HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

PUPUK TANAMAN ITU BERNAMA MICIN

 

Selama ini kita kenal micin atau MSG (Monosodium Glutamate) sebagai penyedap makanan.

Banyak orang yang merasa sangat terbantu dengan adanya micin. Makanan yang awalnya rasanya sedang-sedang saja, jadi lebih lezat bila ditambahkan micin. Bahkan tidak sedikit mereka yang hobi masak, merasa kurang percaya diri kalau belum menambahkan micin ke dalam masakannya.

Siapa mengira ternyata micin memiliki peran lain yang tak kalah hebatnya, yakni bisa menjadi pupuk tanaman; menyuburkan, mencegah daun rontok, mempercepat tumbuhnya bunga bahkan membuat daun hijau dan segar.

Apa yang menyebabkan micin bisa bermanfaat untuk tanaman? Dan bagaimana aturan pemberiannya ke tanaman agar betul efektif menyuburkan tanaman?

Kandungan micin

MSG kini banyak digunakan sebagai pupuk oleh pecinta tanaman hias. (Foto:miwon.co.id)
Seperti kita ketahui micin atau MSG itu memiliki kandungan kalium dan natrium. Nah kandungan tersebut sangat baik untuk pertumbuhan tanaman.

Menurut para vlogger tanaman yang sudah memanfaatkan micin sebagai pupuk, selain menyuburkan butiran putih MSG ini juga sangat bermafaat untuk mencegah daun rontok.

Jadi mungkin Anda selama ini gusar dengan tanaman buah mangga di halaman yang tiba-tiba daunnya rontok seperti tak terkendali. Ini saatnya Anda memanfaatkan micin.

Juga Anda yang ingin tanaman bunga Anda segera tumbuh bunga, bisa dibantu dengan micin, karena micin akan membantu merangsang tumbuhnya bunga.

Begitu juga Anda yang memiliki tanaman hias dan ingin tanaman Anda berdaun hijau dan segar, tambahkan micin di pot tanaman Anda.

Bahkan bunga anggrek pun bisa lebih rajin berbunga bila diberi tambahan micin di air siramannya.

Seperti dikutip dari berbagai sumber, selain mengandung kalium dan natrium yang sangat bermanfaat untuk pertumbuhan tanaman, kandungan N pada MSG juga berperan dalam memperbaiki pertumbuhan vegetatif tanaman, pembentukan protein, menaikkan kadar selulosa dan menaikkan produksi tanaman.

Cara pemupukan

Beragam tanaman hias, tanaman sayuran dan buah makin subur dengan pupuk micin. (Foto: Pexels)
Tentu pemberian pupuk micin tidak seperti kalau kita memasak, tinggal tuangkan ke masakan. Ada beberapa langkah yang harus diperhatikan agar hasilnya maksimal.

Masukkan 4 bungkus kecil micin ke dalam 1 liter air bersih. Larutkan dengan cara diaduk beberapa saat, lalu masukkan cairan tersebut ke dalam botol spray.

Lalu semprotkan cairan micin ke media tanaman yang belum memiliki bunga atau buah. Semprotan fokuskan ke bawah batang tanaman. Lakukan penyemprotan secara teratur pada pagi hari, minimal seminggu sekali.

Cara pemupukan ini bisa diaplikasikan tidak hanya untuk tanaman hias, tapi juga untuk sayuran seperti tomat, terong, cabai dan sawi.

Sedangkan untuk tanaman berbatang besar, seperti pohon buah mangga, jambu, rambutan, pemupukan micin dengan cara disiram.

Isi ember dengan air sekitar 2 liter lalu tambahkan sekitar 10 gram micin. Aduk rata menggunakan kayu, lalu ambil larutan air dengan menggunakan gayung kecil, siramkan ke bagian bawah media tanaman.

Lakukan penyiraman pada pagi hari secara teratur sekitar 5 - 7 hari sekali.

Sangat tidak dianjurkan untuk menaburkan langsung micin ke tanaman, karena hasilnya tidak membuat tanaman menjadi subur.

Dari pengalaman mereka yang sudah mencoba pemupukan menggunakan micin ini, hasilnya tanaman menjadi lebih subur, daunnya hijau segar dan buah pun menjadi lebih lebat.*** KL

#micinjadipupuk

#pupukdarimicin

#manffatmicinuntuktanaman

#tanamansuburdenganmicin

#micinbikinsuburtanaman

#tanamansubur

#micinuntuktanaman

#MSGuntuktanaman

#micin

#msg

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *