HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

KEGIATAN SEDERHANA YANG BIKIN BAHAGIA

 

Ketika beragam permasalahan melanda kehidupan, rasa tertekan, gelisah dan stres pun menjadi bagian dari keseharian. Jangan dibiarkan. Karena hal itu hanya mendatangkan berbagai penyakit.

Disaat pandemi seperti sekarang ini, kesehatan adalah harta yang tak terhitung nilainya. Menjaga kesehatan adalah keharusan yang tak bisa ditawar. 

Tak hanya kesehatan fisik tapi juga jiwa. Meski berbagai kesulitan dan benturan datang silih berganti, tak ada alasan untuk membiarkan diri terbenam di dalamnya. Bangkit dan benahi diri dengan melakukan kegiatan yang membuat hidup lebih bersemangat.

Ada beberapa kegiatan sederhana yang bisa dilakukan, efeknya terbukti membuat jiwa tenang, damai dan bahagia.

Memberi makan hewan  

Ternyata memberi makan hewan, apakah itu hewan peliharaan ataupun hewan liar yang ditemui di jalanan, bukan sekadar kesenangan. Tapi juga bermanfaat untuk kesehatan.

Memberi makan hewan liar ternyata bisa mendatangkan kebahagiaan. (Foto: Pexels/Kabdong Kim)
Saat Anda memberi perhatian kepada hewan, bermain dengan mereka dan kemudian memberi makanan, Anda akan melepaskan hormon bahagia ke otak. Hal inilah yang akhirnya membantu memperbaiki suasana hati atau mood Anda.

Itulah sebabnya di Jakarta  belakangan ini sering kita temui orang-orang yang dengan sengaja memberi makanan kucing liar di pinggir jalan. Sambil jalan pagi atau saat perjalanan ke kantor, begitu bertemu dengan kucing-kucing liar di jalan, spontan mereka membuka tas dan memberikan camilan kepada para hewan lucu itu.

Mungkin awalnya terlihat aneh. Iseng banget, begitu mungkin pendapat orang yang melihat. Padahal, sebetulnya mereka yang melakoni merasa senang, bahagia dan suasana hatinya menjadi berubah-- yang semula mungkin sedang gundah menjadi tenang dan bahagia-- saat melihat para kucing yang diberi makan dengan lahap menyantap makanan yang dia berikan.

Terapi memberi makan hewan hewan sebetulnya bukan hal yang baru. Di luar negeri sudah menjadi salah satu saran yang diberikan oleh para ahli jiwa, untuk mereka yang sedang mengalami stres bahkan mereka yang menderita stroke.

Hasilnya memang sangat menggembirakan. Mereka yang semula dalam tekanan batin yang berat, setelah menjalani terapi memberi makan hewan liar, secara perlahan menjadi pulih. Karena terbukti berinteraksi dengan hewan akan membuat detak jantung relatif rendah dan tekanan darah menjadi stabil.

Berkebun

Selain sebagai hobi yang mengasyikkan, berkebun juga sangat berguna untuk kesehatan tubuh dan jiwa.

Penelitian menyebutkan bahwa berkebun adalah cara yang sangat bagus sebagai latihan menerima sesuatu dengan iklas. Dan yang menarik lagi, saat kita bercocok tanam akan membuat kita memahami bahwa tidak ada sesuatu yang sempurna.

Berkebun kegiatan yang menenangkan jiwa (Foto: Pexels/ Cottonbro)
Saat berkebun kita akan dihadapkan pada sebuah proses bagaimana sebuah tanaman dari berupa bibit menjadi tumbuh. Namun, di perjalanannya kita harus siap tidak semua sesuai dengan harapan. Mungkin tumbuhnya tidak bagus, daunnya tidak selebat yang kita harapkan. Pelajaran yang bisa dipetik adalah, segala sesuatu harus diupayakan, namun bila hasilnya belum maksimal, kita harus iklas dan mencoba untuk instrospesi kira-kira apa yang harus diperbaiki.

Dan ketika tanaman yang kita tanam tumbuh subur, perasaan bahagia dan bangga akan menjadi bonus dari upaya yang sudah dilakukan. Memandang hasil karya dengan rasa menyenangkan adalah sebuah terapi batin yang sangat efektif.

Berbagi untuk sesama

Selama ini mungkin Anda sibuk dengan masalah Anda sendiri dan hal itu kadang membuat batin Anda letih. Bagaimana bila mulai hari ini mencoba mengalihkan perhatian ke sekitar Anda.

Adakah tetangga, kerabat ataupun kenalan yang kondisi finansialnya tidak seberuntung Anda?  Bila ada, cobalah ulurkan bantuan Anda kepada mereka. Mungkin jumlahnya tidak harus langsung besar, sesuaikan dulu dengan kemampuan Anda.

Karena berbagi dengan sesama amat bermanfaat untuk kesehatan mental. Memberi efek kesenangan pada diri dan menimbulkan perasaan bahagia. Selain tentunya membuat Anda bersyukur, karena ternyata kondisi yang sedang Anda alami saat ini tidak seburuk seperti yang Anda pikirkan. Masih banyak orang lain yang lebih menderita daripada Anda.

Sedekah adalah bentuk rasa syukur yang membawa bahagia. (Foto: IslamposAid)
Mungkin bila Anda perhatikan di sekeliling Anda, mulai bermunculan gerakan berbagi, seperti memberi sembako, bersedekah nasi bungkus di hari Jumat ataupun sekadar memberi air minum dalam kemasan kepada para pejalan kaki. Semua itu dilakukan bukan untuk mencari pujian, tapi demi kemanusian dan pada akhirnya untuk ketenangan dan kebahagiaan diri sendiri.

Dengan menjalankan salah satu dari tiga saran di atas, yakinlah Anda tak perlu repot mencari hiburan agar merasa bahagia. Atau minum obat tidur hanya supaya bisa tidur nyenyak. Karena terapi sederhana ini sudah terbukti kemanjurannya. Dan mereka yang sudah melakukannya, akan berusaha terus dan terus menjalankan sesuai kemampuan. Karena tak hanya membuat jiwa tenang tapi juga rezeki yang mungkin tadinya berat menjadi lebih ringan dan lancar.*** L-K

Foto utama: Pexels/Jill Wellington

#kegiatanbikinbahagia

#berbagiituindah

#senangnyabisaberbagi

#sedekahterapijiwa

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *