HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

MARI BERLIBUR DI DESA PENGLIPURAN, DESA PALING BERSIH DI DUNIA

Kala sedang berlibur di Bali, setelah menikmati pantai dan kuliner yang sedap, meluncurlah ke Kabupaten Bangli.

Di sana ada sebuah desa yang membanggakan kita seluruh bangsa Indonesia, karena pernah dinobatkan sebagai salah satu desa terbesih di dunia yakni  Desa Penglipuran.

Bagaimana bersih dan indahnya desa wisata ini. Mari kita tengok.

Menjaga tradisi

Desa Penglipuran masih sangat menjaga tradisi adat Bali.
Memasuki desa Penglipuran kita seperti berada di negeri yang damai tentram. Karena tidak ada hiruk pikuk kendaraan bermotor seperti motor dan mobil.

Penduduk di desa ini bukan tidak memiliki mobil, karena jalanannya tidak diperuntukkan untuk kendaraan beroda empat. Tapi penduduk juga wisatawan yang datang ke desa itu harus memarkir kendaraan bermotornya di luar lingkungan desa.

Karena masih sangat  teguh memegang tradisi adat Bali, sehingga semua serba teratur di desa ini.

Masyarakat di Desa Penglipuran mempunyai kebiasaan bermusyawarah untuk mencapai seuatu keputusan tertentu. Jadi bila ada permasalahan di desa itu, masyarakat akan berembuk untuk mencapai kesepakatan, apa tindakan yang harus diambil. Mulai dari masalah got tersumbat, penanganan sampah, kerja bakti dan sebagainya.

Tak heran bila desa cantik ini senantiasa damai dan tentram, karena permasalahan penduduknya selalu dicari solusi secara musyawarah. Ciri khas tradisi masyarakat pedesanan di Indonesia, yang tampaknya sudah mulai memudar.

Layaknya memasuki desa wisata, pengunjung harus membayar tiket masuk untuk bisa menjelajahi seluruh desa.

Wisatawan lalu dipersilakan untuk menikmati suasana desa secara keseluruhan: keindahan dan keasrian desa dengan berjalan kaki.

Penduduk desa itu tetap menjalankan aktivitas mereka sehari-hari tanpa merasa terganggu dengan kedatangan para wisatawan lokal maupun mancanegara. Mereka tetap ramah menyambut sapaan wisatawan saat berpapasan.

Uniknya, saat menapaki jalan-jalan desa yang sangat rapi, hijau dan bersih lengkap dengan ornamen khas Bali, kita seperti memasuki sebuah museum yang besar namun hidup.

Paling bersih di dunia

Rapi, bersih dan asri, tak mengherankan desa ini jadi desa terbersih di dunia.
Pada tahun 2016 Desa Penglipuran dinobatkan sebagai salah satu desa terbersih di dunia versi majalah CN Travel, majalah asal Amerika Serikat.  Dua desa lainnya yang juga terpilih adalah Desa Glethoorn di Belanda dan Desa Mawlynnong di India.

Memang sangat layak desa Penglipuran terpilih sebagai desa ketiga terbersih di dunia, tata letak bangunan rumah-rumah tua yang masih sangat  terjaga berjejer rapi. Membuat nyaman dipandang mata.

Halaman dan jalan utama bahkan gang di desa itu sangat bersih, tidak ada satupun sampah terlihat.

Suasana asri dan hijau mendominasi desa. Selain tanaman teduh dan hijau, bunga-bunga warna-warni  seperti kamboja, bunga sepatu, bougenvil hingga bunga mawar bermekaran di sepanjang jalan desa dan di halaman rumah-rumah penduduk. Sangat memanjakan mata.

Menjadi desa wisata penduduk di desa ini tetap menjalankan kegiatan sehari-hari dengan tenang.

Untuk tetap menjaga kelestarian tradisi dan kedamaian serta ketenangan, di desa ini mobil dilarang masuk sampai ke dalam desa. Jadi mobil dan motor hanya bisa masuk sampai pintu gerbang desa.

Tempat parkir yang luas dan ditata rapi disediakan untuk parkir para pengunjung juga untuk penduduk desa yang memiliki kendaraan bermotor.

Rumah-rumah dijaga kerapian dan kebersihannya hingga ke dalam gang,
Menapaki desa yang bersih, sejuk, tenang dan udara yang segar, membuat liburan benar-benar menjadi maksimal. Berjalan berapa jauh pun di desa itu tidak akan terasa penat, karena di setiap sebentar bisa duduk dan beristirahat sambil mata berkeliling menikmati keindahan dan suasana damai khas pedesaan. *** LD

Foto-foto: Ist

#desapenglipuran

#desapalingbesihdidunia

#desawisatapenglipuran

#desawisata

#desabersih

#kebersihan

#desa

#bersih


Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *