HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

CARA BELANJA ONLINE NYAMAN DAN AMAN

 

Menjelang Lebaran kebutuhan memang bertambah. Dan semua harus dibeli dalam waktu yang hampir bersamaan, mulai dari persiapan untuk Hari Raya keluarga tercinta hingga hadiah untuk kerabat dan klien.

Sebelum pandemi, kita akan dengan gembira berbelanja ke pasar tradisonal atau pusat perbelanjaan langganan. Namun kini rasanya riskan sekali kalau harus berdesakan di tempat keramaian seperti itu.

Solusinya adalah berbelanja secara online. Dan kebetulan tanggal 5 – 13 Mei 2021 pemerintah menetapkan hari Bangga Buatan Indonesia. Dan dengan adanya larangan mudik, masyarakat diajak untuk belanja secara online.

Asyiknya ada 72 platform e-commerce Indonesia memberi diskon besar-bersaran selama tanggal tersebut. 

Dan pemerintah memberi subsidi berupa: gratis ongkos kirim alias ongkir ke seluruh Indonesia, terutama pada Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) yang jatuh pada H-10 dan H-5 Idul Fitri,.

Sebelum belanja secara online, ada beberapa hal yang mungkin bisa Anda pahami, agar belanja online nyaman dan aman.

Keuntungan belanja online

Mereka yang belum pernah belanja online mungkin mengira belanja online itu ribet dan banyak aturannya.

Padahal, belanja online sekarang sangat gampang dan siapa pun bisa. Yang penting kita memiliki atau sudah mengunduh aplikasi dari toko online atau e-commerse yang akan kita kunjungi.

Beberapa keuntungan nyata dari berbelanja online adalah:

Tidak perlu mengeluarkan dana untuk transportasi

Tidak perlu mengeluarkan biaya parkir

Tidak capek berkeliling pusat perbelanjaan untuk mencari barang yang dimaui

Tidak perlu berdesakan

Terhindar dari ancaman virus Corona

Bisa memilih barang yang terbaik dengan harga yang terendah

Bisa mendapatkan diskon yang sangat menguntungkan

Banyak yang memberi layanan ongkir gratis

Bisa memberi hadiah kepada keluarga yang di luar kota tanpa harus repot packing dan antar ke tempat jasa pengiriman.

Semua kebutuhan sekarang bisa dibeli secara online, mulai dari sayuran, buah, makanan siap olah hingga busana muslim untuk hari Raya, tersedia.

Hemat waktu, tenaga dan biaya

Perhatikan bintang dan testimoni

Kalau saat berbelanja secara langsung kita akan merasa nyaman saat memasuki toko yang rapi, pelayannya ramah dan harganya bersaing, demikian juga saat belanja online.

Kita juga akan merasa nyaman ketika memasuki toko online yang rapi, sistemnya tidak ribet, pertanyaan kita segera dijawab dan harganya lebih murah dari toko online yang lain.

Namun ada yang perlu diperhatikan lagi saat berbelanja online, yakni bintang yang didapat oleh toko tersebut. Kalau bintangnya banyak, yakni empat atau lima, berarti toko online tersebut terpercaya.

Ditambah lagi, sempatkan baca beberapa komentar atau testimonial yang ada di bagian bawah dari toko tersebut.

Misalnya nih, Anda ingin membeli perlengkapan sholat dan masuk ke Tokopedia. Di bawah foto dari produk akan ada tulisan: Terjual (jumlah dalam angka),.... lalu ada gambar bintang dan angka (misalnya * 4.8) dan Foto Pembeli dan juga ada kolom diskusi.

Selain melihat jumlah bintang, yang di atas angka 4 berarti toko ini terpercaya, sempatkan juga melihat dan membaca Ulasan Pembeli. Karena dari ulasan pembeli itulah kita bisa menilai penjual itu terpercaya atau tidak.

Setelah Anda yakin dengan toko tersebut, maka Anda sudah bisa berbenja dengan nyaman. Dan juga merasa aman, karena sudah dapat info cukup dari pembeli sebelumnya.

Beberapa istilah yang perlu dipahami

Dalam dunia jual beli online, ada beberapa istilah atau jargon yang sering muncul. Kadang kita perlu memahami agar lebih mantap saat berbelanja.

COD

Istilah ini sangat sering dipakai oleh penjual online. Ini adalah singkatan dari cash on delivery. Artinya barang yang Anda beli tidak harus dibayar saat memesan, tapi bisa bisa dibayar saat barang sampai di alamat Anda.

 

No Afgan

Istilah ini biasanya sering kita dapatkan di toko online yang barangnya bisa ditawar. Paling banyak di e-commerse yang menyediakan barang bekas atau second hand tapi masih dalam kondisi bagus.

Jadi, kita bisa mengajukan penawaran, tapi penjual berharap penawarannya jangan sadis. Jadi istilah ini muncul mengacu dari lagu Afgan yang berjudul Sadis.

Penjual barang sangat tidak suka bila calon pembeli menawar hingga 60-75% dari harga yang dipatok. Makanya saat menjawab tawaran calon pembeli, mereka menulis: No afgan dong.

CLBK

Mungkin Anda taunya ini kependekan dari Cinda Lama Bersemi Kembali, sementara di dunia belanja online istilah ini adalah singkatan dari Chat Lama Beli Kagak.

Jadi, misalnya Anda sudah tanya-tanya panjang sekali, tapi kemudian tidak jadi beli. Jangan bingung dan tersinggung bila si penjual menjawab Anda dengan CLBK ini.

 

Hit & Run

Penjual online yang sudah berpengalaman akan menulis di bionya dengan: Hit & Run di block.

Maksudnya, bila calon pembeli yang sudah menawar dan memesan tapi kemudian tidak ada kabar lagi. Itu yang disebut dengan hit & run. Dan biasanya pedagang akan menandai akun yang suka hit & run lalu memblocknya.

 

Muntaber

Ini bukan penyakit, tapi istilah dalam jual beli online yang mungkin muncul dari kekesalan penjual kepada pembeli.

Muntaber di sini singkatan dari Mundur Tanpa Berita. Jadi hampir sama dengan Hit & Run. Sudah memesan dan disiapkan barangnya, tapi ditunggu-tunggu tidak juga transfer. Saat ditanya tidak ada balasan lagi. Maka penjual pun kesal dan menulis di chatnya: Muntaber.

Pre Order (PO)

Mungkin Anda menemukan itulah PO di toko yang Anda buka. Jadi barang yang Anda pesan baru akan diproses bila Anda sudah membayar lunas lengkap dengan biaya ongkir (ongkos kirim).

Jadi, meski Anda sudah pesan dan kirim alamat lengkap, pesanan Anda tidak akan dikirim sebelum Anda membayar.

 

Trusted

Karena tidak sedikit penjual online yang memanfaatkan kesempatan dengan melakukan penipuan: pembeli sudah trasnfer tapi barang tidak juga dikirim, maka penjual merasa perlu memberitahu calon pembli bahwa mereka bisa dipercaya.

Oleh sebab itu penjual mencantumkan kata: Trusted Seller di tokonya, untuk meyakinkan calon pembeli bahwa mereka bisa dipercaya.*** KM

Foto: Unsplash/Roberto Cortese

#caraamanbelanjaonline

#serunyabelanjaonline

#trikbelanjaonline

#saatnyabelanjaonline

#belanjaonline

#belanja

#oneline

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *