HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

CARA CEPAT KEMBALIKAN INDRA PENCIUMAN SETELAH TERPAPAR COVID-19

Anda masih isoman dan sedang masa pemulihan. Namun ada yang sangat mengganggu, yaitu indra penciuman dan perasa Anda belum pulih benar.

Berikut ada resep alami dan sederhana yang bisa dicoba untuk segera mengembalikan indra penciuman dan perasa.

Agar makanan yang Anda konsumsi lebih terasa aroma dan nikmatnya.

Gejala awal

Seperti sering kita baca ulasan dari para dokter juga testimoni meraka yang pernah terpapar Covid-19, salah satu gejala awal yang dirasakan adalah kehilangan penciuman secara penuh atau sebagian.

Hilangnya penciuman atau anosmania ini, menurut penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Internal Medicine pada edisi April 2020, sangat umum dialami oleh mereka yang terpapar Covid-19.

Penyebab indra penciuman terganggu karena adanya penyumbatan atau pembengkakan pada area hidung. Penyumbatan ini membuat aroma tidak bisa terdeteksi saraf penciuman, bahkan aroma yang sangat menyengat sekalipun.

Dan hilangnya fungsi indra penciuman ternyata juga mempengaruhi fungsi lainnya, seperti indra perasa. Umumnya mereka yang terpapar Covid-19 merasakan keduanya. Indra penciuman dan perasa seperti tidak berfungsi.

Lalu berapa lama kira-kira indra penciuman atau perasa itu akan tidak berfungsi dengan baik? Dalam jurnal tersebut disebutkan, hal itu akan berlangsung sekitar 21 hari untuk bisa sampai pulih benar.

Namun ada juga penderita yang baru bisa memulihkan indra penciumannya 6 bulan setelah terinfeksi.

Nah untuk bisa segera mengembalikan indra penciuman dan perasa harus ada upaya khusus. 

Harus dilatih

Indra penciuman yang terganggu harus dilatih agar pulih. Foto: Pexels
Karena tidak berfungsi dengan baik, maka indra penciuman harus dilatih untuk bisa segera kembali normal.

Caranya adalah dengan secara rutin mengendus atau mencium berbagai benda yang memiliki bau tajam atau menyengat. Misalnya, bawang putih, kopi, buah durian, salep beraroma tajam, minyak kayu putih ataupun parfum.

Lakukan setidaknya beberapa kali dalam satu hari.

Dan usahakan dengan mencium beberapa aroma yang berbeda, misalnya 3 atau empat macam saat satu kali latihan, sehingga indra penciuman dapat pelan-pelan berfungsi kembali dengan baik.

Minum minuman beraroma

Selain melatih penciuman dengan mengendus atau mencium secara langsung benda-benda yang beraroma tajam, disarankan juga untuk mengonsumsi minuman.

Minuman yang dibuat sendiri dan berhasiat untuk kesehatan. Antara lain adalah:

Rebusan bawang putih:

Bawang putih bisa digunakan untuk memulihkan indra penciuman. Foto: Unsplah/Towfiqu B
Bawang putih dipercaya bisa mengatasi indra penciuman. Karena bawang putih mengandung asam risinoleat yang bisa membantu mengatasi peradangan dan bakteri.

Cara penyajian: Ambil 2 siung bawang putih ukuran sedang, kupas dan cuci. Lalu geprek dan masukkan ke dalam satu gelas air. Rebus sampai mendidih. Setelah hangat, minum airnya. Lakukan secara rutin setiap hari selama beberapa hari, sampai indra penciuman terasa sudah berfungsi kembali.

Seduh air jahe 

Jahe bisa merangsang indra penciuman. Foto: Unsplash/Sentot Setyasiswanto

Jahe sudah sangat diakui khasiatnya untuk kesehatan. Selain mampu meningkatkan daya tahan tubuh, jahe memiliki kandungan gingerol yang bisa merangsang indra penciuman agar segera pulih kembali.

Cara penyajian:

Siapkan air panas dalam sebuah gelas, lalu masukkan beberapa potong jahe yang sudah dikupas dan dicuci bersih. Aduk dan biarkan sampai hangat, lalu diminum selagi hangat. Usahakan minum seduhan air jahe ini secara teratur minimal 1 kali sehari.

Air lemon

Lemon juga bisa membantu mengembalikan indra penciuman. Foto: Unsplash/Christina Anne Costello

Lemon yang kaya akan vitamin C juga mengandung antimikroba, sehingga sangat dianjurkan untuk diminum secara teratur agar segera pulih indra penciuman yang terganggu.

Cara penyajian:

Siapkan gelas berisi air hangat, lalu tambahkan perasan air lemon dari  sekitar ¼ buah lemon ukuran sedang.

Bila merasa terlalu asam, bisa ditambahkan satu atau dua sendok teh madu. Bisa juga lemon ditambahkan ke dalam teh manis hangat. Minum secara teratur. Usahakan minum 2 x sehari, sehingga indra penciuman bisa segera pulih kembali.*** MB

Foto ilustrasi: Unsplah/Logan Weaver

#hilangnyaindrapenciuman

#efekdaricovid-19

#kembalikanindrapenciuman

#pemulihansetelahcovid-19

#memulihkanindrapenciuman

#caraalamimemulihkanindrapenciuman

#indrapenciuman

#indraperasa

#jahe

#lemon

#bawangputih

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *