HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

NIKMATUL ROSIDAH HANYA PAKAI SMARTPHONE JADI YOUTUBER NGETOP DI ASIA

 

Tidak sedikit emak-emak sekarang yang aktif membuat channel Youtube. Mereka dengan pede merekam semua kegiatannya sehari-hari sebagai ibu rumah tangga. Mulai dari beberes rumah, membagi resep masakan, cara membersihkan rumah hingga bagaimana menyimpan makanan di dalam kulkas.

Tidak merasa perlu menggunakan alat perekam canggih, mereka cukup menggunakan smartphone nya. Membuat video sampai mengedit dan upload video.

Hasilnya? Subscribernya mencapai angka satu juta lebih, hingga berhak menerima Gold Play Button dari Yotutube, impian semua Youtuber,  dan tentu saja mendapat penghasilan yang lumayan.

Salah satu emak-emak yang berhasil sebagai Youtuber hanya bermodal smartphone  adalah Nikmatul Rosidah.

Berikut kisahnya hingga sukses sebagai Youtuber dan dikenal di Asia.

Awalnya hanya untuk dokumentasi

BBQ di beranda rumah bersama putri tercinta. (Foto: Youtube/Nikmatul Rosidah)
Berawal pada tahun 2013, Nikmatul yang menikah dengan pria Kanada dan menetap di Hong Kong ingin mendokumentasikan kegiatan anak-anaknya. Maka ia pun membuat video dengan menggunakan HP nya lalu ia upload ke Youtube, untuk kenang-kenangan dimasa depan.

Ternyata sambutan penonton cukup bagus. Maka tahun 2015 ia mulai mengupload video masak-memasak.

“Saat itu video masak masih belum banyak, jadi suami saya sarankan untuk membuat video masak. Betul ternyata sambutan penonton makin bagus,” ungkapnya saat diwawancara tv CNN Indonesia beberapa waktu lalu.

Dalam video masaknya Nikmatul tidak terlalu mengutamakan penampilan ataupun estetika penyajian. Menurut Mbak Nik, demikian ia disapa para subscribernya, masakannya adalah untuk keluarga. Jadi yang ia tampilkan adalah realita saat memasak untuk keluarga. “Yang penting rasanya enak,” jelasnya.

Tempat tinggalnya di bukit 

Rumahnya di atas bukit di Hong Kong (Foto: Youtube/Nikmatul Rosidah)
Sebelum menikah dengan seorang warganegara Kanada, Nikmatul  adalah TKW di Hong Kong. Bertemu dengan sang suami Paul Dobson, yang bekerja sebagai guru  di Hong Kong, lalu mereka menikah dan tinggal di Hong Kong. Hingga saat ini Nikmatul sudah sekitar 20 tahun tinggal di Hong Kong.

Yang menarik, keluarga  Dobson ini tinggal di atas bukit. Jadi untuk mencapai rumah tinggal mereka, harus menapaki tangga berjenjang yang lumayan tinggi Meski di atas bukit tapi lokasi rumah mereka sangat strategis, hanya jalan sekitar 3 menit sudah sampai di pusat kota.

Nikmatul  pergi berbelanja melewati tangga yang di kanan kirinya masih seperti hutan, masih ada monyet berkeliaran juga sesekali muncul babi hutan. Kegiatan kesehariannya itu sudah bisa menjadi konten yang menarik.

Belum lagi saat dia pulang dari belanja membawa belanjaan yang super berat. Saat itulah terlihat perjuangannya dalam membuat konten: mengangkat belanjaannya yang berat sambil mendaki bukit saja sudah menguras tenaga, belum lagi dia menenteng HP sambil memvideokan perjalanan dari bawah hingga sampai ke rumahnya.

Sambil terengah-engah ia menceritkan bagaimana naik turun bukit itu adalah kegiatan rutinnya setiap waktu. Memang kadang saat suaminya sedang libur dari mengajar, ia dijemput di bawah. Hingga barang belanjaan yang berat itu pun dibawakan oleh suaminya.

Di dekat rumahnya juga ada destinasi wisata Patung Seribu. Beberapa kali Mbak Nik juga ‘mengajak’ penonton channelnya untuk jalan-jalan ke lokasi wisata Patung Seribu, yang memang menampakkan sekian banyak patung yang menggambarkan beragam dewa.

Setiap kegiatan jadi konten

Makan bersama keluarga. (Foto: Youtube/Nikamtul Rosidah)
Wanita asal Blitar ini tampaknya tipe wanita kreatif yang pandai memanfaatkan waktunya. Terbukti ia rajin sekali membuat video dan upload di Youtube. Bisa dibilang setiap kegiatan bisa ia jadikan konten.

Tidak hanya kegiatan yang ‘formal’ seperti memasak, berwisata bersama keluarga ataupun berbelanja. Bahkan saat mengambil daun pisang di sekitar rumahnya pun bisa jadi konten.

Tak heran bila selama lebih dari 7 tahun, yang dihasilkannya sudah lebih  dari 1400 video. Meski hanya menggunakan smartphone untuk membuat video hingga mengeditnya, toh hasilnya tidak kalah dengan Youtuber yang menggunaka kamera canggih.

Bukan hanya membuat bangga sang suami tercinta dan ketiga anaknya yang sudah menjelang remaja. Tapi juga para subscriber nya pun turut bangga saat wanita yang masih medok bahasa Jawa nya ini pun menerima Gold Play Button, sebuah penghargaan dari Youtube untuk Yotububer yang sudah mencapai angka 1 juta subscribers. Saat tulisan ini  dibuat subscribernya sudah mencapai 1,42 juta.

Ketika ada yang bertanya apakah sebagai Youtuber penghasilannya sudah melebihi gaji suaminya? Dengan tegas Nikmatul membantah. “Nggak lah gaji saya dari Youtube cukup tapi tidak sampai melebihi gaji suami.” Setelah didesak berapa kisaran penghasilannya dari Youtube, ia pun menyebut paling tinggi sekitar Rp. 100 juta/bulan.

Ngetop di Hong Kong dan Asia

Saata diwawancarai oleh South China Morning Post (Foto: Youtube/SCMP)
Baru-baru ini South China Morning Post membuat berita tentang Nikmatul sebagai Youtuber wanita dari Indonesia yang populer di Hong Kong dan Asia,

Setelah media itu membuat kisahnya, sederet media di Indonesia, menulis tentangnya. Begitu juga stasiun televisi swasta  Indonesia pun mewawancarainya. Melalui zoom mereka membuat wawancara seru dengan Nikmatul dan keluarga.

Saat wawancara akan berlangsung, Nikmatul sempat deg-degan takut wifi di rumahnya tiba-tiba bermasalah. Syukurnya wawancara berlangsung lancar sampai selesai.

Sudah menjadi Youtuber wanita Indonesia kenamaan di luar negeri, Nikmatul kadang tidak sadar bahwa ia sudah memiliki banyak penggemar. Hal itu baru ia sadari ketika ia pulang kampung ke Indonesia.

Beberapa orang mengenalinya dan memanggil untuk minta foto bersama. Bahkan petugas Imigrasi pun mengenali dirinya.

“Tidak hanya di Indonesia, yang mengenali saya juga ada di Malaysia dan Singapura. Saya tidak menyangka, saya pikir mereka hanya mengikuti video saya tapi tidak mengenali saya,” ungkapnya dalam wawancara di televisi CNN Indonesia baru-baru ini.

Seperti kata bijak yang mengatakan: siapa yang telaten akan memanen. Tampaknya saat ini Nikmatul sedang memanen hasil ketelatenannya sebagai Youtuber.*** LI

Foto: Youtube/Nikmatul Rosidah

#nikmatulrosidahyoutuberdarihongkong

#youtubernikmatulrosidah

#youtuberindonesiadihongkong

#emakemakyoutuber

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *