HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

FINLANDIA NEGARA PALING BAHAGIA DI DUNIA

Bahagia. Sesuatu yang paling diimpikan manusia di muka bumi. Ternyata negara pun bisa dianggap paling bahagia. 

Finlandia, sebuah negara yang terletak di Eropa Utara, tidak hanya satu kali tapi sampai 4 kali  berturut-turut menempati peringkat pertama. Negara dengan ibukota Helsinki ini, selalu menempati peringkat teratas setiap kali World Happiness Report mengeluarkan pengumumannya, dalam empat tahun belakangan ini.

Bagaimana  sebuah negara bisa dinobatkan sebagai yang paling bahagia di dunia?

Syarat negara bahagia

Sepeda salah satu kendaraan favorit masyarakat Finlandia saat musim panas. (Foto: IG Helsinki)
Setiap tahun PBB melakukan penelitian yang dilakukan oleh United Nations Sustainable Development Solutions Network atau disingkat UNSDSW, dan penelitiannya berjudul World Happiness Report.

Penilaian survei berdasarkan pada harapan hidup masyarakat yang tinggi, produk domestik bruto per kapita, kehidupan sosial, tingkat kemurahan hati, kebebasan menentukan pilihan dan korupsi yang rendah.

Lalu setiap tahun dikeluarkanlah daftar negara-negara paling bahagia di dunia. Dan berdasarkan Laporan Kebahagiaan Dunia 2021 yang dirilis Jaringan Solusi Pembangunan Berkelanjutan PBB pada 19 Maret 202, Finlandia  kembali berada di urutan teratas.

Finlandia tidak tergeser sejak empat tahun yang lalu. Negara urutan kedua paling bahagia adala  Islandia, urutan ketiga jatuh pada negara Denmark, lalu keempat Swiss dan Belanda para urutan kelima.

Sedangkan Amerika Serikat berada pada posisi 14. Ingggris menduduki urutan ke-18. Menempati urutan lebih baik adalah Australia yakni di posisi ke-12. Bagaimana dengan Jerman? Negara ini melejit prestasinya dari urutan ke-17 tahun sebelumnya, kini menempati urutan ke-7.

Negara-negara di Eropa memang mendominasi sebagai negara paling bahagia di dunia.  Hanya satu negara non Eropa yang masuk sepuluh besar negara bahagian di dunia, yakni Selandia Baru. Negara Kiwi ini masuk peringkat sembilan.

Keseharian masyarakat Finlandia

Keluarga Finlandia menikmati musim dingin di luar rumah. (Foto: IG Helsinki)
Finlandia adalah negara di Eropa Utara yang yang mempunyai karakter iklim musim panas yang hangat dan musim dingin yang beku,  karena suhu bisa mencapai minus 30 derajat celsius.

Masyarakat Finlandia senang jika anaknya memperoleh pendidikan yang terbaik. Dan menurut Los Angeles Times, sistem pendidikan di Finlandia adalah salah satu yang terbaik di dunia.

Masyarakat Finlandia sangat menghargai guru, karena memang untuk bisa memiliki profesi guru di Finlandia seleksinya sangat ketat. Tidak heran bila gaji guru di negara tersebut sangat layak, karena untuk menduduki posisi itu sangat sulit. Dan profesi guru menjadi perhatian utama dari pemerintah.

Masyarakat Finlandia umumnya menguasai 3 bahasa, yakni bahasa Finlandia, bahasa Swedia dan bahasa Inggris. Umumnya orang Finlandia bisa menguasai minimal dua bahasa asing.

Pendidikan di Finlandia selain terbaik di dunia juga gratis. Bahkan mereka yang sedang menempuh pendidikan apa pun, akan mendapat tunjangan. Setiap orang yang sedang menempuh pendidikan bahkan pendatang yang sedang mengambil kursus bahasa Finlandia  ‘dibayar’. Sehingga mereka tidak perlu memikirkan bagaimana makan sehari-hari, transportasi ataupun tempat tinggal selama belajar.

Setelah bekerja, baru gaji mereka dipotong pajak yang cukup tinggi. Karena dari pajak itulah kesejahteraan hidup mereka berasal. Saat menganggur mereka dapat tunjangan, saat sudah pensiun-- meski bekerja di perusahaan swasta-- akan tetap mendapat pensiun.

Bagaimana dengan tingkat keamanan di sana? Tingkat keamanan di negara ini juga luar biasa. Pada tahun 2017 Finlandia dinobatkan sebagai negara paling aman di dunia. Kejahatan hampir tidak ada. Orang Finlandia terkenal sangat jujur dan tanpa basa-basi.

Lalu, masalah agama? Penduduk Finlandia yang hanya sekitar 5,5 juta orang, mayoritas agama yang dianut, yakni 78%, agama Kristen.

“Konsep pelajaran agama di Finlandia mengedepankan toleransi, rasa saling menerima dan cara memahami agama-agama terbesar seperti di Indonesia,” demikian jelas Dubes Finlandia untuk Indonesia, Jari Sinkari,  seperti seperti dikutip dari Liputan 6 beberapa waktu lalu.

Jadi, konsep pelajaran agama di Finlandia berbeda dengan di Indonesia, yang menyediakan pelajaran agama sesuai kepercayaan murid.

Lebih lanjut Sinkari menyebutkan bahwa saat sekolah, “Saya belajar agama Islam, Buddha, Tao dan Hindu juga,” jelasnya. 

Tetap bahagia meski pandemi

Mengisi akhir pekan di alam adalah kegemaran masyarakat Finlandia. (Foto: IG Finland)
Bagaimana Finlandia tetap bisa bertahan menjadi negara paling berbagia di dunia, dimasa pandemi menghantam? Dilansir dari Bloomberg, Filandia tetap tak tergeser dari posisinya karena kepercayaan yang tinggi dari masyarakat pada pemerintah dalam penanganan Covid-19.

Lebih lanjut disebutkan bahwa kepercayaan adalah faktor kunci yang menghubungkan kebahagiaan serta kesuksesan dalam penanganan Covid-19.

Padahal Covid-19 di Finladia cukup parah. Pemerintah Finlandia pada awal Maret 2021 mengumumkan keadaan darurat karena kasus infeksi Covid -19 di negera itu melonjak.

Akibatnya berbagai aturan ketat diberlakukan, antara lain restoran serta sekolah ditutup, juga membatasi pergerakan antardaerah untuk penangangan pandemi.

Namun demikian, seperti dikutip dari Reuters, Finlandia salah satu negara di Eropa yang paling ringan terkena dampak virus corona. Sampai saat ini negara ini mencatat ‘hanya’ 58.064 kasus dan 742 kematian.

Saat tepat kunjungi Finlandia

Hamparan salju salah satu daya tarik wisatawan mengunjungi Finlandia. (Foto: IG Helsinki)
Mengunjungi negara paling bahagia di dunia mungkin bisa jadi impian banyak orang.

Apalagi Finlandia memiliki kombinasi lengkap untuk berwisata. Ada alam liar khas kawasan Skandinavia dan kebudayaan yang terjaga.

Namun mengingat Finlandia memiliki musim panas yang panjang sekaligus musim dingin yang ekstrim, lalu kapan waktu yang tepat mengunjungi Finlandia

Seperti dikutip CNN Indonesia, waktu terbaik mengunjungi Finlandia adalah bulan Mei sampai September.

Sedangkan momen paling ramah untuk para wisatawan berkunjung ke Finlandia adalah pada bulan Mei dan Juni.

Jika ingin merasakan musim dingin di Finlandia wisatawan bisa menyaksikan fenomena alam berupa Cahaya Utara, yang biasanya berlangsung di bulan Desember.

Salju yang berlimpah di negara ini juga bisa menjadi atraksi wisata yang asyik, arena bermain yang menyenangkan untuk merasakan lembutnya salju, bermain lempar bola salju dan membangun istana salju.

Namun, karena masa pandemi belum berakhir, Anda yang sudah memiliki rencana mengunjungi negara paling bahagia ini, tentu harus sedikit bersabar hingga corona benar-benar berlalu.***MH

Foto utama: Instagaram Helsinki

#finlandianegarapalingbahagia

#negarapalingbahagia

#negarafinlandia

#finlandia

#bahagia

#negarabahagia

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *