HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

BONUS KHUSUS PUASA SENIN KAMIS

 

Saat ketemuan dengan beberapa orang teman lama, obrolan pun  kesana kemari. Salah satunya soal kesehatan.

Seorang teman mengeluh kesehatannya akhir-akhir ini drop sekali. Selain kolesterol dia juga menderita diabetes. Beragam pengobatan sudah dia coba, tapi hasilnya masih belum menggembirakan. Ditambah lagi untuk menurunkan berat badannya, berbagai diet sudah dia lakoni, tapi hasilnya nihil.

Lalu seorang teman menanggapi dengan menceritakan ibunya yang sudah menginjak usia 75 tahu, tapi masih sehat tanpa keluhan penyakit apa pun dan berat badannya juga terjaga. Rahasianya?

“Beliau rajin puasa Senin Kamis. Saya yakin itu yang bikin beliau sehat dan tetap bugar diusia yang sudah sepuh. Jadi sekarang saya juga ikuti cara beliau, dan memang, sampai saat ini saya tidak punya penyakit yang berarti,” tukasnya.

Selain sebagai ibadah, memang ahli kesehatan meyakini puasa Senin Kamis banyak manfaatnya. Berikut beberapa diantaranya.

Menenangkan

Puasa Senin Kamis adalah ibadah sunah bagi umat Islam. Orang menjalankan puasa dua kali seminggu itu adalah untuk memperoleh keberkahan dari Sang Pencipta.

Namun, selain sebagai ibadah, ternyata bonus yang diperoleh dengan menjalankan puasa Senin Kamis sangat banyak.

Rasa tenang, damai dan nyaman saat puasa Senin Kamis akan dirasakan oleh mereka yang menjalankan. Karena saat berpuasa kita berusaha untuk lebih mendekatkan diri pada Sang Pencipta. Sehingga suasana hati terasa lebih tentram, tenang dan khusyuk saat beribadah.

Dan satu hal lagi, rasa syukur tak terhingga saat berbuka tiba. Seteguk air dan sepotong camilan terasa amat nikmat. Sehingga terucap spontan rasa syukur atas apa yang kita miliki saat itu.

Rasa tenang, damai dan syukur otomatis menyehatkan jiwa. Tak heran mereka yang rajin puasa Senin Kamis umumnya tenang dalam menghadapi beragam persoalan dalam hidupnya.

Menyehatkan pencernaan

Menjalankan puasa adalah salah satu cara untuk merawat organ pencernaan kita. Bila selama ini selalu ‘dipaksa’ bekerja keras mengolah semua jenis makanan yang masuk, puasa seperti memberi kesempatan bagi organ untuk istirahat sekaligus berbenah.

Dengan diberi istirahat atau jeda selama 2 x seminggu, membuat organ pencernaan menjadi lebih terjaga kesehatannya Sehingga penyakit yang berkait dengan pencernaan seperti sembelit, penyakit kantong empedu, liver, radang usus buntu, gangguan usus, keracunan makanan dll, bisa dihindari.

Menyehatkan jantung

Hasil penelitian para ahli kesehatan menunjukkan bahwa menjalankan puasa beberapa hari dalam seminggu dapat membantu menyehattkan jantung.

Ketika seseorang berpuasa, maka cadangan lemak dalam tubuh akan digunakan sebagai sumber energi. Dan itu menurunkan risiko penyumbatan arteri karena lemak yang berlebih.

Selain itu, saat berpuasa hormon adrenalin dan nonadrenalin akan berkurang. Hal ini membantu tubuh menjaga metabolisme stabil yang mengakibatkan tekanan darah menurun.

Ditambah lagi, mereka yang berpuasa Senin Kamis secara rutin tanpa ia sadari sudah mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuhnya.

Mengurangi risiko diabetes

Pola makan yang kurang tepat banyak mengakibatkan orang menderita diabetes atau kencing manis.

Ternyata penelitian menyebutkan, puasa secara teratur bisa mengurangi risiko diabetes.

Saat puasa dijalankan, kita seperti sedang mengatur tingkat gula darah dalam tubuh Karena puasa membuat tubuh mendapatkan energi dengan cara menghancurkan glukosa.

Jadi dengan rajin puasa Senin Kamis, lonjakan gula darah bisa teratasi. Dan dapat pula mengurangi resistensi insulin.

Resistensi insulin adalah kondisi ketika sel-sel tubuh tidak dapat menggunakan gula darah dengan baik, akibat adanya gangguan dalam merespon insulin.

Melangsingkan tubuh        

Nah ini salah satu bonus khusus yang mungkin selama ini kurang disadari oleh mereka yang aktif menjaga berat badan.

Coba perhatikan, mereka yang rajin menjalankan puasa Senin Kamis umumnya memiliki berat tubuh yang ideal.

Hal ini karena lemak yang berlebih di dalam tubuh otomatis digunakan sebagai sumber energi saat puasa sedang dijalankan. Dengan demikian tubuh tidak sempat menyimpan lemak.

Sehingga tubuh jadi terbebas dari timbunan lemak, dan itu yang membuat tubuh tampak proporsional.

Begitu menggiurkannya bonus yang bisa diperoleh dengan menjalankan puasa Senin Kamis. Mengapa tidak dicoba?*** MK

Foto ilustrasi: Ist

#manfaatpuasaseninkamis

#keuntunganpuasaseninkamis

#khasiatpuasaseninkamis

#puasaseninkamis

#puasamenyehatkan

#puasa


Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *