tahan tubuh, maka mereka yang berisiko tinggi mengidap penyakit keturunan sangat baik menjalankan olah raga ini.

Meskipun penyakit keturunan tidak bisa dicegah, namun maka mereka yang berkemungkinan mengidap penyakit jantung, kanker payudara dan diabetes karena keturunan, akan mengurangi  risiko buruk  dari penyakit tersebut.

Membuat rileks & bahagia

Bersepeda membuat badan sehat dan pikiran rileks
Saat bersepeda, apalagi menjelajah wilayah-wilayah baru, akan membuat Anda merasa rileks. Tekanan atau beban mental yang mungkin selama ini Anda rasakan akan berkurang.

Hal ini karena fokus Anda beralih dari hal-hal yang membuat Anda stres: pekerjaan, masalah rumah tangga, finansial dan sebagainya, kepada apa yang Anda lihat dan rasakan saat bersepeda.

Apalagi bila Anda bergabung dalam sebuah komunitas yang menjadikan kegiatan bersepeda sebagai bagian dari sarana melakoni kegiatan sosial. Anda akan merasa hidup Anda lebih bermakna, sehingga memicu keluarnya hormon endorfin yang merupakan hormon kebahagian.

Stres hilang, kegiatan sosial dan beramal pun tersalurkan.

Menyamankan saat haid

Anda termasuk wanita yang paling menderita saat sedang haid, misalnya nyeri perut, sakit perut yang sangat menyiksa (keram perut)? Anda bisa mencoba olah raga sepeda.

Karena banyak testimoni dari para wanita yang menjalankan olah raga sepeda, rasa nyeri perut dan keram perut yang mereka alami saat menjelang atau saat haid, sangat berkurang setelah rutin menjalankan olah raga sepeda.

Masa haid yang sebelumnya sangat menyiksa, pelan-pelan sudah makin nyaman berkat rutin bersepeda.

Menghilangkan insomnia

Asyiknya olah raga bersepeda bisa sambil menikmati destinasi wisata dalam kota.
Sejak pandemi melanda, keluhan yang paling banyak diungkapkan warga dunia adalah insomnia atau sulit tidur.

Dan ternyata, kaum wanita yang paling banyak terserang insomnia. Mungkin karena wanita terbiasa menangani dan melakukan beberapa hal sekaligus, sehingga ketika belum ada solusi, di saat jam istirahat pun mereka masih asyik berfikir.

Berawal dari insomnia bila tidak ditangani segera, kemungkinan penyakit lain akan hadir. Nah, untuk mencegahnya, ternyata cukup menjalankan olah raga bersepeda ini.

Karena bersepeda akan membuat tubuh Anda segar dan bugar, sehingga otomatis tubuh merasa rileks dan Anda pun lebih mudah untuk tidur nyenyak.

Begitu banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan bersepeda. Jadi mengapa tidak segera dimulai? Semangat!*** MH

Model: Holly

Fotografer: Ricky

 

#manfaatbersepeda

#sepedasehat

#sepadauntukwanita

#wanitabersepeda

#wanitadansepeda

#sepeda

#wanitasehat

#sepeda

#sehat

#wanita

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *