HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

SEJUMPUT GARAM UNTUK KECANTIKAN

Garam adalah salah satu elemen penting dalam makanan. Makanan tanpa garam atau kurang garam, akan terasa hambar.

Tak hanya punya peran besar dalam dunia kuliner, garam ternyata juga bermanfaat untuk kecantikan. 

Berikut penjelasannya.

Garam apa?

Langkah awal memanfaatkan garam untuk kecantikan adalah memilih garam yang tepat.

Garam yang baik digunakan bisa garam laut kasar yang banyak dijual di pasar atau biasa disebut dengan garam krosok, garam meja, garam himalaya juga bisa garam epson. 

Yang disebut garam himalaya adalah garam yang berasal dari salah satu tambang garam tertua di dunia, yaitu tambang Khewra yang berada di kaki pegunungan Himalaya. Garamnya berwarna putih kemerahan. 

Sedangkan garam Epson merupakan garam yang berasal dari kota Epson, Inggris. Garam ini memiliki tampilan yang mirip garam dapur biasa, tetapi mempunyai rasa yang cenderung lebih pahit.

Mempercantik Kulit Wajah

Kulit wajah ataupun kulit tubuh kita dapat terjaga kesehatannya dengan menggunakan garam.

Anda yang memiliki kulit berminyak bisa memanfaatkan garam. Karena garam memiliki sifat astringen yang dapat membantu mengecilkan pori-pori dan mengontrol produksi minyak di kulit.

Caranya sederhana saja, 1 gelas air hangat yang dicampur sedikit garam, lalu usapkan ke seluruh wajah atau jadikan sebagai pembersih wajah.

Kulit wajah yang sensitif dan gampang berjerawat, juga bisa menggunakan garam untuk mengurangi peradangan kulit yang terjadi karena jerawat muncul. Karena air garam memiliki sifat antibakteri yang mampu membunuh bakteri penyebab jerawat.

Caranya, campurkan 1 cangkir air hangat dengan 1 sendok teh garam, lalu aduk. Gunakan kain lembut untuk dicelupkan di air garam lalu kompreskan ke area wajah yang berjerawat selama kurang lebih 5 menit. Lalu bilas dengan air biasa.

Mengangkat Kulit Mati 

Tekstur garam yang kasar bisa digunakan sebagai scrub. Sehingga bisa membantu mengangkat kotoran dan sel-sel kulit mati pada kulit.

Caranya sangat simple, campurkan 2 sendok makan garam halus dengan 2 sendok teh minyak zaitun atau minyak sayur, lalu  gosokkan dengan halus ke sekujur tubuh. 

Hasilnya kulit akan terasa lebih halus dan cerah.

Lalu berapa kali pemakaian garam sebagai scrub? Cukup digunakan 1-2 kali seminggu. 

Membuat Tubuh Rileks

Anda yang banyak menggunakan high heels saat bekerja, kadang mungkin merasa sangat letih.

Ada cara sederhana untuk membuat rasa lebih dan penat hilang. Badan jadi rileks dan nyaman, cukup dengan menggunakan garam.

Berendam  dengan air hangat yang dicampur garam secukupnya selama beberapa menit, akan membuat tubuh Anda jadi rileks dan fit kembali.

Atau cukup rendam kaki yang letih dalam sebuah ember dengan air hangat yang ditambahkan garam sekitar 8-10 sendok makan. 

Beberapa saat direndam, kaki yang penat akan terasa lebih ringan. Dan Anda bisa tidur dengan nyenyak, sehingga esok siap beraktivitas kembali dengan nyaman.

Selamat mencoba.***SL


Foto ilustrasi: Pexels/ Nuha Saffanah

#manfaatgaramuntukkecantikan

#garamuntukkulithalus

#garamuntuktubuhrileks

#manfaatgaramuntuktubuh

#manfaatgaram


Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *