HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

BERAGAM KHASIAT JAMUR TIRAM

Penampilannya cantik, putih bersih dan berbentuk cangkang tiram. Tak hanya cantik, jamur tiram ternyata juga lezat dan kaya manfaat bagi kesehatan.

Jamur tiram kini sangat mudah didapat. Selain selalu ada di toko sayur online, pasar swalayan, di pasar  tradisional, pada  tukang sayur keliling pun jamur tiram jadi salah satu jualan andalan. Dan yang lebih penting, harganya sangat terjangkau.

Mengendalikan kadar kolesterol

Kolesterol kini menjadi isu yang banyak dibahas di WAG teman seangkatan ataupun keluarga besar. Karena kalau sudah bermasalah dengan kolesterol, gerak kehidupan seperti sudah terbatasi. Makan ini takut, makan itu nggak berani. Dan terbayang harus makan obat seabreg untuk mengendalikan kadar kolesterol agar tak ‘ngamuk’ dan mengancam kesehatan lebih lanjut.

Padahal, ada makanan sederhana yang ternyata sangat berkhasiat untuk kolesterol. Meski belum ada bukti penelitian lebih lanjut, jamur tiram diyakini bisa membantu mengendalikan kolesterol. Kuncinya, dikonsumsi secara teratur. Jadi bukan hanya sesekali dicicipi lalu dilupakan. Tapi dijadikan menu wajib dalam penyajian hidangan di meja makan.

Selain baik untuk kolesterol, jamur tiram yang mengandung kalium berkhasiat menjaga fungsi jantung, otot dan syaraf.

Mencegah  diabetes & kanker

Anda yang memiliki masalah dengan gula darah atau berisiko kena diabetes karena pola makan yang kurang baik,  mungkin bisa memilih jamur tiram sebagai hidangan utama atau camilan. Karena kandungan beta glucan yang terdapat di dalam jamur tiram bisa membantu mengendalikan gula darah, untuk mengurangi risiko penyakit diabetes tipe 2.

Jamur tiram ternyata juga sangat membantu mencegah pertumbuhan kanker. Sebuah penelitian menyebutkan, ekstrak jamur tiram memiliki sifat melawan kanker. Zat ini disebut bekerja dengan cara meningkatkan sel imunitas, sehingga menekan pertumbuhan dan penyebaran kanker, antara lain di payudara. ***  L-B

Foto: MH  

Tag:

#khasiatjamurtiran

#khasiatjamur

#jamurtiram

#jamur

#kolesterol


 

 

 

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *