HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

INI ALASAN KENAPA TIMUN SURI HANYA MUNCUL SAAT RAMADHAN


Begitu Ramadhan datang, maka timun suri pun bermunculan. Terbayang segarnya minuman es timun suri terhidang di atas meja saat buka puasa tiba.

Yang menarik, seperti misteri timun suri hanya muncul di bulan puasa. Mencari timun suri di luar bulan puasa seperti mencari jarum di tumpukan jerami. Sulit.

Padahal, secara khasiat timun suri sangat bermanfaat untuk kesehatan. Namun tetap saja pada hari-hari di luar bulan puasa, timun suri seperti bersembunyi.

Ternyata ada alasan khusus yang membuat buah yang masuk dalam suku labu labuan (Cucurbitaceae) ini,  hanya bisa diperoleh sepanjang bulan suci Ramadhan.

Strategi ekonomi

Karena ada strategi ekonomi  timun suri hanya ditanam saat menjelang Ramadhan.(Foto: Ist)

Sebetulnya timun suri (Cucumis melo)  termasuk tanaman yang sangat mudah tumbuh. Ia bukan buah musiman yang hanya bisa ditanam dan tumbuh serta berbuah di musim tertentu.

Timun suri bisa ditanam dan menghasilkan buah kapan saja sepanjang tahun.

Pertanyaannya, mengapa hanya muncul di bulan Ramadhan? Selain bulan suci umat Islam ini, kemana bersembunyinya si timun suri.

Ternyata, ini adalah strategi ekonomi yang dilakukan oleh para petani dan pedagang. Entah mengapa di luar bulan puasa, timun suri jarang dicari oleh pembeli. Menurut para pedagang, timun suri sangat sepi pembeli di luar bulan puasa.

Nah, daripada rugi, maka para pedagang pun bersinergi dengan para petani, untuk tidak mensuplai timun suri kalau di luar bulan puasa.

Petani pun mengikuti, sehingga sepanjang bulan di luar buan puasa timun suri tidak ditanam. Begitu menjelang bulan Ramadhan mulailah petani ramai-ramai menanam timun suri. Sehingga ketika Ramadhan tiba timun suri pun membanjiri pasar.

Dan saat itulah ketika kita mencari timun suri di pasar selalu tersedia banyak, bahkan dijual dengan harga yang sangat terjangkau.

Khasiat timun suri

Tak hanya mengandung banyak air, timun suri juga berkhasiat untuk kesehatan.(Foto: Ist)

Buah yang termasuk anggota suku labu-labuan ini biasa ijual di pasar dalam kondisi setengah masak.

Daging buahnya sangat menyegarkan untuk menjadi minuman saat  berbuka. Segar, sejuk dengan rasa manis yang alami.

Timun suri sangat tepat dipilih sebagai salah satu hidangan di saat berbuka puasa, tidak hanya karena menyegarkan. Tapi juga karena kandungan air timun suri yang tinggi, yakni 90% lebih,  mampu memberikan cadangan air dalam tubuh, sehingga dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang selama berpuasa.

Berdasarkan penelitian, kandungan gizi dalam timun suri per 100 grm cukup tinggi. Selain air, timun suri juga mengandung vitamin C, fosfor  dan kalsium. Dengan mengonsumsi timun suri sebanyak 100 grm maka kebutuhan vitamin C kita untuk satu hari sudah terpenuhi sekitar 1/3 kebutuhan yang diperlukan tubuh.

Sedangkan kebutuhan akan fosfor dan kalsium dengan mengonsumsi timun suri dengan jumlah yang sama, sudah bisa terpenuhi sebanyak ½ dari kebutuhan tubuh per harinya.

Khasiat lain dari timun suri adalah berperan dalam detoksifikasi, yakni mengeluarkan zat sisa dari sel termasuk sebagai pelumas di sekitar sendi.

Dan dengan kandungan air yang berlimpah dari timun suri, juga bermanfaat untuk menyembuhkan panas dalam. Karena air dalam timun suri membantu mempertahankan suhu tubuh. Timun suri menyerap atau melepas panas dalam tubuh secara perlahan-lahan.

Enaknya diapakan?

Timun suri dicampur dengan blewah bisa jadi minuman  pilihan saat buka puasa. (Foto: Masak Apa Hari Ini)

Selama ini timun suri hanya terbayang dibuat menjadi minuman yang dicampur dengan gula sedikit dan es batu. Sederhana saja.

Ternyata, timun suri juga bisa diolah menjadi minuman segar yang lebih nikmat dan menggugah selera. Dicampur dengan blewah, sirop dan es batu, minuman segar pun sudah bisa jadi pilihan saat buka puasa. 

Selain itu,  timun suri juga sedap bila dicampur dengan kelapa muda, jelly dan sirup rasa vanila. Dengan dicampur semua bahan ditambah dengan es batu, maka minuman Es Timun Suri Kepa Muda pun bisa menjadi hidangan pembuka yang super menggoda.

Timun suri juga bisa dibuat menjadi Lime Squash. Cukup campurkan timun suri dengan sirup, madu, minuman sprite dan air jeruk lemon. Hanya dengan dicampurkan semua bahan ditambah dengan es batu, siaplah Lime Squash yang sangat menyegarkan.

Bagaimana? Tertarik menyuguhkan timun suri dalam hidangan buka puasa kali ini? Anda bisa memesan ke tukan sayur langganan atau melalui belanja buah dan sayur secara online. Timun suri bisa didapat dalam kondisi segar dengan harga yang amat terjangkau.*** LL

 

Foto utama: Ist

#misteritimunsuri

#minumantimunsuri

#segarnyatimunsuri

#khasiattimunsuri

#minumanbukapuasa

#bukapuasa

#minuman

#timunsuri

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *