HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

MENGUPAS MANFAAT APEL UNTUK KECANTIKAN

 

Apel adalah buah yang bagus untuk kesehatan, tentu kita sudah tahu. Tapi ternyata apel juga sangat bermanfaat untuk kecantikan.

Seberapa besar manfaat apel untuk kecantikan? Mari kita kupas sama-sama buah apel: apa saja nutrisi yang dikandungnya dan seberapa banyak sebaiknya kita konsumsi agar terasa khasiatnya?

Bikin awet muda

Kalau selama ini kita hanya mengenal buah apel sebagai buah yang segar dan mengandung vitamin C, ternyata setelah dikupas, apel memiliki sederet kandungan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Apel tidak hanya kaya akan vitamin C, tapi juga mengandung vitamin A, vitamin K, Kaliun dan tinggi serat.

Selain itu, apel juga memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Dengan mengonsumsi apel setiap hari tidak hanya membuat kita sehat, sehingga menjauhkan kita dari keharusan bertemu dokter, tapi juga bikin kita awet muda.

Apel mengandung antioksidan yang bikin awet muda. (Foto: Unsplash/Pricilla Du Perez)
Dengan adanya kandungan antioksidan di dalam buah apel, akan menangkal radikal bebas yang terpapar di tubuh kita. Darimana kita mendapatkan radikal bebas? Dari polusi udara, sinar matahari dan makanan yang kita konsumsi.

Radikal bebas adalah molekul yang mampu merusak sel sehat di dalam tubuh kita. Molekul ini yang akan membuat wajah kita mengalami penuaan dini. Dengan mengomsumsi setiap hari, apel akan membantu menangkal radikal bebas yang ada di dalam tubuh kita. Sel-sel sehat di dalam tubuh kita terselamatkan oleh antioksidan yang ada di dalam apel. Sehingga bila kita mengonsumsi apel secara teratur kulit kita akan tetap sehat dan  segar. Kita pun jadi awet muda.

Dan sebagai bonusnya, selain membuat awet muda, zat gizi dalam apel juga mencegah berbagai penyakit, seperti kanker payudara, kanker hati, kanker usus besar dan diabetes.

Menurunkan berat badan

Anda yang ingin memiliki berat badan ideal saatnya menjadikan apel sebagai camilan favorit. Karena apel terbukti bisa membantu menurunkan berat badan. Kandungan air dan serat yang tinggi dalam buah apel membuat kita merasa kenyang setelah mengonsumsi sebuah apel.

Apel bisa menurunkan berat badan. (Foto: Pexels/Breakingpic)
Itulah sebabnya apel sering dijadikan ilustrasi untuk program penurunan berat badan. Karena memang sangat tepat dipilih sebagai teman bagi mereka yang  ingin menurunkan berat badan, dengan cara yang aman.

Sebuah testimoni pernah diberikan oleh seseorang yang sedang mencoba menurunkan berat badan. Setiap hari ia mengonsumsi 3 buah apel selama sekitar 4 bulan. Hasilnya, berat badannya turun secara signifikan, tanpa ia harus melakukan diet yang menyiksa. Karena apel membuat ia merasa kenyang, jadi godaaan untuk ngemil kripik gurih dan manis otomatis hilang.

Kulit apel jangan dibuang

Bagaimana cara mengonsumsi apel yang benar? Benarkah sebaiknya kulitnya tetap dimakan?

Seorang ahli gizi mengungkapkan bahwa sebaiknya makan buah apel dengan kulitnya. Karena di kulit apel itu banyak terkandung vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata dan peningkatan pertumbuhan sel.  Dan di kulit apel juga tersimpan vitamin C yang sangat bermanfaat untuk kekebalan tubuh.

Jadi, manfaatnya lebih banyak didapat jika kita mengonsumsi apel dengan kulitnya daripada hanya buah yang sudah dibuang kulitnya.

Apel dianjurkan dimakan dengan kulitnya. (Foto: Unsplash/Estudio Bloom)
Untuk itu sebaiknya cermat dalam memilih apel yang akan dikonsumsi dengan kulitnya. Pilih yang kulitnya mulus dan tidak ada bercak apa pun serta dagingnya masih kencang, dan aroma apelnya masih segar dan khas. 

Cuci apel dengan benar

Apel memang bukan buah tropis yang bisa kita dapat dengan mudah di sekitar kita. Mayoritas apel yang beredar di negeri ini adalah apel impor. Sedangkan apel hasil dalam negeri jumlahnya belum begitu banyak.

Umumnya apel dari luar negeri-- agar bisa bertahan lama—kulitnya dilapisi lilin. Menurut BPOM lilin pada apel termasuk dalam bahan tambahan pangan pelapis. Jadi termasuk aman untuk dikonsumsi.

Apel segar memiliki aroma yang khas.(Foto: Unsplash/Marek Studzinski)
Namun bila Anda ingin merasa tenang saat memakan apel dengan kulitnya, bisa mencuci apel dengan cara: celupkan apel ke dalam air hangat, agar lilin yang menempel di kulitnya mencair. Setelah itu gosok apel dengan spon yang halus sampai bersih. Baru kemudian cuci lagi apel dengan air mengalir.

Mencuci apel dengan cara ini, selain lilin yang menempel di kulit apel hilang, pestisida yang mungkin juga masih ada di kulit apel juga bisa luruh. Sehingga apel siap dikonsumsi dengan kulitnya. Baik dimakan dengan cara dipotong-potong atau dibuat jus yang segar.***  L-S

Foto utama: Unsplash/Anna Stampfli

Tags:

#khasiatapel

#manfaatapel

#manfaatapeluntukkecantikan

#apelbikinawetmuda

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *