HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

NGEMIL TETAP JALAN, TIMBANGAN DITANGGUNG AMAN

 

Tiada hari tanpa ngemil. Tapi bagaimana supaya ngemil tidak sambil deg-degan—khawatir timbangan ‘protes’. Memang kudu cerdik milih camilan, agar proyek ngemil tetap jalan, timbangan aman.

 

Buah-buahan

Ngemil adalah kegiatan menyunyah diantara aktivitas santai. Misalnya, sambil nonton, sambil main games, sambil update status, stalking IG mantan dan sebagainya.

Selama ini yang kebayang camilan itu adalah ‘harus’ berupa kacang goreng, kacang bawang, kripik singkong pedes, risoles ataupun popcorn caramel. Tapi sambil ngemil atau sesudah ngengil kadang muncul rasa deg-degan atau rasa bersalah. “Aduhhh abis ini nambah nih berat badan”. Walau di satu sisi merasa deg-degan, di sini lain merasa perlu ngemil. Kebayang nonton tanpa ngemil? Seperti sedang mengikuti webinar yang dipantengi oleh bos besar.

Kalau begitu, kenapa tidak dicoba untuk mengubah mindset bahwa yang penting ada yang dikunyah sambil melakukan sesuatu. Dan pilihlah materi kunyahan yang tidak hanya aman bagi timbangan tapi juga bagus untuk kesehatan.

Bisa dipilih buah-buahan yang asyik untuk ngemil. Anggur, apel atau yang lebih aman untuk kocek; ketimun yang dipotong-potong lalu dicocol dengan bumbu rujak.  Selain sedap, tidak bakal ada rasa deg degan.

Rebusan

Ada beberapa makanan kecil yang lebih nikmat kalau diserbus. Misalnya, jagung yang sudah dipipil lalu direbus dengan sedikit garam. Nikmatnya saat mengunyah tidak beda dengan popcorn caramel yang  manis legit.

Kacang edamame (kacang kedele Jepang) adalah camilan yang sangat dianjurkan. Karena selain sedap, juga mengandung banyak vitamin. Jadi ngemil edamame sama dengan sedang mengonsumsi vitamin.

Wah, edamame kan mahal, nggak aman untuk kantong dong? Santuy. Edamame yang dijual di resto Jepang memang bikin kocek menjerit. Tapi bisa bikin sendiri kok. Bisa beli edamame mentah di pasar tradional atau pesan ke tukang sayur langganan Anda. Bilang aja, ‘tolong belikan kacang kedele yang masih ada kulitnya’. Ditanggung si Abang atau si Empok ngarti deh.

Nah edamame mentah bisa direbus dengan dibubuhi sedikit garam. Jadilah camilan nikmat yang  hemat.***  

L-B

Foto: MH


Tag:

#ngemilaman

#ngemilsehat

#timbanganaman

#ngemil


 

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *