HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

LEBIH DEKAT DENGAN PASTA

 

Spageti salah satu hidangan Italia yang paling populer di seluruh dunia. Dan spageti sebetulnya nama salah satu dari beragam pasta yang ada. 

Oleh karenanya setelah diolah spageti memiliki nama tambahan, sesuai dengan jenis bumbu atau sausnya. Seperti spageti bolognese adalah spageti dengan saus daging cincang lalu di atasnya ditaburi keju parut.

Anda yang baru mulai belajar memasak, mungkin membuat hidangan dari pasta bisa jadi pilihan. Mengingat mengolah hidangan berbasis pasta umumnya cukup praktis dan hasilnya cantik plus kelezatannya tak perlu diragukan.

Ternyata di negara asalnya ada lebih dari 600 jenis pasta.  Dan hanya ada  beberapa jenis  yang bisa kita jumpai di pasar swalayan di sekitar kita. Mari kita kenalan lebih dekat dengan pasta. 

Tahan lama

Pasta dibuat dari tepung terigu semolina, yakni merupakan hasil gilingan biji gandum dicampur dengan telur sehingga warnanya kuning cerah. Pasta bila dimasak dengan benar akan menghasilkan tekstur yang sedikit kenyal.

Pasta kering disimpan bisa tahan lebih dari 3 tahun. (Foto: Unsplash/Alyssa Li)
Umumnya pasta dijual dalam bentuk kering di dalam kemasan. Bentuk pasta yang standar seperti spageti, dihasilkan oleh mesin yang mendorong keluar adonan pasta melalui lubang-lubang saringan. Sedangkan bentuk pasta yang lebih bervariasi didapat dari pasta berbentuk lembaran, lalu dicetak dengan bentuk sesuai yang diinginkan.

Pasta kering bisa tahan lama, bila disimpan dengan baik bisa tahan hingga 3 tahun lebih. Di restoran Italia biasanya kita melihat pasta kering menjadi elemen aksesori interior. Misalnya beragam bentuk pasta disimpan di dalam toples transparan dan diletakkan di rak yang menjadi pembatas ruangan. Selain cantik juga bisa menggugah selera pengunjung resto.

Dan ternyata ada lebih dari 600 jenis pasta yang ada di Italia. Menariknya, setiap tahun ada saja muncul pasta model baru. Nama jenis pasta umumnya diambil berdasarkan bentuk dalam bahasa Italia.

Berikut beberapa diantaranya

Spageti

Ini adalah jenis pasta yang paling banyak dikenal di seluruh dunia, karena memang hidangan yang menggunakan pasta spageti nyaris ada di seluruh restoran atau kafe yang menyediakan hidangan internasional.

Spageti hidangan pasta paling populer di resto dan kafe. (Foto: Unsplash/Mahmoud Fawzy) 
Spaghetti adalah pasta yang bentuknya panjang-panjang seperti mi, dalam bahasa Italia spaghetti artinya tali atau kecil.

Yang mirip spageti tapi berbentuk pipih disebut linguine. Sedangkan yang panjang-panjang tapi agak tebal disebut fettucine, bila agak tebal tapi lebih kurus sedikit disebut vermicelli.

Macaroni

Bentuk pasta macaroni bisa lurus atau melengkung dengan lubang di tengahnya. Jenis pasta ini sudah sangat akrab di telinga orang Indonesia. 

Olahan pasta macaroni  (Foto: Unsplash/Karolina Kolodziejczak)
Olahan pasta macaroni seperti Macaroni Schotel panggang maupun kukus sangat populer. Selain itu macoroni juga sering dijadikan sebagai isian sup.

Lasagna

Mungkin inilah pasta yang paling sering dihidangkan dalam pesta-perta di Indonesia. Lasagna adalah pasta yang berbentuk datar dan lebar.

Pasta lasagna (Foto: Pixabay)
Umumnya lasagna disajikan dalam bentuk lembaran yang disusun berlapis yang diisi dengan sayuran, daging dan keju lalu dipanggang di oven hingga matang dan kejunya meleleh.

Penne

Pasta satu ini bentuknya seperti pena atau tabung berukuran kecil yang dipotong diagonal. Dalam bahasa Latin penne artinya bulu atau pena.

Hidangan pasta penne (Foto: Unsplash/Karolina Kolodziejczak)
Penne selain berwarna kuning kadang ada juga yang berwarna lain, sesuai dengan bahan campurannya. Seperti warna merah dari beetroot dan warna hijau dari bayam serta warna hitam dari tinta cumi-cumi.

Farfalle

Salah satu jenis pasta yang bentuknya cantik seperti kupu-kupu atau dasi kupu-kupu. Farfalle sendiri dalam bahasa Italia berarti kupu-kupu. Itulah sebabnya pasta ini sering disebut sebagai pasta kupu-kupu.

Farfalle  pasta yang cantik bentuknya. (Foto: Unsplash/Bozhin Karaivanov)
Farfalle juga ada variasinya. Bila ukurannya lebih besar disebut dengan farfallone, sedangkan yang lebih kecil disebut dengan farfalline.

Selain diolah menjadi hidangan pasta dengan saus krim yang lezat ataupun saus lada hitam, farfalle juga dapat diolah menjadi salad dengan campuran sayuran dan daging dengan saus kental ataupun saus bening.

Pasta jenis ini juga menjadi favorit para ibu untuk menjadi hidangan si kecil, karena bentuknya yang lucu sehingga menggugah selera mereka untuk menikmatinya.*** L- L

Foto utama: Unsplash/Immo Wegman


Tags:

#ragamhidanganpasta

#beragampasta

#anekapasta

#mengenalragampasta


 

 

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *