HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

MENGAPA WHATSAPP MENUNDA KEBIJAKANNYA?

 

Pengguna Whatsapp (WA), terutama para wanita, umumnya mengaku pasrah ketika harus mengikuti peraturan untuk berbagi data ke Facebook. Mengingat sudah keburu nyaman menggunakan WA. Kebayang ribetnya kalau harus memindahkan puluhan grup WA ke aplikasi baru.

Tapi tiba-tiba ada pengumuman kebijakan  ditunda. Mengapa?

Ditinggal jutaan pengguna

Ketika awal tahun 2021 Whatsapp mengumumkan secara resmi bahwa per 8 Februari 2021 semua pengguna Whatsapp harus bersedia datanya dibagi ke Facebook-- karena memang aplikasi chat ini milik Facebook-- reaksi pengguna pun beragam.

Whatsapp berbagi data ke Facebook. (Foto: Android police)
Ada yang seketika mencari aplikasi pengganti yang lebih mengutamakan privasi data pengguna. Pilihan juga ada beberapa, seperti Telegram, Signal, Discord juga Line. Akibatnya, jutaan pengguna WA berpindah ke lain aplikasi. Dan, pihak Whatsapp pun kelimpungan.

Meski pengguna WA sudah mencapai angka 1 milyar di seluruh dunia, namun tetap saja ada perasaan khawatir bila aplikasi ini akan ditinggal pengguna secara besar-besaran dalam waktu singkat.

Meski sebetulnya masih banyak pengguna WA yang setia, tidak beranjak ke aplikasi lain saat pengumuman dipublikasikan, namun siapa yang akan mengira di tengah jalan mereka akan rame-rame migrasi? 

Banyak pengguna bingung

Rupanya  pihak Whatsapp menangkap kebingungan pengguna. Meski sudah dijelaskan bahwa kebijakan itu tidak akan mengganggu privasi, tetap saja pengguna pesan singkat terbesar di dunia itu tidak percaya.

Kebijakan yang pihak Whatsapp sebut sebagai pembaruan itu,  hanya berlaku untuk percakapan dengan akun bisnis yang menggunakan Whatsapp. Jadi, pengguna diminta tidak usah khawatir chat tidak akan bisa dibaca oleh siapa pun termasuk pihak Whatsapp juga Facebook.

Untuk lebih luas mensosialisasikan yang berkait privasi dan keamanan, seperti dikutip AFP, Whatsapp pun menunda penetapan pembaruannya tersebut, yang semula akan diberlakukan per 8 Februari 2021 ditunda hingga 15 Mei 2021.

Pengguna Whatsapp banyak yg  bingung dng kebijakan tsb, hingga ditunda pemberlakuannya. (Foto: Pexel)
Whatsapp berjanji tidak akan mengintip apalagi menyimpan catatan tentang siapa yang mengirim pesan atau menelepon setiap orang. Menurut pihak Whatsapp dan Facebook, mereka tidak dapat melihat lokasi yang pengguna bagikan.

Jadi intinya, pihak Whatsaap ingin menenangkan ‘guncangan’ yang dialami para pengguna aplikasi chatting itu dulu, baru mereka berlakukan pembaruannya.

Namun, apakah itu menjamin pengguna akan tetap bertahan di Whatsapp atau malah pelan-pelan pada pindah ke lain aplikasi? Kita lihat saja nanti.*** LK


Foto ilustrasi utama: Pinterest

#kebijakanwhatsapp

#penetapanankebijakanWA

#penundaankebijakanWA

#whatsapp

#facebook

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *