HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

TAHUN BARU SUASANA RUMAH BARU

 

Apa kegiatan Anda tahun baru ini? Karena masih masa pandemi, mungkin lebih banyak yang memilih tinggal di rumah. Berkumpul bersama keluarga tercinta.

Mumpung tahun baru, bagaimana kalau kita buka lembaran baru. Membuat suasana baru dalam rumah. Merapikan rumah. Menata yang masih akan digunakan dan menyortir yang sudah tak digunakan.

Beberes bikin bahagia

Marie Kondo, seorang konsultan tata ruang dari Jepang, memiliki saran-saran praktis dalam beberes dan menata rumah.

Cara menata baju yang praktis ala Marie Kondo (Foto:Instagram/@mariekondo)
Salah satu saran Marie adalah mengubah pola pikir. Rumah yang nyaman bukanlah yang penuh dengan beragam barang dan hiasan. Tapi rumah yang tertata baik dengan barang-barang yang memang benar-benar masih bermanfaat dan ditempatkan secara tepat.

Dalam serial tv Tidying Up with Marie Kondo yang diputar di saluran televisi Netfix, Marie Kondo memberi saran bagaimana cara membereskan rumah yang benar. Acara tv tersebut banyak membuat orang terinspirasi untuk membereskan rumahnya.

Bumbu dapur yang ditata rapi bisa membuat kegiatan memasak jadi menyenangkan. (Foto: Instagram/@mariekondo)
Marie mengingatkan, banyaknya barang di rumah yang bertumpuk-tumpuk tidak teratur apalagi sudah tidak terpakai lagi, bisa membuat stres penghuni rumah. Sementara rumah yang rapi dan bebas dari tumpukan barang-barang, bisa mendatangkan rasa bahagia.

Mengkategorikan barang

Saat beberes kita disarankan untuk mengkategorikan barang. Mana barang yang masih akan digunakan, yang memiliki kenangan indah. Berarti barang itu layak untuk dipertahankan.

Dan mana barang yang sudah amat jarang digunakan atau membawa kenangan yang pahit dalam hidup Anda. Maka singkirkan segera.

Aksesori milik Anda dan putri tercinta bila ditata baik akan tampak cantik .(Foto: Instagram/@mariekondo)
Barang yang sudah tidak akan digunakan tapi masih dalam kondisi baik, bisa diberikan kepada orang lain yang memerlukan. Atau, dijual di situs penjualan barang-barang secondhand atau istilah di dunia jual beli online disebut preloved.

Marie juga menyarankan untuk tidak menyimpan lagi barang-barang yang sudah cacat. Misalnya, cangkir keramik yang sudah retak atau sompel sebagian, wajan yang sudah hilang satu pegangannya dan sebagainya. Karena barang-barang cacat itu tanpa Anda sadari memancarkan suasana tidak nyaman.

Marie selalu menekankan, isilah rumah Anda dengan sesuatu yang hanya membuat bahagia dan perasaan santai serta memicu produktivitas dan kreativitas.

Menata gelas dan cangkir sesuai kategori, singkirkan yang sudah cacat. (Foto: Instagram/@mariekondo)
Bila Anda ingin menata ulang rumah Anda, mungkin ada baiknya ajak serta seluruh anggota keluarga. Dan sampaikan saran dari Marie Kondo tentang mana barang yang akan dipertahankan dan mana yang sebaiknya disingkirkan.

Menata aksesori dalam laci hingga mudah dicari. Simpan yang hanya membawa kenangan indah. (Foto: Instagram/@mariekondo)
Sebagai kenang-kenangan, cobalah ambil foto suasana ruangan sebelum dibereskan dan sesudah dibereskan. Ditanggung perasaan Anda beserta anggota keluarga lain akan lebih nyaman dan bahagia setelah ruangan rapi, tertata. Karena hanya barang-barang yang menyenangkan yang mengisi setiap ruangan dalam rumah Anda.

Selamat Tahun Baru 2021. Selamat beberes & bahagia! L- I

Foto utama: Instagram/@mariekondo

Tags:

#menatarumah

#tahunbarusuasanarumahbaru

#menatarumahalamariekondo

#beberesalamariekondo

 

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *