HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

YANNIE KIM, BINTANG DRAKOR DARI INDONESIA

 

Kepopuleran Drama Korea (drakor) di Indonesia memang dahsyat. Meski belum ada survei resmi, tampaknya mayoritas wanita Indonesia penggemar drakor, setidaknya pernah menonton drakor.

Ternyata tidak hanya menjadi penggemar, wanita Indonesia pun ada yang menjadi bintang di drakor itu. Namanya sangat Indonesia dengan nama berbau Korea di belakangnya. Dialah Yannie Kim, wanita asli Indonesia yang berhasil masuk dalam gemerlap dunia drakor.

Bahkan putri sulungnya kini juga sudah membintangi drakor, yang baru-baru ini sempat menghebohkan nerizen Indonesia.

Siapa Yannie dan bagaimana sampai menjadi bintang di Korea?

Berikut  6 fakta menarik mengenai Yannie Kim.

1.Gadis Bekasi penerjemah HRD

Gadis Bekasi yang jadi artis di Korea
Wanita bertubuh mungil ini bernama asli Yannie Mustafa. Sebelum menetap di Korea Selatan, dia adalah warga Bekasi yang bersahaja.

Yannie yang berbekal ijasah SMA, awalnya bekerja di sebuah perusahaan Korea yang bergerak di bidang elektronik.

Karena prestasinya ia mendapat kesempatan untuk mengikuti pelatihan di Korea pada tahun 2000.

Ternyata mengikuti pelatihan selama 2 tahun di Korena mengubah perjalanan hidup Yannie. Dari seorang gadis Bekasi karyawati biasa, ia menjadi penerjemah di HRD perusahaan di Korea. Dia banyak membantu pekerja Indonesia yang bekerja di Korea, juga perusahaan Korea yang mempekerjakan orang Indonesia.

Jadi Yannie seperti menjadi jembatan bagi orang Indonesia dan perusahaan Korea, begitu sebaliknya.

Energik, selalu penuh semangat, ramah serta murah senyum. Tak heran bila ada masalah ia punya prinsip: disenyumin aja!

2.Perkawinan sempat tak direstui

Bersama keluarga tercinta saat Lebaran
Saat mengikuti pelatihan kerja di Negeri Ginseng itulah Yannie bertemu jodoh. Pria Korea yang memberi perhatian khusus padanya. Dia adalah Ko Incheol, yang tak lain adalah atasan Yannie di kantornya di Korea.

Yannie pun membalas perhaitan bos tampan itu. Namun hubungan keduanya tidak langsung mendapat restu dari orangtua kedua belah pihak.

Seperti diceritakan Yannie di konten Youtube nya, Ko Incheol datang dari keluarga yang amat mementingkan pendidikan. Seperti saat bertemu Yannie  dia sudah mengantongi pendidikan S2, sedangkan Yannie berkerja hanya dengan modal ijazah SMA.

Jadi mereka kurang berkenan ketika anak laki-lakinya memperkenalkan calon istri yang pendidikannya tidak sepadan.

Sementara keluarga Yannie yang muslim, kurang sreg kalau calon suami anak gadis mereka non muslim.  

Calon suami Yannie akhirnya setuju menjadi mualaf dan mereka melangsungkan pernikahan secara Islam di Bekasi.

Kini Yannie sudah menjadi menantu kesayangan mertuanya. Bukan saja karena ia sudah menjadi bintang drama Korea, tapi ia sudah membuktikan bahwa meski pendidikan formalnya tidak tinggi, tapi ia bisa belajar dan mensejajari suaminya.

Yannie yang memang cerdas, dalam waktu tak lama berada di Korea, sudah lancar berbahasa Korea, menguasai budaya Korea dan diakui kemampuannya dalam berakting dan menjadi pembicara dalam talkshow di televisi Korea.

3.Berawal dari pemeran film dokumenter

Yannie dan pemeran Hospital Ship
Menikah dengan pria Korea, Yannie pun diboyong tinggal di Korea. Tidak seperti drakor yang umumnya romantis dan digambarkan kehidupan rumah tangga yang bahagia, Yannie mengalami masalah di awal pernikahannya.

Saat itu dia belum diterima secara penuh oleh keluarga suaminya. Namun Yannie berusaha menghadapi masalahnya dengan sabar.

Sampai suatu hari ada acara tv di Korea yang menampilkan program dukomentari tentang kehidupan orang asing yang menikah dengan orang Korea.

Seperti diceritakan oleh Yannie di channel Youtube- nya beberapa tahun lalu, saat itu ia masih tinggal di kota Busan dan baru memiliki anak pertamanya, yakni Soobin. Yannie menceritakan kegiatannya sehari-hari sebagai ibu rumah tangga dan sederet masalah yang harus ia hadapi.

Di film dokumenter itu akting Yannie mendapat banyak pujian. Padahal mungkin saat itu Yannie sangat menghayati perannya sebagai orang asing yang menjadi istri pria Korea, karena memang semua masalah itu pernah ia alami dan hadapi sendiri.

Mulai dari film dokumenter itulah Yannie mendapat tawaran untuk mengisi acara talkshow di tv di Korea hingga menjadi artis di drama Korea.

5.Artis yang gak sok ngartis

Yannie dan putri tercinta: Ko Soobin
Yannie adalah ibu dari dua anak, yang pertama gadis remaja cantik bernama Ko Soobin dan Ko Eunbi.

Sudah menjadi artis kenamaan dan menikah dengan pria yang punya kedudukan mapan, bukan berarti Yannie jadi ibu rumah tangga yang serba dilayani oleh sederet pelayan. Wanita yang tampak awet muda, hingga seperti kakak beradik dengan anak perempuannya itu, memang sangat energik dan mandiri.

Dari channel Youtubenya Yannie memperlihatkan kesehariannya sebagai ibu rumah tangga. Mulai dari bangun tidur, mempersiapkan sarapan untuk anak dan suami, juga mengantar ke sekolah anak-anaknya. Berbelanja, masak, membersihkan dan beres-beres rumah. Semua ia kerjakan sendiri.

Tapi Yannie tanpaknya sudah sangat pandai mengatur waktunya. Meski sibuk mengurus rumahtangga ia masih tetap bisa menerima tawaran untuk mengisi acara televisi dan main film drama.

Tidak jarang Yannie menyetir mobil sendiri ke lokasi syuting yang cukup jauh dari tempat tinggalnya, tapi kemudian dengan segera ia harus kembali ngebut untuk menjemput anaknya di sekolah.

Begitu juga anak gadisnya Ko Soobin,  yang kini juga sudah membintangi drakor. Salah satu yang membuat namanya viral adalah yang judulnya Racket Boys. Gadis yang lahir 6 Desember 2005 ini memerankan karakter Ivana Putri, pemain bulu tangis asal Indonesia.

Drakor ini sempat mendapat protes besar dari netizen Indonesia, karena dianggap mencoreng nama Indonesia.

6.Bukan WNI lagi tapi tetap bangga Indonesia

Yannie dan batik. Tetap cinta Indonesia.
Kini Yannie adalah idola para wanita penggemar drakor. Ia sudah membintangi banyak drakor yang juga populer di Indonesia. Antara lain: Hospital Ship, Dear My Friends, Dinner Mate, Strangers from Hell dan Yong Pal, Voice 3, The Great Show dan Love is Beatifull Life is Wonderful.

Peran Yannie di dalam drakor itu memang berbeda-beda, ada yang hanya peran kecil atau cameo, tapi ada juga yang cukup penting perannya, yakni satu frame dengan beberapa aktor dan artis top Korea.  

Yang membuat namanya meroket di kalangan penggemar drakor adalah saat Yannie main dalam film serial Yong Pal, di sana Yannie beradu akting dengan aktor Joo Woon. Dalam film itu Yannie muncul di episode 9 dan 10, ia berperan sebagai pasien imigran yang akan melahirkan.

Yang menarik, ada satu adegan di drama Korea yang berjudul Makgeollie Girls, Yannie berbicara dalam bahasa Indonesia saat mengedumel tentang kelakuan suaminya.

Tak hanya di drakor Yannie memasukkan unsur Indonesia, ia juga selalu penuh semangat memperkenalkan segala hal tentang Indonesia di Korea. Dalam sebuah acara televisi, ia pernah menyajikan rujak buah ala Indonesia juga beberapa masakan khas Indonesia seperti tempe goreng, bala-bala dan sebagainya.

Dan karena berbagai alasan, salah satunya ia tidak bisa masuk kartu keluarga kalau masih WNI, terpaksa Yannie melepas paspor Indonesia. Karena kalau namanya tidak tercantum di KK, akan menghambat proses pendidikan untuk anak-anaknya.

Yannie sudah melepas kewarganegaraannya, meski demikian Yannie tetap bangga sebagai wanita berdarah Indonesia. Sukses selalu Yannie.*** MH  

Foto-foto: IG Yannie_Kim79

#yanniekimbintangdrakor

#bintangdrakordariindonesia

#yanniekim

#bintangdrakor

#drakor

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *