HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

MEMPERBAIKI HUBUNGAN DENGAN UANG

CURHAT: Saya sudah lama menyimpan masalah ini. Tapi tidak tahu mau minta bantuan kemana. Kalau ke profesional, saya tidak tahu harus ke konsultan keuangan atau psikolog.

Kebetulan saya baca media online ini dan ada rubrik Cuhat, jadi saya segera kirim email. Semoga ada jalan keluar untuk saya.

Saya 29 tahun, wanita single dan masih tinggal dengan ibu saya. Saya tamat SMK, pernah bekerja di kantor swasta, tapi karena gajinya kecil sekali, saya lalu keluar. Setelah itu beberapa kali saya keluar masuk kerja. Tapi dengan alasan yang sama: tidak pernah sesuai gajinya dengan keinginan saya.

Akhirnya saya memutuskan untuk usaha sendiri. Saya membuat baju anak-anak, daster dan seprai. Saya jual langsung ke kosumen dengan membuka toko kecil di rumah, juga baru-baru ini berusaha menjual secara online.

Usaha saya sudah berjalan beberapa tahun rasanya, tapi kok usaha saya belum juga berkembang. Saya merasa sudah bekerja keras sekali. Semua saran pemasaran sudah saya coba. Tapi hasilnya masih pas-pasan. Betul kata mama saya, cari uang itu sulit sekali, sampai sudah jungkir balik tetap saja hasilnya tidak membuat hidup kami bisa nyaman.

Kadang saya sedih sekali, ingat bagaimana hidup kami cukup nyaman ketika ayah saya masih hidup.

Ayah saya meninggal ketika saya SD kelas 5. Saya kebetulan anak tunggal. Ketika masih hidup ayah saya seorang pedagang hasil bumi. Dan usahanya cukup berhasil. Namun ketika beliau meninggal usahanya ditangani mama saya, jadi menurun drastis. Karena Mama sebelumnya ibu rumah tangga total yang tidak pernah diajak untuk  menangani bisnis oleh ayah saya.

Ibu tidak sanggup  meneruskan usaha ayah, sedangkan waktu itu saya masih kecil. Kehidupan kami jadi sulit, karena hanya mengandalkan harta peninggalan ayah saja. Ibu sangat ketat menangani uang. Setiap kali saya minta uang untuk jajan beliau selalu marah dan mengomel panjang lebar. Beliau selalu  bilang, “Uang kita tinggal sedikit, kalau habis bagaimana? Cari uang itu susah sekali. Kamu tidak bisa cari uang. Mama saja nggak bisa, apalagi kamu!”

Omongan Mama itu sangat membekas di batin saya. Saya jadi takut sekali dengan hal yang berkaitan dengan uang. Uang bagi saya segala-galanya, tapi tampaknya saya tidak punya bakat atau hoki untuk cari uang. Menjadi pegawai dan pedagang sudah saya coba, terbukti hidup kami masih tetap sulit dan berat.

Pertanyaan saya, kenapa begitu berat saya mendapatkan uang? Sudah bekerja keras tapi juga hasilnya hanya sedikit. Apa yang harus saya lakukan untuk mengubah hidup saya? Usia saya sudah cukup untuk berumah tangga, tapi saya takut sekali nanti hidup keluarga saya kekurangan, jadi saya belum tertarik untuk menikah.

Saya ingin sekali menyenangkan ibu saya, membuat hidupnya nyaman dan berkecukupan. Tapi entah mengapa saya tidak juga mampu mendapatkan uang yang sesuai dengan kebutuhan kami.

Mohon saran, apa yang harus saya lakukan? Terimakasih banyak.

Nena - Banjarmasin

SARAN: Masalah uang adalah masalah semua orang. Orang memiliki uang sedikit atau banyak, semua menghadapi masalah.

Yang punya sedikit uang merasa pusing bagaimana cara mencukupkan dengan kebutuhan. Sedangkan yang banyak uang juga pusing, bagaimana caranya agar uangnya bisa berkembang, bingung memilih investasi yang paling aman dan menguntungkan.

Dari cerita Anda, tampaknya hidup Anda selalu merasa cemas. Terutama yang berkaitan dengan uang. Anda sangat takut tidak memiliki uang, sehingga berupaya keras untuk mendapatkan uang, tapi hasilnya masih mengecewakan.

Usaha sudah, berdoa tentu juga sudah Anda lakukan. Mungkin yang belum adalah memperbaiki hubungan Anda dengan uang. Maksudnya?

Bisa dibilang, hubungan Anda dengan uang tampaknya kurang baik. Anda menempatkan uang sedemikian jauh dan sulit untuk Anda jangkau. Mungkin itu sebabnya uang agak sulit datang kepada Anda.

Bila ditelusuri masal kecil  Anda, ada pengalaman masa kecil yang pahit. Anda sejak kecil sudah didoktrin bahwa  uang itu sulit mendapatkannya.

Mungkin maksud ibu Anda baik, mengajarkan kepada Anda untuk tidak sembarangan mengeluarkan uang. Tapi yang Anda terima bahwa uang itu sulit. Harus bekerja keras sekali baru bisa mendapatkan uang.

Tanpa Anda sadari, semua pesan itu tersimpan di bawah sadar Anda demikian menurut NLP (Neuro- linguistic programing), yaitu ilmu psikologi yang sedang populer saat ini. NLP menjadi metode untuk menghilangkan segala hambatan di masa lalu dan untuk meraih kesuksesan.

Mindset seseorang tentang sesuatu sangat berpengaruh dalam prilakunya. Begitu juga yang berkait dengan uang.

Akibatnya,. betapapun kerasnya Anda bekerja, uang tetap sulit datang kepada Anda, karena Anda sendiri yang meyakini hal itu. 

Pikiran sadar Anda sangat ingin mendapatkan uang, tapi pikiran  bawah sadar Anda seperti menghabat datangnya uang.

Lalu, apa yang harus Anda lakukan? Yang pertama-tama adalah memperbaiki cara atau pola pikir tentang uang. Dalam istilah psikologi uang, Anda harus memperbaiki hubungan Anda dengan uang.

Caranya, Anda harus berdamai dulu dengan masa kecil Anda. Anda sebaiknya memaafkan ibu Anda dan juga masa kecil Anda yang pahit. Coba terima masa lalu Anda dengan iklas lalu tutup kenangan pahit itu dengan kenangan-kenangan indah masa kecil Anda. Misalnya, bagaimana bahagianya Anda saat ayah Anda masih ada.

Untuk bisa melakukan terapi ini dengan benar, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan ahlinya, dalam hal ini adalah ahli yang berkait dengan psikologi keuangan.

Namun bila Anda sulit menemukan atau menjangkau ahli yang dimaksud, Anda bisa mencari di Youtube bimbingan bagaimana memperbaiki hubungan dengan uang. Atau cara mengubah mindset tentang uang.

Banyak sekarang motivator yang memberikan bimbingan melalui sosmed terutama Youtube, kepada mereka yang memiliki masalah dengan uang. Mereka membantu mengubah pola pikir dan cara memperlakukan uang. 

Ada motivator yang sampai menyarankan untuk ‘berbicara’ dengan uang. Bukan menempatkan uang itu sebagai barang mistis, tapi sebenarnya berbicara dengan bawah sadar. Untuk membuat bawah sadar Anda mau berubah menjadi lebih positif memandang uang.

Dengan menerapkan latihan-latihan yang diberikan para motivator keuangan itu, diharapkan Anda pelan-pelan lebih santai dan lebih nyaman bila berhadapan dengan segala hal tentang uang.

Dan hasilnya, semoga uang jadi lebih lancar dan lebih mudah datang kedalam kehidupan Anda.***

Foto ilustrasi: Unsplash/Omid Armin

#masalahdenganuang

#hubungandenganuang

#sulitmendapatuang

#memperbaikihubungan

#hubungan

#uang

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *