HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

WANITA INDONESIA DAN INTERNATIONAL WOMEN'S DAY 2023

Setiap tanggal 8 Maret, dunia merayakan Hari Wanita Internasional. 
Berkaitan dengan dunia digital adalah tema yang diusung pada perayaan tahun 2023. 

Dan hebatnya, wanita Indonesia sudah lebih dulu berinovasi dengan tema yang ditetapkan PBB kali ini. 

Bagaimana kehebatan kiprah wanita Indonesia di dunia digital? Ini pembahasannya. 
 
Wanita dan digital 
Tema yang dipilih tahun ini untuk memeriahkan Tahun Wanita International atau International Women’s Day (IWD) seperti dikutip dari website IWD adalah DigiALL: Inovation and technology for gender equality atau DigiALL: Inovasi dan teknologi untuk kesetaraan gender.
Dan warna resmi yang dipilih dalam tema tahun ini adalah ungu, hijau dan putih. Sedangkan fokus tema pada peran teknologi dan pendidikan digital secara global bagi kaun wanita di seluruh dunia. 

Itulah sebabnya kata digitall ditekanlan pada kata ALL. Pada peringatan tahun ini PBB memiliki target untuk memperjuangkan hak wanita dan anak perempuan dalam kemajuan dalam bidang teknologi dan pendidikan digital. 

Dengan demikian diharapkan wanita di seluruh dunia mampu berkiprah dan menciptakan kemajuan teknologi digital. Dan pada akhirnya bisa membuka pintu pada pemberdayaan wanita dan anak peremuan di seluruh jagad raya ini. 

Kreativitas Wanita Indonesia 
Beruntungnya wanita Indonesia terbilang cukup akrab dengan dunia digital. Hal ini terlihat dari tidak sedikit wanita Indonesia, baik yang tinggal di dalam negeri dan luar negeri, yang aktif sebagai influencer ataupun Youtuber. 

Yuni aktif memperkenalkan masakan Indonesia ke dunia internasional (Foto: YT Yunileisure)
Mungkin Anda adalah seorang penikmat Youtube yang kontennya dibuat oleh wanita-wanita Indonesia. Atau Anda malah salah satu Youtuber yang aktif? 

Hebatnya, para wanita Indonesia yang notabene berperan sebagai ibu rumah tangga kini banyak yang sukses sebagai Youtuber. Mereka membuat video-video pendek maupun panjang dengan apik. 

Meski yang mereka tampilkan kegiatan keseharian, namun tetap menarik, terbukti berhasil menyedot penonton ataupun subscriber hingga ratusan ribu bahkan jutaan. 

Contohnya adalah channel Youtube: Pita'S Life. Wanita Indonesia, ibu muda dengan 4 anak. Bersuami seorang Angkatan Udara Amerika yang kini bertugas di Inggris. 

Meski sudah repot dengan 4 anak tanpa ART, Pita masih memiliki bisnis kuliner masakan Manado juga menjual aksesori yang ia buat sendiri. Subscribers Pita saat ini mencapai 1,02 juta. 

Juga ada channel YuniLeisure, Yuni wanita asal Belitung yang menikah dengan pria Inggris dan kini tinggal di Inggris ini, sangat pandai memasak. 

Dan salah satu kegiatannya adalah memasak untuk dicicipi oleh warga asing yang tinggal di lingkungan apartemennya. Kegiatan Icip-Icip Internasional yang dia adakan setiap minggu adalah salah satu caranya memperkenalkan masakah Indonesia kepada masyarakat internasional di Inggris. 

Alhasil subscribernya terus meningkat seiring makin beragamnya icip-icip yang ia tampilkan. Saat ini subscribernya sudah mencapai 351 ribu. 

Dan seorang ibu rumah tangga di Indonesia dengan 6 orang anak yang hobi bersih-bersih rumah tak kalah hebat, dengan cerdas ia membuat channel Youtube khusus berupa konten beberes dan berbersih rumah dengan nama channel Youtube  Zulaikha pratiwy

Beragam tip beberes rumah yang praktis memikat banyak penonton, hingga subscribernya mencapai 253 ribu. Bayangkan, hobi beberes pun bisa menghasilkan cuan yang lumayan. 

Kegiatan yang mendulang cuan 
Kreativitas wanita Indonesia memang patut mendapat acungan jempol. Diantara kesibukannya mengurus keluarga, mereka masih bisa aktif membuat video dan ditayangkan di IG maupun Youtube. 

Hobi bersih-bersih rumah bisa jadi konten Youtube seru. (Foto: YT Zulaikha pratiwy)
Mereka membuat konsep, merekam, mengedit dan menayangkan secara berkala. Lebih banyak mereka kerjakan sendiri, tanpa asisten, editor, tanpa bantuan bahkan dari suami ataupan anak. Mulai dari video memasak, berbelanja, wisata kuliner, mengasuh anak, beberes rumah hingga berlibur adalah konten-konten menarik yang mereka tampilkan. 

Dan hasilnya tidak kaleng-kaleng, sangat berkualitas dan membuat mereka yang menonton merasa ketagihan. Mereka protes kalau lama tidak menayangkan video baru. 

Memang tampaknya pengalaman hidup sebagai ibu rumah tangga di luar negeri lebih banyak disukai. Namun, seorang ibu rumah tangga dengan 6 orang anak yang ‘hanya’ menayangkan kesehariannya berberes rumah pun terbukti banyak memikat penonton. 

Sebagai imbalannya, mereka bisa mendapat ‘gaji’ dari video yang mereka tampilkan di Youtube. Makin banyak yang menonton, makan tinggi gaji para wanita kreatif ini. 

Positifnya lagi mereka bisa menjadi inspirasi bagi wanita peontonnya. 

Para ibu rumah tangga yang semula gak tahu mesti ngapain selain menjadi ibu rumah tangga, merasa malas beberes rumah, memasak ataupun berkebun, dengan menonton video-video garapan para ibu-ibu kreatif itu, mereka pelan-pelan mulai bergerak dan bersemangat untuk mengisi waktu luang dengan hal-hal positif. 

Bravo wanita di seluruh dunia dan di Indonesia khususnya. Selamat Hari Wanita.*** MH

Foto ilustrasi: Pinterest


#hariwanitainternasiolan2023
#internationalwomensday2023
#hariwanitainternasional
#wanitainternasional
#wanitaindonesia
#wanita
#indonesia


Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *