HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

JANGAN LUPA MAKAN IKAN

Kapan terakhir Anda mengonsumsi ikan? Kalau Anda perlu waktu untuk menjawabnya, berarti Anda harus waspada. Karena Anda sudah melalaikan hal baik untuk kehidupan Anda.

Ikan bukan hanya lezat tapi punya beragam manfaat. Negara kita salah satu negara penghasil ikan terbesar di dunia, namun masyarakatnya masih sedikit sekali mengonsumsi ikan. Mungkin karena belum memahami bahwa dengan rutin makan ikan, berarti kita sudah berinvestasi yang tak ternilai untuk masa depan kita.  

Ini dia diantaranya.

Mencerdaskan

Ikan sebagai sumber protein hewani sangat bermanfaat untuk perkembangan otak. Untuk ibu yang sedang hamil sangast dianjurkan untuk mengonsumsi ikan secara teratur. Sehingga sejak anak masih dalam kandungan sudah mendapat asupan protein yang cukup.

Ikan sangat dianjurkan dikonsumsi oleh bumil (Foto: Pixabay) 
Penelitian sudah membuktikan bahwa ikan merupakan pilihan nutrisi yang sangat baik untuk ibu hamil. Karena kandungan nutrisi dalam ikan membantu perkembangan janin dan menciptakan kehamilan yanag sehat.

Ikan laut antara lain salmon, sarden bahkan ikan teri, banyak mengandung asam lemak omega 3 yang sangat diperlukan oleh anak-anak untuk perkembangan dan pembentukan otaknya.

Menyehatkan mata

Memiliki mata yang sehat hingga usia lanjut tentu dambaan semua orang. Namun umumnya sekarang banyak orang yang usianya masih belasan sudah memiliki masalah dengan mata.

Padahal penelitian menunjukkan bahwa  mereka yang rajin mengonsumsi ikan, kesehatan matanya akan terjaga. Karena di dalam ikan mengandung asam lemak omega 3 yang tinggi terbukti dapat membantu menjaga kesehatan mata.

Dengan menyediakan hidangan ikan secara teratur di meja makan, apakah ikan laut ataupun ikan air tawar, berarti Anda dan keluarga  sudah merawat kesehatan mata secara alami. 

Penelitian yang diadakan oleh National Eye Institute menunjukkan, bahwa nutrisi dalam daging ikan mampu mencegah gangguan mata serisus seperti penurunan penglihatan dan sidrom mata kering.

Mencegah kepikunan

Jepang adalah salah satu negara di dunia yang masyarakatnya sangat menyukai ikan. Dan fakta menunjukkan, orang Jepang umumnya berusia panjang dan para manulanya masih tetap sehat dan aktif. Dan satu lagi, manula Jepang umumnya bebas dari kepikunan.

Karena memang dengan mengonsumsi ikan secara teratur, minimal satu porsi ikan per minggu atau lebih, akan mencegah penurunan kognitif pada para lansia. Penurunan kemampuan kognitif gejalanya antara lain mudah lupa dan jika dibiarkan menjadi makin parah sehingga menyebabkan kepikunan.

Penelitian yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan kaitan antara konsumsi ikan dan demensia. Para lansia yang sering mengonsumsi ikan memiliki risiko demensia yang lebih rendah dibandingkan dengan lansia yang jarang makan ikan.

Ikan sangat membantu mencegah kepikunan (Foto: Pexels.com/Alexander Zvir)
Demensia memang bukan penyakit spesifik, tetapi merupakan kondisi yang ditandai dengan penurunan setidaknya dua fungsi otak, seperti hilangnya memori dan kemampuan menilai.

Alangkah baiknya ketika orang tua yang kita cintai, selalu kita ingatkan atau kita sediakan hidangan ikan secara teratur, sehingga membuat mereka tetap sehat daya ingatnya. Hal itu sangat membahagiakan tidak hanya untuk mereka tetapi juga untuk Anda sebagai anaknya. Karena memiliki orangtua dengan kondisi demensia sangat berat. Mereka harus senantiasa diawasi setiap geraknya. Seperti anak batita yang belum memahami siapa dirinya, mereka yang demensia demikian juga. Jadi tidak bisa membiarkan lansia yang mengalami demensia untuk berjalan sendiri ke luar rumah.

Jika begitu dahsyatnya manfaat ikan untuk kehidupan kita, mengaka kita tidak menjadikannya sebagai hidangan utama di meja makan keluarga tercinta?*** L-K

Foto utama: Pexels.com/Dana Tentis

Tags:

#ayomakanikan

#janganlupamakanikan

#manfaatmakanikan

#ikanuntukkecerdasan

#ikancegahkepikunan

#khasiatikan

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *