HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

MEMERGOKI SUAMI TEMAN SELINGKUH

CURHAT: Saya sedang menghadapi dilema yang membuat saya gelisah. Sebetulnya bukan masalah saya langsung, tapi berkaitan dengan masa depan rumah tangga teman baik saya, saya jadi merasa terpanggil untuk membantu.

Semua bemula ketika saya WFC (work from cafe). Saya sedang merasa jenuh di kantor, jadi saya mencari suasana baru dengan mengerjakan tugas kantor di sebuah kafe langganan saya.  Kafe itu tidak besar dan lokasinya bukan di jalan utama.

Hari itu saya ke kafe agak sore, karena saya rencana setelah menyelesaikan tugas di kafe itu, langsung pulang.

Tempat duduk favorit saya di pojok kafe dan agak tersembunyi karena tertutup oleh pot bunga yang lumayan besar. Tapi dari tempat saya duduk, saya bisa melihat ke sekeliling kafe juga ke pintu masuk.

Saat saya sedang istirahat mengetik dan menyeruput kopi, saya mengedarkan  pandangan ke seluruh ruangan. Tiba-tiba pandangan saya tertumbuk pada pasangan yang duduk agak di pojok. Wajah keduanya jelas terlihat. Dan saya hampir tersedak kopi yang saya hirup, karena saya mengenal sekali si prianya. Tapi saya tidak mengenal wanitanya.

Pria itu adalah suami teman saya. Saya dan istrinya pernah satu kantor. Saya beberapa kali datang ke rumah mereka saat ada acara ultah anaknya juga ultah teman saya itu. Bisa dibilang saya cukup kenal baik dengan suami teman saya itu.

Seketika jantung saya  berdebar. Karena saya melihat dengan jelas tingkah laku suami teman saya itu dengan wanita yang duduk di depannya. Mereka saling goda dan beberapa kali saya lihat mereka berpegangan tangan mesra. Tampak mereka berdua seperti pasangan yang sedang kasmaran.

Terus terang saya malu sendiri lihat kelakuan mereka. Rasanya pengen tutup mata atau segera pergi dari tempat itu. Tapi kalau saya keluar pasti mereka lihat saya. Dan suami teman saya itu pasti merasa malu, kepergok sedang kencan dengan wanita lain.

Sempat terbesit ingin mengambil video mereka berdua lalu kirim ke teman saya.

Namun saya urungkan. Karena saya tiba-tiba merasa kasihan kalau teman saya itu jadi tahu suaminya ternyata mengkhianati dia. Selama ini dia selalu cerita suaminya penuh perhatian dan sangat sayang dengan dirinya dan kedua anaknya.

Pasti dia akan sedih sekali. Dan bisa jadi, kalau saya ceritakan temuan saya ini, hubungan mereka yang selama ini baik-baik saja, jadi memburuk. Bukan tidak mungkin suaminya akan marah ke saya kalau dia tahu istrinya jadi tahu dia selingkuh karena info dari saya.

Betul-betul dilematis. Tidak menceritakan ke teman saya itu, sepertinya saya membiarkan suaminya berselingkuh. Tapi menceritakan, juga bisa berefek buruk pada hubungan mereka sebagai suami istri.

Sudah hampir satu minggu ini saya gelisah. Apalagi  dalam satu minggu ini, seperti ada kontak batin, teman saya itu menelepon saya sekadar mengajak ngobrol ringan. Dan dia juga bilang pengen ketemuan dan ngobrol seru dengan saya.

Jadi, dengan ini saya mohon saran: apa yang sebaiknya saya lakukan. Saya ingin membantu teman tapi juga tidak mau sampai membuat hubungan dengan suaminya jadi rusak karena saya.

Saya tunggu sekali sarannya. Terimakasih banyak.

Enika – Jakarta Selatan

SARAN:Apa yang Anda alami bisa jadi bukan hanya pengalaman Anda sendiri. Jadi masalah ini sangat tepat untuk dibahas.

Memang dilematis menghadapi masalah seperti ini. Suara hati Anda tentu berkata-kata ingin membantu teman, tapi di sisi lain Anda juga menjaga jangan sampai niat baik Anda malah merusak rumah tangga mereka.

Anda tidak spontan menceritakan apa yang Anda lihat kepada teman Anda, sudah benar. Karena memang sebaiknya dalam masalah seperti ini Anda tidak gegabah terlibat di dalamnya.

Saran kami, sebaiknya Anda tidak perlu terlibat di urusan rumah tangga teman atau siapapun bila tidak diminta. Jadi sebaiknya diam saja? Ya. Kecuali dia curhat dan minta saran Anda.

Itupun bukan berarti Anda dengan gamblang menceritakan apa yang Anda lihat. Misalnya pancing dengan pertanyaan: bagaimana sikap kamu kalau mengetahui atau dapat cerita dari orang suami kami berkencan dengan wanita lain?

Dengarkan jawabannya. Dari situ Anda bisa mengetahui reaksinya bila Anda menceritakan semua yang Anda lihat.

Mungkin Anda tidak perlu seketika jadi ‘konsultan perkawinan’ untuk teman Anda tersebut. Mendengarkan saja dengan baik apa yang jadi curahan hatinya, lalu menanggapi dengan penuh simpati; misalnya dengan menjawab, “Ya aku sangat mengerti perasaan kamu.”

Bila dia adalah wanita yang sangat bergantung secara finansial kepada suaminya, mungkin bisa menyarankan dia untuk mulai mencoba kegiatan yang produktif dan bisa membuat dia mandiri secara finansial.

Tentu tidak perlu menjelaskan bahwa hal itu penting sebagai persiapan bila terjadi apa-apa dengan pernikahannya. Cukup dengan mengatakan bahwa sebagai wanita kita akan lebih nyaman bila punya penghasilan sendiri. Jadi tidak apa-apa minta kepada suami.

Intinya, karena kita tidak tahu pasti apa yang sedang terjadi dengan pernikahan seseorang, sebaiknya kita tidak ikut campur di dalamnya. Kita hormati saja privasi mereka.

Namun bila diminta bantuan berupa saran, lakukan secara elegan. Tidak menyalahkan suaminya ataupu teman Anda. Berikan saran yang menambah wawasan kepada teman Anda tentang bagaimana bersikap yang baik bila ada masalah dalam rumah tangga.

Anda mungkin bisa  menyarankan untuk mencari solusi masalah pernikahan dari buku atau media online. Karena masalah dalam pernikahan banyak ragamnya, jadi penanganannya juga berbeda-beda.  

Usahakan bersikap netral saja. Karena bisa jadi ketika Anda menyalahkan suaminya, awalnya si istri senang karena dapat dukungan. Tapi bukan tidak mungkin ketika hubungan mereka sudah membaik, si istri malah cerita ke suaminya semua apa yang pernah Anda tuduhkan ke suaminya. Cilaka bukan?

Jadi, tetaplah menjadi teman yang baik bagi kedua belah pihak. Anggap Anda tidak tahu apa-apa tentang masalah mereka berdua. Dan doakan saja semoga semua masalah dalam rumah tangga mereka segera ada jalan keluar terbaik.***

Foto ilustrasi:Pexels

Artikel terkait: Bagaimana Memaafkan Suami yang Pernah Berkhianat? 

Artikel terkait: Mencegah agar tidak Menghadapi Seperti Kisah 'Layangan Putus'

#perselingkuhandalampernikahan

#memergokisuamitemanselingkuh

#suamitemanselingkuh

#perselingkuhan

#suamiteman

#suami

#teman

CURHAT:majalahwanita8@gmail.com

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *