HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

TURKI NEGERI RAMAH KUCING

 

Di Turki kucing hidup nyaman. Mereka bebas berkeliaran di area publik. Kucing di Istanbul biasa  nongkrong  di  kafe, pusat perbelanjaan, museum dan tidur nyenyak di  stasiun kereta api.

Pemerintah Turki  bahkan memberi makan secara teratur kucing liar yang berkeliaran di jalan, apalagi saat pandemi seperti sekarang ini.

Yang menarik, ada kucing-kucing  di Turki yang menjadi selebriti. Namanya  dikenal seluruh dunia. Ada yang sampai  memiliki akun IG dengan ratusan ribu pengikut dan jadi favorit Presiden Barack Obama. Ada pula kucing yang amat dicintai masyarakat Turki hingga dibuatkan patung dengan gayanya yang khas. Menggemaskan.

Anda pecinta kucing bila berkunjung ke Turki, serasa masuk ke negeri impian, karena di setiap sudut akan bertemu dengan binatang kesayangan.

Jasa sang kucing

Ternyata ada sejarahnya mengapa kucing menjadi hewan kehormatan di Turki. Beberapa abad lalu kucing di Turki digunakan sebagai pembasmi hama. Binatang  lucu ini diyakini membantu membasmi  tikus dan wabah pes yang disebabkan oleh tikus.

Dan hingga kini, masyarakat Turki meyakini bahwa kucing-kucing masih menjalankan peran penting  tersebut, yakni  menekan populasi tikus di negeri itu.
Kucing bebas nongkrong di kafe(foto:thefloodingtheworld.com)
Itulah sebabnya kucing  mendapat akses istimewa di Turki. Mereka bebas berjalan-jalan, tidur atau nongkrong di tempat-tempat umum tanpa  ada yang mengganggu.

Gli  & Tombili kucing selebriti

Dari jutaan kucing di Turki ada beberapa  yang  terkenal  bak selebriti  dunia. Antara lain  Gli dan Tombili.

Dua kucing ini menjadi mascot  di negara yang istimewa ini-- karena wilayahnya  berada di dua benua-- yakni  benua Asia dan benua Eropa.

Gli, sang penjaga Hagia Sophia (foto;Unsplash/Suheyl Burak)
Gli, awalnya bernama Gri yang artinya abu-abu. Namun kemudian namanya diubah menjadi Gli, yang memiliki arti pemersatu cinta. Kucing berwarna abu-abu kecoklatan ini terkenal karena menjadi bagian dari sejarah Hagia Sophia yang ada di Istanbul, Turki.

Sejak Hagia Sophia sebagai museum Gli sudah tinggal di sana. Kucing gembul bermata hijau ini menjadikan bangunan bersejarah yang usianya hampir 1500 itu sebagai tempat tinggalnya. Ia sering duduk di depan bangunan itu bergaya bak penjaga bangunan bersejarah kebanggaan Turki itu. Hingga ia sering disebut sebagai kucing penjaga Hagia Sophia.

Keberadaan Gli di Hagia Sophia menjadi salah satu daya tarik  bagi para wisatawan.Mereka merasa terhibur melihat sosok kucing yang duduk dengan anggun di salah satu sudut bangunan. Bahkan  Gli menjadi favorit Presiden Barack Obama ketika berkunjung ke Hagia Sophia.

Kucing di Turki dengan tenang berjalan-jalan di pusat kota Istanbul (Foto: albawaba.com)
Begitu banyak penggemar Gli hingga ia memiliki akun istagram dengan ratusan ribu  pengikut.

Ketika awal tahun 2020 Hagia Sophia diubah fiungsinya oleh pemerintahTurki, dari museum menjadi masjid, Gli tetap diperbolehkan  tinggal di sana.

Namun,  pada awal  November  2020 Gli meninggal dunia di usia 16 tahun. Duka mendalam menyelimuti masyarakat Turki. Ucapan belasungkawa mengalir deras di media sosial. Salah satunya dari Gubernur  Istanbul Ali Yerlikaya, yang menyampaikan rasa dukanya di akun twitternya. “Gli, kami tidak akan pernah melupakanmu,” demikian tulisnya.

Sementara Tombili adalah kucing mascot bagi penduduk di lingkungan Ziverbey bagian dari distrik Kadikoy, Istanbul.

Pose Tombili yang fenomenal dan patung perunggunya. (Foto: telegraph)
Kucing gemuk itu menjadi terkenal seluruh dunia ketika fotonya yang fenomenal beredar di sosial media. Ia terlihat  sedang duduk santai sambil bersandar di tembok. Gayanya mirip manusia yang sedang leha-leha sambil memandang mereka yang lalu lalang di depannya.


Sejak namanya meroket, banyak wisatawan yang ingin bertemu dan berfoto dengan Tombili. Sayang sekali, kucing lucu itu kini hanya tinggal kenangan. Tahun 2016 ia meninggal  dan penduduk di tempat tinggal Tombili merasa amat kehilangan.

Spontan penduduk Kadikoy mengumpulkan donasi dan dibuatlah patung perunggu Tombili dengan gayanya yang khas.Patung diletakkan tepat di lokasi dimana Tombili berpose yang menjadi foto yang amat terkenal itu. *** M-D

Foto utama: Unsplash/Babamurat Usmanov

Tags:

#kucingditurki

#kucingdiistanbulturki

#kucinghagiasophia

#kucingtombili

#kucinglucu

 

 

 

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *