HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

OBAT MANJUR DARI DAPUR

 

Saat kondisi tidak memungkinkan untuk keluar rumah; sudah tengah malam, hujan lebat dan sebagainya, Anda atau anak tercinta mengeluh sakit.

Jangan panik. Ada resep sederhana  yang banyak digunakan ibu-ibu jaman dulu hingga sekarang. Dan semua bahannya bisa didapat dalam jangkauan, dari dapur sendiri.

Sakit apa saja yang obat manjurnya bisa didapat dari dapur? Ini dia beberapa pengalaman para ibu rumah tangga yang mungkin bisa  dicoba.

TENGGOROKAN GATAL

Menjelang batuk datang, biasanya didahului dengan tenggorokan gatal atau terasa tidak nyaman.

Kondisi ini bisa diatasi dengan:

Garam

Campurkan 1 gelas  air matang dengan 1 sdt garam (kalau bisa garam kasar atau yang disebut dengan garam krosok), tapi bila tidak ada bisa digunakan garam dapur biasa. Kocok sampai larut.

Gunakan air garam itu untuk berkumur sambil menengadah, sehingga air ada di tenggorokan. Bunyikan air di tenggorokan seperti orang mengorok, setelah itu keluarkan segera.

Lakukan sekitar tiga kali setiap kali berkumur. Dan ulangi sekitar 2 kali dalam sehari sampai rasa gatal di tenggorokan hilang.

Kencur

Kencur bisa dijadikan obat penghilang rasa gatal di tenggorokan. Dan juga obat manjur untuk mengembalikan suara yang kadang hilang karena batuk atau masuk angin.

Kupas satu buah kencur ukuran sekitar 3 – 5 cm. Cuci bersih dengan air matang lalu potong kecil-kecil. Makan kencur dengan cara dikunyah lalu telan. Rasanya seperti mint, membuat tenggorokan terasa segar dan rasa gatal pun berkurang.

Lakukan 2 kali sehari, sampai rasa gatal di tenggorokan hilang.

BATUK

Sudah minum obat batuk beberapa kali tapi batuk belum juga hilang? Bahkan suatu saat batuk tidak berhenti-henti hingga mengganggu sekali. Coba resep sederhana ini.

Air jeruk nipis

Ambil satu  jeruk nipis ukuran sedang, peras airnya. Tambahkan air jeruk nipis dengan 2 sendok teh kecap manis. Aduk merata, lalu minum. Usahakan untuk minum ramuan jeruk nipis dan kecap ini dua kali sehari.

Tunggu dalam dua hari batuk pun mereda.

Lalu bagaimana kalau tidak suka rasa kecap manis? 

Air jeruk nipis bisa diseduh dengan air hangat. Satu buah jeruk nipis ukuran sedang bisa diseduh dengan ½ gelas air hangat, lalu diminum. Usahakan minum air jeruk nipis hangat ini dua kali dalam sehari.

Jahe

Jahe juga diyakini ampuh untuk mengusir batuk. Caranya mudah. Ambil jahe sekitar 5 cm, kupas lalu iris tipis-tipis. Seduh dengan air panas. Diamkan dulu sampai beberapa menit, sampai air menjadi hangat, baru diminum

 Untuk membuat air jahe menjadi lebih nikmat, bila ada bisa ditambahkan sedikit madu.

Minum air jahe hangat ini dua kali sehari, sampai batuk betul-betul pergi.

HIDUNG TERSUMBAT.

Biasanya saat kena pilek, hidung tersumbat dan jadi sulit bernapas. Dan sangat kasihan kalau yang hidungnya tersumbat anak-anak, mereka belum terbiasa untuk bernapas dengan mulut. Biasanya mereka jadi sangat rewel.

Untuk mengurangi hidung tersumbat, bisa menggunakan ramuan berikut ini.

Bawang putih

Ambil tiga siung bawang putih, geprek lalu beri air sekitar 1 gelas kecil, rebus sampai mendidih. Tunggu sampai air rebusan bawang putih menjadi hangat, lalu diminum. 

Lalukan dua kali dalam sehari, pagi dan sore. Niscaya hidung tersumbat atau mampet akan kembali lega.

Jahe, Kunyit dan Sereh

Bila kurang suka dengan bawang putih, bisa coba ramuan lain. Ambil jahe dan kunyit masing-masing sekitar 5 cm dan 2 batang sereh. Iris-iris jahe dan kunyit dan geprek batang sereh.

Rebus dengan 500 ml air dalam panci. Setelah mendidih, tungkan air dalam ember, lalu ambil handuk besar. Posisikan ember berisi ramuan di bawah lalu dengan posisi menunduk tutup kepala dengan handuk dan handuk juga menutupi ember. Hirup uap panas dari ramuan itu selama beberapa menit.

Umumnya setelah menghirup uap ramuan itu beberapa menit, hidung yang mampet akan terasa  lebih lega dan kembali bisa bernapas normal.

Selamat mencoba*** LB

Ilustrasi foto: Pexels

#obatmanjurdaridapur

#obatalamiwarisanortu

#obatsederhanatapimanjur

#obatdaridapur

#rempahobatalami

#obatmanjur

#obatalami


Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *