HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

BERKENALAN DENGAN JANDA BOLONG

Beberapa waktu lalu hanya dipajang di pinggir jalan. Tidak banyak yang melirik. Tapi setelah namanya melambung, mulai jadi rebutan. Harga pun  mencapai ratusan juta.rupiah dan jadi hiasan rumah-rumah mewah.

Kenapa janda bolong?

Nama resminya  Monstera adansonii, berasal dari family araceae atau talas-talasan. Tapi karena daunnya yang unik dengan bentuk berlubang-lubang, mungkin penjual tanaman hias menyebutnya daun bolong.. Lama-lama supaya gampang diingat--mungkin terinspirasi dari Sundel Bolong, maka disebutlah Janda Bolong.

Melejit sejak pandemi

Nama Janda Bolong melejit sejak pandemi melanda. Para wanita di perkotaan, yang biasanya menghabiskan akhir pekan di mall, jadi bete berat ketika harus di rumah dari Senin sampai Minggu. Mulailah mencari kesibukan. Merawat tanaman hias pun jadi pilihan.

Apalagi sejak pandemi, kita bisa beli tanaman hias secara online. Tinggal cuci mata di website toko tanaman hias, pilih-pilih, begitu ada yang sreg, klik,transfer beberapa jam kemudian tanaman sudah sampai di rumah. 

Hiasan rumah mewah 

Pengaruh sosmed adalah salah satu yang membuat nama Janda Bolong jadi beken. Karena mereka yang punya hobi tanaman hias selalu rajin posting tanamannya. Dan karena penampilannya yang unik, Janda Bolong pun jadi primadona. 

Permintaan membludag, akhirnya harganya pun jadi melonjak. Pehobi tanaman hias memburu sampai  tak peduli berapa pun harga yang disebut oleh penjualnya. Sesuatu yang sedang tren memang selalu diburu orang. Dan hebatnya, tanaman hias biasa  yang masih satu keluarga dengan philodendron ini, sekarang menjadi tanaman  hias pilihan di rumah-rumah mewah.Apalagi yang jenis daunnya dua warna: hijau putih. Cantik dan berkesan elegan.

Kebetulan perawatannya juga tidak rumit. Tidak membutuhkan matahari langsung, juga tidak menintut pencahaan yang berlebihan. Jadi sangat tepat menjadi pilihan untuk pehobi tanaman hias pemula. 

Ada yang biasa ada yang langka 

Kalau mau mengulik lebih detail, sebetulnya Janda Bolong  bukanlah jenis monstera yang langka. Ada satu tanaman langka yang mirip dengan janda bolong, namanya Monstera abliqua. 

Bentuknya sangat mirip dengan janda bolong, tapi ada beberapa perbedaannya. Pertumbuhan M. adansonii tergolong cepat, sedangkan M. obliqua sangat lama. Perbedaan lain, adansonii bentuk bolong-bolongnya lonjong, sedangkan obliqua bulat-bulat dan lebih banyak dalam satu daun. Perbedaan selanjutnya, daun adansonii kalau diraba terasa seperti kulit, sedangkan obliqua lebih terasa seperti kertas. Dan perbedaan yang bisa dilihat langsung,  adansonii tidak memiliki sulur, sebaliknya obliqua ada sulur yang keluar dari batangnya. 

Nah, mostera yang langka inilah yang sebetulnya harganya mahal hingga mencapai ratusan juta rupiah. Karena memang sangat langka. Namun karena sudah keburu viral, orang tidak lagi merasa penting untuk tahu mana si Janda Bolong yang biasa dan yang langka.***  M-K 

Foto: Ist 

Tag:

#tanamanhiasjandabolong

#tanamanhias

#hobisaatpandemi

#jandabolong


Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *